10 Permasalahan Ekonomi Yang Biasa Terjadi Dalam Bisnis
Harmony Blog
Finance
10 Permasalahan Ekonomi Yang Biasa Terjadi Dalam Bisnis
June 29, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Permasalahan ekonomi yang terjadi diberbagai negara sejauh ini memang sangat rumit, meskipun dalam ruang lingkup kebijakan ekonomi moneter harus diterapkan ke dalam kebijakan pemerintah.

Perlu diketahui bahwa permasalahan ekonomi adalah hal yang sering terjadi dalam dunia bisnis, sehingga pemerintah perlu memperhatikan  dampak perusahaan terhadap pendapatan negara.

Maka dari itu biasanya masalah ekonomi adalah hal yang timbul dan terjadi karena keinginan serta kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang diberikan sangat terbatas.

Permasalahan ekonomi pada bisnis juga terjadi pada setiap negara maupun perusahaan asing yang berdampak pada perekonomian suatu negara.

Contoh masalah ekonomi modern pada dunia bisnis juga bermacam, karena permasalahan tersebut dapat ditemui dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Sehingga kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan suatu masalah dan memicu keterbatasan sumber dayanya.

Permasalahan ekonomi pada dunia bisnis semakin tahun juga akan semakin terus berkembang. Itulah sebabnya cara mengatasi masalah ekonomi diperlukan, dan harus diketahui oleh masyarakat serta pebisnis apa saja yang timbul pada permasalahan ekonomi modern.

Apa Itu Masalah Ekonomi?

Sebenarnya masalah ekonomi adalah sebuah masalah yang timbul dikarenakan adanya keinginan atau kebutuhan, namun sumber daya tersebut terbatas. Sehingga untuk contoh masalah ekonomi modern ini pasti akan selalu muncul dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian permasalahan ekonomi adalah suatu kelangkaan bagi sebuah negara dan seluruh masyarakat, dikarenakan adanya tingkah laku ekonomi dari waktu ke waktu hingga menyebabkan permasalahan ekonomi makro.

Selain itu hingga saat ini permasalahan ekonomi modern merupakan siklus ekonomi yang lebih komplek dari waktu sebelumnya, sehingga masalah ini tidak menyangkut hal yang sederhana tapi juga rumit.

10 Permasalahan Ekonomi Pada Bisnis

Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih jelas dan detail mengenai permasalahan ekonomi dalam dunia bisnis. Maka artikel ini akan menjelaskan 10 permasalahan ekonomi yang umumnya terjadi dalam suatu bisnis:

1. Pengangguran dan Kemiskinan Menjadi Permasalahan Ekonomi Tertinggi

Permasalahan ekonomi pertama yang terjadi di beberapa negara khususnya Indonesia adalah kemiskinan dan pengangguran yang cukup tinggi yang dapat mempengaruhi peningkatan hasil suatu bisnis. Dengan demikian penyebab kemiskinan dan pengangguran akan menjadi suatu kendala bagi kualitas produk yang tidak dapat terbeli oleh masyarakat sangat rendah.

Sehingga dampak bagi pebisnis dalam meraih penghasilan untuk suatu usaha, supaya dapat memutar keuntungannya dan memproduksi barang jadi terhambat. Akibatnya perusahaan yang berkembang akan menjadi bangkrut dan menyebabkan suatu negara menjadi krisis moneter.

Cara mengatasi masalah ekonomi yaitu dengan memberikan kemudahan kredit usaha kecil, bantuan langsung secara tunai, modal kerja dan sebagainya.

2. Daya Beli Rendah Pada Inflasi

Kenaikan harga pada suatu inflasi dalam daya beli suatu produk menjadi tidak berkembang, hal ini justru membuat daya beli masyarakat menurun lebih tajam. Sehingga dampak biaya produksi bagi pebisnis juga semakin besar, karena jumlah produksi yang semakin menumpuk membuat pebisnis mengalami kerugian.

Cara mengatasi masalah ekonomi yaitu pada saat terjadinya inflasi, agar sistem ekonomi yang semakin berkembang membuat harga naik dan perputaran uang akan semakin besar.

3. Kualitas Pada Pertumbuhan Ekonomi Tidak Stabil

Permasalahan ekonomi makro yang sering terjadi dan berdampak pada suatu negara khususnya negara Indonesia, sangat sulit untuk mempertahankan kualitas pertumbuhan ekonomi. Penyebabnya karena tingkat kemiskinan terbilang tinggi, pengangguran masih di atas rata-rata bahkan ketimpangan sosial yang sangat jauh dari yang diharapkan dan masalah lainnya.

Maka dari itu hal tersebut membuat permasalahan ekonomi adalah salah satu penyebab kualitas pertumbuhan ekonomi suatu negara menurun karena terjadi atas daya beli yang menurun serta kualitas produk.

4. Kelemahan Daya Saing Pada Pembeli

Melaksanakan ekonomi dalam bisnis sering kali terjadi pada setiap pemilik usaha, perusahaan yang tidak mampu bersaing dengan perusahaan lainnya akan meraih kekalahan dalam persaingan bisnis. Oleh karena itu daya tarik pembeli mengakibatkan suatu produk dalam sebuah bisnis menjadi menurun.

Hal ini juga berdampak pada pesaing perusahaan yang berada diluar negeri, dengan adanya kesamaan produk dalam negeri akan membuat pembeli akan membandingkan keunggulan suatu produk.

5. Permasalahan Ekonomi Ekspor dan Impor

Permasalahan ekonomi suatu bisnis pada bidang impor diperusahaan industri dapat dikatakan sebagai sistem ekonomi tradisional. Dapat mempengaruhi suatu usaha dibidang sektor perternakan dan pertanian di Indonesia.

