Harmony Blog

Word of Mouth Marketing: Apa Itu dan Tips Menjalankannya Dalam Bisnis

Diposting Jun 18th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Word of MouthPin

Pernahkah Anda mendengar atau mungkin melihat teman atau kerabat Anda sedang mempromosikan suatu produk? Dalam dunia pemasaran, hal inilah yang disebut sebagai word of mouth.

Word of mouth sangat penting untuk dilakukan pebisnis, karena setiap pelanggan yang puas dapat mengarahkan peluang pelanggan baru ke arah brand dan bisnis Anda melalui word of mouth ini.Click to Tweet

Perlu untuk Anda pahami, bahwa word of mouth adalah salah satu dari sekian banyaknya strategi marketing yang paling terkenal dan banyak dilakukan oleh masyarakat luas. Sama seperti namanya, word of mouth adalah suatu upaya pemasaran yang mana dilakukan dari mulut ke mulut.

Jadi apabila Anda seorang pelanggan yang suka dengan produk makanan yang Anda miliki, maka mereka bukan hanya suka saja melainkan mereka juga akan sering membicarakan produk tersebut ke teman atau kerabatnya.

Dengan begitu mereka tersebut sudah membantu untuk mempromosikan produk Anda dan menyebarluaskan informasi terkait produk yang mereka sukai dan melakukan kegiatan word of mouth. Hal ini juga termasuk dari strategi pemasaran produk makanan pada bisnis Anda, sehingga produk Anda juga dapat dikenal oleh masyarakat luas lainnya.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan strategi marketing ini, maka kali ini kami akan membahasnya secara lengkap mengenai apa itu word of mouth dan tips menjalankannya dalam bisnis.

Apa itu Word of Mouth Marketing?

Didapat dari lama Kayako, yang menyatakan bahwa word of mouth adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sederhana yang mana dalam kegiatan tersebut memberikan informasi kepada orang yang sudah dikenal.

Biasanya kegiatan ini dijadikan sebagai rencana strategi dalam pemasaran dengan metode merekomendasikan suatu produk dengan cara melakukan promosi dari mulut ke mulut kepada orang terdekat ataupun kerabatnya.

Apa itu word of mouth marketingPin

Apabila konsumen suka akan produk yang Anda miliki, maka secara tidak langsung mereka akan terus memberikan pujian pada produk barang yang disukainya. Bahkan mereka juga akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang-orang terdekatnya untuk ikut menggunakan produk tersebut.

Jadi pada dasarnya word of mouth adalah salah satu strategi marketing yang mana sifatnya gratis bagi suatu brand yang dilakukan secara sadaee atau tidak sadar oleh para pelanggan tetapnya.

Baca Juga: Pengertian Pre Order Dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

Apa saja Keuntungan dari Word of Mouth?

Adapun beberapa keuntungan dari word of mouth yang didapat oleh pebisnis, diantaranya sebagai berikut:

  1. Dapat Meningkatkan Kepercayaan

    Keuntungan yang didapat dari kegiatan word of mouth marketing adalah dapat membangun sebuah kepercayaan pada konsumen terkait produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

    Apabila produk tersebut diminati oleh konsumen dan mereka puas akan produk yang Anda berikan. Maka dengan adanya peningkatan rasa puas tersebut pelanggan akan semakin percaya dengan produk dari brand yang Anda miliki.

    Bahkan dari hal tersebut mereka akan merekomendasikan kepada orang-orang yang ada disekitarnya dan pada akhirnya akan membuat calon konsumen lainnya menjadi percaya terkait produk dari brand yang Anda miliki.

  2. Tidak Mengeluarkan Banyak Biaya

    Dengan adanya word of mouth marketing ini, maka perusahaan tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang banyak dalam melakukan kegiatan pemasaran produknya.

    Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, word of mouth ini secara tidak langsung membantu pemasaran produk Anda secara gratis. Hanya dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh oleh pelanggan dan kepuasan pelanggan terhadap produk Anda, maka mereka secara tidak langsung akan membantu Anda dalam mempromosikan produk Anda kepada orang sekitarnya.

    Sehingga Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya yang begitu banyak dalam mempromosikan produk yang bisnis Anda miliki.

