Strategi Rahasia Membangun Brand Awareness Dengan Cepat
Harmony Blog
Marketing
Strategi Rahasia Membangun Brand Awareness Dengan Cepat
August 25, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pemberian merek suatu produk adalah sebuah seni dalam pemasaran. Sebab, merek merupakan aset yang dimiliki oleh perusahaan yang dapat dijadikan keunggulan dalam bersaing. Nama merek yang kuat akan berpengaruh pada peningkatan pembelian oleh konsumen pada jangka panjang.

Pada masa modern ini, perusahaan dituntut untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen secara mendetil seperti apa yang dibeli, kapan, dimana, berapa banyak, dan bagaimana konsumen membeli suatu produk. Salah satu contoh pada strategi pemasaran produk kerajinan dimana pentingnya membangun perilaku konsumen dengan menciptakan merek.

Memiliki brand awareness adalah kunci bagi perusahaan agar bisa unggul dalam persaingan bisnis. Konsumen cenderung memilih produk atau jasa dari brand yang dikenalnya dan inilah yang membuat penjualan semakin meningkat.

Brand awareness atau branding awareness adalah kemampuan konsumen dan calon konsumen dalam mengenali suatu merek, produk, atau jasa. Dan dapat diartikan juga bahwa brand awareness adalah suatu pemasaran yang dilakukan untuk  mengenal dan mengingat kembali suatu merek pada produk dengan kategori tertentu. Perusahaan membutuhkan brand awareness karena dari sinilah perusahaan membentuk basis konsumen maupun penjualan.

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness menurut para ahli soehadi (2005:28) menyatakan bahwa brand awareness adalah sesuatu yang membuat pelanggan mengerti kategori produk atau layanan dimana produk tersebut bersaing, pada tingkatan yang lebih luas, dan keberhasilan membangun sebuah kesadaran merek sangat tergantung pada seberapa jauh pelanggan mengerti bahwa merek tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Namun secara umum brand awareness adalah sebuah riset pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya. Menciptakan brand awareness adalah langkah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek lama. Idealnya, kesadaran merek dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dari pesaing nya.

Contoh brand awareness yang sering Anda temui dalam lingkungan Anda seperti merek Aqua, awalnya dianggap sebagai produk gagal karena menjual air minum di tengah negara yang air bersihnya melimpah. Namun setelah satu dekade, pada akhirnya merek ini menjadi pilihan masyarakat luas dalam memenuhi kebutuhan air minum yang sehat dan bersih bagi keluarga.

Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Konsumen yang dihadapkan pada pilihan lebih cenderung membeli produk bermerek nama daripada produk yang tidak dikenal.

Maka dari itu rand awareness adalah salah satu hal yang terpenting untuk membuat brand Anda semakin dicintai dan digunakan oleh konsumen. Namun, kualitas tetap nomor satu, jika brand yang selalu diingat konsumen memiliki kualitas bagus, maka selamanya brand itu akan dipercaya.

Strategi Rahasia Membangun Brand Awareness    

Dan berikut ini ada beberapa tips atau langkah jitu dalam membangun brand awareness, antara lain :

1. Media Sosial

Media sosial menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan brand awareness,. Sebab media sosial karena ini sudah menjadi konsumsi wajib masyarakat saat ini. Dalam menggunakan sosial media, Anda juga harus menyusun strategi yang tepat. Anda harus memastikan bahwa sosial media bisnis Anda aktif, yang berarti anda harus sering posting dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan followers Anda.

Selain waktu dan interaksi, Anda harus memiliki dan mempelajari strategi community marketing, seringnya komunikasi tersebut dilakukan pada ruang lingkup online seperti grup online media sosial, situs blog dan media sosial lainnya. Anda juga harus memperhatikan konten Anda. Topik yang Anda bahas di sosial media harus relevan sehingga banyak orang akan lebih tertarik membaca dan berinteraksi dengan Anda.

Memilih konten dan platform sosial media yang tepat tidak hanya akan membantu memperkuat brand Anda tetapi juga mencapai konsumen atau calon konsumen dengan lebih luas lagi.

2. Event Marketing 

Cara berikutnya agar membangun brand awareness adalah dengan melakukan sebuah event. Sebab dengan mengadakan sebuah ivent juga merupakan salah satu cara untuk membangun brand awareness. Sebab apapun bisnis Anda, Jika Anda mengadakan sebuah live event akan membantu untuk mendapat perhatian dari konsumen dan calon konsumen pada suatu produk yang sedang Anda ingin beritahu kepada para calon konsumen. Maka Anda bisa membuat event seperti launching produk baru atau promosi dan seminar.

Sebab dengan melalui event, Anda akan berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen Anda. Dan Orang-orang juga mendapat kesempatan untuk melihat dan mengenal brand Anda secara langsung. Dengan begitu Anda dapat dengan puas memperkenalkan produk Anda secara lebih detail dan juga dapat meningkatkan konvensi penjualan pada bisnis Anda.