Suatu import yang terbilang sangat tinggi adalah mengimpor kebutuhan bahan baku masyarakat, akibatnya pertumbuhan ekonomi menurun dan import lebih meningkat. Sayangnya ketersediaan produk dalam negeri memenuhi kebutuhan masyarakat tidak tercukupi, sehingga masyarakat lebih memilih untuk mengimpor kebutuhannya.

Bahkan keterbatasan ekspor pada suatu negara khususnya Indonesia tidak dapat menjangkau pertumbuhan ekonomi, sehingga produk dalam negri tidak sesuai standar kualitas bahan baku.

Baca Juga : 10 Prinsip Ekonomi yang Harus Anda Terapkan dalam Bisnis

custom-form-newsletter


6. Inflasi Terjadi Secara Berturut-turut

Masalah ekonomi adalah hal yang harus segera diselesaikan dan dicari solusinya, terutama pada inflasi karena hal ini akan berdampak lebih besar pada pertumbuhan ekonomi.

Inflasi yang seharusnya menguntungkan suatu negara justru sebaliknya merugikan masyarakat karena kenaikan harga pada suatu produk dalam bisnis. Dalam hal ini saat inflasi mempengaruhi semua harga akan mengakibatkan harga tersebut naik bahkan semua produk kebutuhan masyarakat juga ikut naik.

Namun pada kejadian ini pendapatan masyarakat tidak didukung dengan pendapatan yang tinggi dan produk tidak terbeli bahkan menumpuk pada perusahaan bagian gudang. Jika inflasi secara berturut-turut terjadi dan tidak ada perubahan, maka akan mengakibatkan kebutuhan pasar menjadi lemah, dan perekonomian menjadi turun. Kecuali sebaliknya jika inflasi terjadi namun pendapatan masyrakat naik bisa saja terjadi daya beli masyarakat bertambah.

7. Kemampuan Pajak Rendah dan Peningkatan Rasio Utang

Contoh masalah ekonomi yang terjadi pada suatu masyarakat adalah pajak, pajak merupakan pemungutan kepada masyarakat dan suatu perusahaan dalam mendirikan usahanya.

Namun ketika masyrakat maupun pemilik bisnis tidak teratur dalam memenuhi kewajiban suatu negara terutama pajak, maka pendapatan suatu negara melalui pajak akan rendah dikarenakan suatu negara khususnya Indonesia berada dalam tahap infrastruktur pembangunan.

Ketika infrastruktur pembangunan terus berlanjut, pengeluaran biaya mengenai infrastruktur juga terus meningkat. Sehingga, pemerintah memilih salah satu cara untuk meminjam kepada luar negri dalam memenuhi pembangunan suatu negara. Justru hal ini menambah rasio utang disuatu negara dan pendapatan dari pemungutan pajak menjadi tidak terpenuhi dalam menutupi hutang negara.

8. Kredit Macet Dalam Perbankan

Permasalahan ekonomi modern pada bisnis yaitu adanya teknologi yang sudah semakin canggih, dalam sebuah transaksi secara tunai maupun non tunai yang sudah dapat dilakukan oleh seluruh masyarakat.

Kebutuhan finansial kredit ini dikalangan masyarakat juga terus meningkat, sehingga hal ini berguna bagi pemilik bisnis untuk memenuhi segala keperluan bisnisnya maupun investasi pada perusahaan lain dalam memperluas bisnisnya.

Namun bagaimana jika permintaan kredit meningkat? Maka akibatnya masalah baru akan muncul dari pihak bank, karena debitur tidak mampu membayar sesuai dengan tanggal ketentuan pembayaran. Sehingga pemasukan pada bank terhenti, dan pihak bank menjadi sulit dalam memproses pengajuan kreditur masyarakat.

9. Memberikan Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya lapangan pekerjaan dan karyawan yang bertambah di suatu perusahaan, maka terjadi peningkatan produksi yang berdampak menambah penghasilan suatu negara. Dengan adanya kebijakan seperti ini akan menguntungkan pemilik bisnis dalam mendapatkan investor untuk menambah modal perusahaan.

10. Permasalahan Ekonomi Krisis Nilai Tukar

Nilai tukar adalah topik yang rumit, tetapi jelas harus diterapkan pada mereka para pebisnis yang berurusan dengan ekspor atau impor. Mengubah nilai tukar mungkin memengaruhi berapa banyak perusahaan harus membayar kepada pemasok internasionalnya.

Sehingga hal ini dapat memengaruhi margin laba, serta mengambil banyak sumber daya dan berkurangnnya pendapatan yang di hasilkan oleh para pebisnis.

Jika penghasilan pebisnis meningkat dan konsumsi masyarakat juga meningkat justru hal ini tentu akan membantu negara dalam mengukur sejauh mana perekonomian disuatu negara dengan adanya pengukuran pertumbuhan ekonomi negara.

Akan tetapi, bagaimana dengan kondisi ketika suatu negara dalam kondisi inflasi atau sedang mengalami kesulitan dengan adanya kondisi tertentu sehingga terjadi penurunan daya beli masyarakat sehingga tidak berdasarkan waktu tertentu disuatu negara.

Untuk mengurangi masalah perekonomian dalam bisnis tidak perlu khawatir, Anda bisa memulainya dengan pembukuan terencana secara transparan dan bisa kapan saja mengetahui penghasilan yang didapat beserta pendapatan maupun pengeluaran.

Dengan hadirnya suatu teknologi berbasis cloud, Harmony Software Accounting adalah solusi bagi Anda dalam membantu mengerjakan dan membereskan laporan keuangan bisnis Anda secara otomatis.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah dan mengontrol keuangan bisnis Anda sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jangan tunda lagi, gunakan teknologi jaman now untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/