5 Cara Mudah Menghasilkan Uang di Youtube
Harmony Blog
Business
5 Cara Mudah Menghasilkan Uang di Youtube
August 12, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sebagai platform media sosial yang sangat trending dan menguntungkan pada saat ini adalah platform youtube merupakan cara menghasilkan uang di youtube bagi sebagian masyarakat dalam memberikan ide peluang usaha kreatif yang menjanjikan dan menambah keuangannya. Namun, Bagaimana agar Anda mengetahui cara menghasilkan uang dari youtube?

Dengan rencana yang matang, konten kreatif dan ketekunan adalah tips supaya channel youtube Anda memiliki banyak subscribe dan rating tertinggi setelah itu kemudian menghasilkan uang untuk Anda.

Biasanya Anda merasa kurang suka terhadap tekanan dari pekerjaan kantoran, sehingga banyak pilihan pekerjaan lain untuk Anda yang ingin menghasilkan dari hasil karyanya sendiri yaitu dengan 5 pekerjaan freelance menjanjikan.

Sebagai cara pintasnya adalah bekerja sebagai content creator diplatform youtube dengan keperacayaan diri Anda dan ketekunan Anda pasti bisa mencari cara menghasilkan uang dari youtube melalui konten yang sangat kreatif.

Bagaimana cara atau tips dalam mengetahui cara menghasilkan uang di youtube, berikut artikel ini akan membahas 5 cara mudah menghasilkan uang di youtube.

Dalam membuat konten berkualitas di youtube dipastikan supaya Anda memiliki akun yang terdaftar, setelah itu pikirkan apa saja ide kreatif dalam membuat konten berkualitas untuk akun youtube Anda. Perlu Anda pahami bahwa cara menghasilkan uang di youtube harus selalu diawali dengan konten yang berkualitas dan tidak membosankan.

5 Cara Menghasilkan Uang di Youtube

Pada artikel ini Anda akan diberikan pengetahuan cara dalam membuat konten youtube berkualitas sampai dengan cara menghasilkan uang di youtube sebagai bisnis sampingan Anda. Berikut ini 5 cara menghasilkan uang di youtube yaitu :

1. Pilih Jenis Konten YouTube yang Cocok dengan Anda

Sesudah dipastikan pada akun Anda dalam membuat channel youtube, sudah seharusnya Anda memikirkan dalam membuat konten-konten yang menarik dan berbeda dari konten lainnya. Yang perlu Anda harus ingat kunci untuk sukses menghasilkan uang di youtube adalah suatu konten yang baik dan positif.

Dalam setiap platform youtube ada banyak berbagai macam jenis konten yang bisa Anda tentukan kedalam youtube Anda. Sehingga konten yang Anda buat sudah sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Berikut ini ada beberapa jenis konten youtube yang bisa Anda tentukan :

• Game

Tentu Anda tahu Jessnolimit, gamer asal Indonesia pemilik channel YouTube dengan subscriber terbanyak pada konten game. Jumlah subscribernya telah mencapai 17,4 juta per Agustus 2020. Walaupun terkadang kontennya tidak semua berisi soal game, sehingga masyarakat lebih mengenal jessnolimit dengan mengawali channel youtub miliknya dengan konten tentang game.

• Beauty

Pada kecantikan ataupun penampilan merupakan salah satu tema konten yang cukup populer di Indonesia. Bagi google, terdapat setidaknya lebih dari 1700 channel youtube yang mengusung tema ini melalui wanita atau bahkan pria. Dengan tema ini cocok untuk Anda yang ingin membuat review produk kecantikan atau tutorial make up dan skin care sehari-hari.

• Edukasi

Dengan membaca artikel-artikel panjang bisa menjadi kegiatan membosankan bagi sebagian orang yang ingin belajar. Cara simplenya yaitu dengan mengubah teks-teks pelajaran menjadi video sehingga lebih mudah untuk dipahami dan dipraktekkan.

• Kuliner

Dimulai dari hobby makan setelah itu review makanan, memasak, sampai mukbang serta ide bisnis makanan online. Dengan kategori kuliner sendiri sudah memiliki banyak macam. Anda bisa mulai dengan mereview makanan khas atau restoran di kota Anda temui atau ketahui. 

• Teknologi

kebanyakan orang yang lebih mudah memahami tutorial melalui konten video sehingga konten dengan tema teknologi gadget cukup populer bagi kalangan siapa saja. Melalui review laptop, review gadget, tutorial membuat website, panduan membuat email, dan tutorial install aplikasi adalah beberapa contoh konten yang masuk dalam kategori konten teknologi.

• Entertainment

Memiliki konten kategori entertainment akan terbagi-bagi menjadi beberapa sub kategori. Beberapa orang lainnya mengisi channelnya dengan konten cover lagu, dance cover, atau web series dalam negri atau luar. 

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Online Kekinian

custom-form-newsletter


2. Ketahui Faktor-Faktor Ranking YouTube

Pada hasil pencarian Google Anda bersaing dengan ribuan website atau blog lainnya, dengan platform youtube pun Anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan channel lainnya. Dengan harapan supaya video Anda selalu muncul di urutan teratas hasil pencarian dan memasukkan kata kunci berkaitan. Berikut ini beberapa faktor yang menentukan ranking video di youtube dengan cara mengashilkan uang di youtube :

• Hasil Jumlah Komentar

Sebagian orang tidak akan meninggalkan komentar di video youtube Anda. Hasil riset terhadap 1,3 juta video YouTube menunjukkan video dengan komentar lebih banyak cenderung menduduki peringkat teratas hasil pencarian.