  3. Dapat Membangun Brand

    Mungkin bagi Anda yang masih baru merintis dalam bidang bisnis, memang sangat perlu untuk membangun brand yang dapat dikenal oleh konsumen dengan mudah.

    Selain melakukan upaya branding melalui media sosial atau platform lainnya, rupanya strategi word of mouth ini juga bisa jadikan sebagai alternasif dalam membangun brand Anda.

    Menurut Chon, menggunakan word of mouth marketing atau melakukan promosi dari mulut ke mulut tentu akan membantu brand Anda menjadi terlihat lebih kredibel.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Tips Menjalankan Word of Mouth dalam Bisnis

Adapun tips atau strategi yang perlu Anda lakukan dalam menjalankan word of mouth adalah sebagai berikut:

Tips menjalankan word of mouth dalam bisnisPin

  • Dapatkan Testimoni Dari Pelanggan Anda

    Agar mendapatkan word of mouth positif, maka cara yang harus Anda lakukan adalah dengan meminta pelanggan untuk melakukan review pada produk bisnis Anda.

    Anda dapat meminta pelanggan yang puas dengan produk Anda dan minta mereka unruk memberikan review atau membuat video songkat mengenai kepuasan mereka terhadap produk yang Anda jual.

    Anda juga bisa memberikan sedikit reward bagi konsumen yang ingin memberikan testimoni mereka, misalnya dengan memberikan diskon pembelian dan lainnya. Setelah Anda mendapatkan testimoni tersebut, maka Anda dapat mengupload testimoni tersebut di sosial media, website dan akun sosial media lainnya.

  • Menyiapkan Media Komunikasi

    Terkadang ada sebagian pelanggan yang mungkin ingin mengatakan sesuatu tentang produk yang Anda jual, atau ingin memberikan saran atau kritik mengenai produk Anda tersebut.

    Maka dari itu, untuk mendapatkan word of mouth, Anda harus menyiapkan suatu media sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan pelanggan Anda.

    Dengan adanya media tersebut, pelanggan akan menceritakan semua yang dibutuhkan atau menyampaikan semua kritik atau saran yang ingin mereka sampaikan. Dengan media komunikasi tersebut, tentu Anda akan mengetahui apa saja saran atau kritik yang disampaikan oleh pelanggan Anda, dan dapat segera menyelesaikan masalah tersebut tanpa membutuhkan banyak waktu.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Melibatkan Pelanggan di Sosial Media

    Sosial media merupakan salah satu media yang pada saat ini sangat diminati oleh banyak orang, dan media sosial ini juga menjadi salah satu peluang bagi pengusaha dalam mempromosikan bisnisnya.

    Dengan Anda menggunakan sosial media, maka cobalah untuk sebisa mungkin dalam melibatkan pelanggan Anda, misalnya dengan memposting foto pelanggan Anda yang sedang menggunakan produk Anda.

    Selain itu jangan lupa juga untuk mention dan tag pelanggan Anda, dan berikan ucapan terima kasih atas kepercayaan mereka dalam menggunakan produk Anda. Maka dengan hal tersebut mereka akan merasa senang dan bagga karena sudah mencoba produk yang Anda jual.

  • Memiliki Key Opinion Leader

    Key opinion leader ini merupakan orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi sebuah keputusan. Sebab hingga saat ini masih banyak perusahaan yang menggunakan key opinion leader untuk membantu strategi pemasaran word of mouth.

    Biasanya key opinion leader ini digunakan oleh perusahaan untuk melakukan review atau memberikan testimoni pada produk yang dijual melalui akun sosial media khususnya pada Instagram.

Key opinion leader ini adalah aset penting dalam sebuah perusahaan, sebab sebagai pengusaha Anda harus memikirkan baik-baik siapa yang cocok untuk menjadi opinion leader pada produk Anda. Sebab apabila Anda memiliki key opinion leader yang tepat, maka strategi word of mouth Anda akan berjalan dengan baik.

Jika suatu perusahaan mampu menerapkan salah satu strategi marketing ini, maka bukan tidak mungkin laba perusahaan akan meningkat dan perusahaan akan semakin berkembang. Namun, Anda harus terus mampu mencatat laba perusahaan lebih rapi dan akurat agar arus kas keuangan perusahaan bisa terjaga.

Untuk mempermudah Anda dalam melakukannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti halnya pada software akuntansi Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK