Harmony Blog

Strategi Memanfaatkan Sistem Cashless Untuk Perkembangan Bisnis

Diupdate Feb 24th, 2021
5

SHARES

PEMBACA

cashlessPin

Dimasa teknologi yang sudah mendunia ini, sudah banyak pemimpin bisnis berlomba dalam menciptakan teknologi dan trend terbaru yang dapat memudahkan setiap akses dengan metode pembayaran cashless. Hingga kebutuhan makanan, transportasi dan fashion yang juga memudahkan kehidupan masyarakat melalui pembayaran yang disebut cashless.

Tidak heran bahwa salah satu teknologi pada bidang keuangan bisa Anda manfaatkan melalui pembayaran cashless yaitu semacam uang elektronik. Dengan menggunakan cashless Anda dapat bertransaksi tanpa harus menggunakan fisik mata uang tunai.

Dengan sistem transaksi uang elektronik seperti cashless juga pastinya akan memiliki kerugian serta keunggulan yang harus Anda perhatikan. Bahkan apa saja yang termasuk pembayaran cashless serta cashless society. Berikut artikel ini akan membahas seperti pembahasan yang diatas.

Dengan menerapkan konsep non tunai setiap masyarakat harus bekerja sama dengan menggunakan cashless, itu sebabnya cashless bukan hanya tren sementara.

Definisi Cashless

Pada pengertian cashless adalah metode kegiatan transaksi yang dilakukan tanpa mengeluarkan uang tunai, uang kertas atau koin. Cashless merupakan teknologi dari fintech yang berkolaborasi dengan berbagai sektor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan penggunaan masyarakat akan teknologi yang semakin canggih.

Pada saat ini orang lebih menginginkan proses transaksi yang lebih mudah, efesien dan cepat. Sehingga lembaga keuangan terus mencari cara dalam memperbarui dan meningkatkan jumlah layanan yang menggunakan sistem teknologi digital. Itu sebabnya akses pembayaran sudah banyak menggunakan berbentuk digital atau non tunai.

Apa Itu Cashless Society

Cashless society adalah suatu kondisi dimana masyarakat bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai, tetapi menggunakan uang elektronik yang sangat beragam seperti kartu. Ala pembayaran menggunakan kartu dapat berupa seperti kartu ATM debit, kartu ATM kredit, yang dapat terbagi menjadi uang elektronik chip atau card based seperti flazz, e-money, brizzi, Tapcash, dan lainnya.

Pada uang elektronik yang server based terdiri dari OVO, GoPay, LinkAja, shopee pay, dan sebagainya. Adapun tiga sifat dari konsumen dalam menggunakan alat pembayaran non tunai seperti cashless yaitu :

1. Memberikan kepercayaan kepada konsumen dalam pembayaran nontunai yang aman, nyaman, efisien dan dapat mengontrol pengeluaran.

2. Konsumen dapat menikmati pembayaranan nontunai dengan pengalaman yang menyenangkan dan dapat membangun relasi dengan orang lain.

3. Konsumen yang menginginkan produk nontunai dapat lebih dimudahkan dan bagi konsumen pengguna baru dengan pembayaran nontunai mereka merasa mendapatkan berbagai keuntungan.

Dengan adanya sistem cashless menandakan bahwa perkembangan teknologi jauh lebih cepat dalam dunia bisnis. Untuk itu, sebagai pebisnis perlu mengimbanginya dengan mencatat transaksi lebih cepat. Pembukuan menjadi sebuah alat yang penting dan tak perlu khawatir sudah ada pembukuan berbasis teknologi yang dapat membantu.