Dengan mengakalinya dengan meminta penonton untuk meninggalkan pertanyaan atau ide-ide untuk video selanjutnya. Dengan begitu penonton terdorong untuk mengomentari video Anda.

• Hasil Jumlah Subscriber Setelah Menonton Video

Biasanya penonton yang langsung subscribe setelah menonton video Anda adalah sinyal bagus bagi konten channel youtube Anda. Sehingga video Anda memang berkualitas dan menarik menurut penonton. Namun, video Anda juga bisa meminta penonton untuk like dan subscribe.

• Share Video

Untuk jumlah share video juga menentukan ranking Anda di hasil pencarian pada channel youtube Anda. Sehingga masyarakat tentu hanya akan membagikan video yang mereka anggap bagus dan harus ditonton orang banyak.

Video yang berkualitas adalah kunci utama supaya video Anda banyak dibagikan di media sosial. Bahkan Anda juga bisa mengingatkan penonton untuk membagikan video Anda.

• Durasi Video

Pada bagian durasi konten youtube sama seperti artikel di website atau blog, dalam memperkirakan panjang durasi video di youtube. Sehingga durasi video menjadi salah satu faktor penting yang menentukan ranking hasil pencarian YouTube.

Untuk saat ini belum ada studi kasus mengenai berapa lama durasi paling ideal untuk video di youtube. Sehingga, sebisa mungkin untuk membahas konten Anda lebih lengkap dan menarik. Tidak perlu ragu untuk membuat video berdurasi lama. Karena selama apapun durasinya ketika kualitasnya bagus dan sesuai dengan keinginan penonton, video Anda akan tetap ditonton.

3. Tambahkan Call to Action di Video

Sebaiknya Anda juga menyadari hal ini ketika menonton video Anda di youtube. Sebagai content creator biasanya melakukan suatu kalimat hal pengingat seperti, “Jangan lupa like dan subscribe” atau “Link ada di deskripsi ya” dan kalimat pengingat lainnya.

Biasanya yang dikatakan oleh content creator di atas adalah bagian dari contoh call to action untuk penonton video di youtube. Sebagai pemilik channel youtube akan mengingatkan penonton untuk melakukan tindakan yang menguntungkan, baik itu like subscribe, komentar, atau klik link di deskripsi video lainnya.

4. Cara Membuat Channel Youtube Menghasilkan Uang (Monetisasi)

Cara menghasilkan uang di youtube yang cukup efektif adalah dengan melakukan monetisasi channel ke dalam youtube Anda. Pertama Anda harus paham bagaimana cara menyambungkan youtube channel ke adsense milik googleu ntuk dapat melakukan monetisasi, atau dengan cara penonton video di channel youtube Anda akan melihat iklan sebelum video Anda dimulai atau terjeda.

Dengan melakukan monetisasi, Anda terlebih dahulu harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh youtube dengan cara menghasilkan uang di youtube. Berikut ini beberapa syarat cara monetisasi YouTube yang harus Anda ketahui :

• Tidak di ijinkan menayangkan video tentang hal kontroversial, peristiwa sensitif, narkoba, tindakan berbahaya, ujaran kebencian, perilaku bernuansa seksual, dan tindakan kekerasan yang dapat merugikan.

• Sudah memiliki lebih dari 4000 jam waktu tonton publik selama 12 bulan terakhir.

• Sudah memiliki lebih dari 1000 subscriber.

• Sudah memiliki akun adsense yang ditautkan.

Dengan mengaktifkan iklan di channel youtube Anda sebaiknya Anda mengikuti panduan resmi dari Google. Dan pastikan Anda sudah memenuhi semua persyaratan dari youtube. Sehingga Anda dapat mendaftarkan monetisasi, setelah itu youtube akan melakukan peninjauan yang membutuhkan waktu sekitar satu bulan atau lebih dari sebulan.

5. Tambahkan Link di Deskripsi Video

Dengan menambahkan link pada deskripsi video untuk menghasilkan uang di youtube. Pasti akan ada banyak asumsi orang yang menonton video Anda di youtube tentu merupakan kesempatan bagus untuk meletakkan link di deskripsi video. Bahkan dapat ditambah call to action seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, Anda dapat mengarahkan penonton untuk mengunjungi toko online, blog, media sosial, afiliasi, atau website atau endorsement yang bekerja sama melalui channel youtube Anda.

Seperti itu penjelasan bagaimana membuat channel youtube yang dapat menghasilkan uang. Setelah Anda mendapatkan uang dari youtube maupun bisnis Anda yang lain. Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda yaitu dengan menggunakan Software Akuntansi seperi Harmony.

Dengan adanya software accounting membuat proses pencatatan, pengelolaan keuangan dan membuat laporan keungan menjadi mudah dan lebih cepat.  Software Akuntansi Harmony dapat digunakan dengan mudah walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Anda dapat menggunakan Harmony secara GRATIS 30 Hari dengan mendaftar klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/