3. Pemasaran Konten

Bentuk konten ini bisa dibilang yang paling umum dilakukan, dan menjadi tujuan paling lumrah dalam kegiatan pemasaran. Di fase ini, pada dasarnya, Anda tidak sedang menjual produk, tapi memperkenalkan area persoalan yang potensial diselesaikan dengan menggunakan produk atau layanan brand Anda.

Namun selain menarik perhatian audiens, konten pada tahap ini juga merupakan langkah dasar untuk membangun citra brand pada kategori tertentu, sekaligus juga menyajikan konten positif dan inspiratif berdasarkan karakteristik yang ingin diperlihatkan dari brand Anda, pada audiens yang disasar.

Dan bentuk kegiatan content marketing yang lazim digunakan pada fase ini adalah kampanye skala besar, dengan mengoptimalkan peran influencer di media sosial, sponsored artices di media massa terkemuka, serta kampanye content marketing yang konsisten.

Baca Juga: Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

custom-form-newsletter


4. Mensponsori acara tertentu

Cara lain meningkatkan brand awareness adalah dengan mensponsori acara atau event offline. Ini adalah salah satu cara untuk membuat brand Anda dilihat oleh ratusan, ribuan atau jutaan orang.  Sebab nama dan logo brand Anda dapat terpampang di spanduk, poster hingga mungkin merchandise event tersebut.

Mensponsori acara juga memungkinkan Anda menyematkan brand pada acara-acara yang sesuai dengan minat dan kepribadian yang sesuai. Dengan begitu konsumen dapat merasakan kesamaan atas merek yang Anda miliki, dengan acara-acara yang memiliki karakter yang serupa.

5. Content Marketing

Dalam membuat konten untuk content marketing, perlu diperhatikan bahwa Anda harus menulis artikel yang menarik, relevan, dan memiliki nilai. Dalam sebuah konten yang Anda buat akan membantu menetapkan Anda sebagai seorang expert di bidangnya, yang nantinya akan membantu meningkatkan brand awareness dan pada akhirnya menambah jumlah konsumen.

Dan perlu diingat bahwa konten untuk brand awareness adalah untuk memberi informasi kepada pembaca, bukan untuk menjual barang atau jasa Anda. Dalam sebuah content marketing yang dimaksud disini adalah konten yang positif dan informatif yang melibatkan konsumen.

Sebab tujuan dari content marketing adalah membantu perusahaan Anda untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis Anda. Untuk memulai content marketing langkah pertama yang bisa Anda ambil adalah membuat strategi yang jelas. Gunakan waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen, bagaimana Anda akan membuat cerita yang terpadu untuk menggambarkan brand Anda, dan apa yang ingin Anda capai melalui konten-konten ini.

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk content marketing Anda adalah blog. Memiliki blog di website bisnis Anda dapat membantu untuk menetapkan Anda sebagai seorang ahli di bidangnya. Sebab blog juga merupakan salah satu strategi content marketing termudah yang dapat dilakukan.

Blog Anda diharapkan bisa menjadi sumber informasi bagi konsumen yang ingin mempelajari bidang Anda secara lebih lanjut. Blog Anda juga diharapkan bisa menjadi tempat pertama yang dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mempelajari bidang Anda dengan lebih dalam dan juga bagi mereka yang penasaran dengan bidang Anda.

6. Menjalin kolaborasi dengan brand yang lebih besar

Langkah terakhir untuk meningkatkan brand awareness adalah melakukan sebuah kolaborasi dengan brand lainnya. Jika brand Anda masih terbilang kecil dan ingin membangun brand awareness, maka tidak ada salahnya mempertimbangkan untuk mencari kolaborasi atau kerjasama dengan brand lain yang lebih besar.

Dalam perkembangan produk yang mulai pesat dan sangat memiliki persaingan yang banyak, setiap masyarakat pasti mencari sebuah produk yang memiliki merek atau brand, baik itu pada sebuah baju, sepatu, tas, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu banyak dari konsumen cenderung akan membeli produk bila ia mengetahui merek produk tersebut, dibandingkan dari pada  ia tidak mengenal merek. Oleh karena itu membangun membangun brand awareness sangat penting bagi setiap merek.

Membangun brand awareness membutuhkan strategi yang efektif. Anda harus bisa memanfaatkan biaya seminimal mungkin untuk hasil yang maksimal. Dan sebuah pengeluaran untuk kebutuhan pemasaran harus dikelola dengan baik. Dan sebelum membangun brand awareness, Anda harus memiliki sebuah pembukuan yang jelas untuk mengelola setiap pengeluaran dan pemasukan bisnis Anda.

Pembukuan yang rapih akan membawa bisnis Anda menjadi berkembang, sebab dengan adanya pembukuan Anda bisa mengontrol setiap kondisi keuangan yang bisnsi Anda miliki. Untuk itu, Anda harus memiliki sebuah pembukuan online seperti Software Akuntansi Harmony. Software akuntansi ini dapat membantu Anda dalam memantau dan menyelesaikan setiap pembukuan keuangan Anda.

Oleh karena itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Aplikasi Software Akuntansi Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Dan saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair 2019. Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/