Jika Anda mengalami kesulitan dan ingin dibantu oleh team profesional dalam mengerjakan pembukuan, Anda dapat menyewa jasa pembukuan. Dimana layanan profesional ini akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan laporan keuangan dan analisa bisnis Anda. Kemudian juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak bagi para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Keunggulan Pembayaran Cashless

Dengan merancang produk serta mencari strategi pada pemasaran cashless, atau biasanya disebut positioning adalah kegiatan seorang pebisnis. Adanya keberadaan cashless bukan muncul beberapa tahun ini, akan tetapi sudah lama beredar dan masih banyak orang yang belum menggunakan dan mengetahui keunggulannya. Sehingga, yang harus Anda ketahui mengenai beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan yaitu seperti :

1. Mudah

Keunggulan yang dimiliki dari tren cashless adalah supaya memudahkan dalam melakukan pembayaran karena menjadi lebih praktis dan aman. Dalam penggunaanya juga tidak perlu repot dengan membawa banyak uang di dalam dompet yang rawan akan resiko pencurian.

2. Tidak Ada Kembalian                               

Pada saat berbelanja dengan menggunakan uang tunai biasanya memang menyulitkan. Kembalian pada saat pembayaran dengan uang tunai juga bisa dari pecahan uang lembar seribu saja yang Anda dapatkan namun terkadang juga uang koin. Sehingga solusinya Anda dapat menggunakan sistem ini, dan tidak perlu khawatir dengan segala bentuk kembalian. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu membayar sesuai dengan nominal harga yang tertera.

3. Memiliki Promo

Dengan menggunakan cashless saat berbelanja, Anda dapat menikmati berbagai macam promo. Tidak hanya promo makanan saja, akan tetapi Anda bisa berbelanja dengan mendapatkan harga diskon yang lebih murah. Harus Anda ingat, berbagai tawaran promo yang Anda ambil dapat menimbulkan perilaku konsumtif. Sebaiknya gunakan promo sebutuhnya saja seperti yang Anda dapatkan melalui Sms, Whatsapp, Facebook, Twitter, Instagram, Shopee Pay, dan Linked In.

4. Praktis Mengatur Pengeluaran

Mungkin biasanya Anda bingung ketika melakukan pembayaran dan uang yang Anda miliki tidak terlihat. Keunggulan yang dimiliki oleh sistem ini dapat mengontrol semua pengeluaran. Jenis transaksi keluar dan masuk akan tercatat dengan benar pada sistem cashless, dan Anda juga dapat mengatur pengelolaan keuangan.

5. Menghindari Pencurian

Pada jaman sekarang dengan menyimpan uang didompet yang nominalnya banyak akan menimbulkan resiko pencurian yang lebih besar. Hal ini juga akan menimbulkan kekhawatiran akan kejahatan yang Anda alami. Berbeda jika Anda menggunakan cashless, Anda bisa menyimpannya didalam dompet jika berbentuk kartu dan menyimpan di handphone jika berwujud aplikasi. Walaupun handphone dan kartu Anda bisa diambil alih dari kepemilikan, akan tetapi tidak bisa digunakan. Oleh sebabnya Anda sudah menerapkan sistem password dan otp sehingga menjadi lebih aman.

Baca Juga : Menetapkan Biaya Produksi Untuk Menghasilkan Produk yang Maksimal

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kerugian Bagi Pengguna Cashless

Pada saat digunakan, adapun metode pembayaran cashless yang memiliki kerugian bagi penggunaannya. Berikut ini kategori apa saja kerugian bagi konsumen yaitu :

1. Menjadi Mudah Konsumtif

Adanya cashless merupakan transaksi tanpa melibatkan uang tunai, yang akan sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif bagi setiap orang. Sehingga akibatnya cashless membuat pengguna merasa kesulitan keuangan. Misalnya ada beberapa penawaran promo menarik maka akan menyebabkan Anda mudah tergiur dan menjadi konsumtif. Oleh sebab itu akan sangat berpengaruh terhadap pengeluaran yang semakin tidak terkontrol.

2. Rawan Kejahatan Cyber Crime

Uang elektronik yang Anda miliki sudah pasti akan memudahkan segala bentuk transaksi pengeluaran yang Anda lakukan. Pastinya perlu Anda ketahui jika uang elektronik akan rentan terhadap kejahatan cyber crime.

Hal ini merupakan kekurangan pada cashless, solusi untuk Anda yaitu dengan membuat password serta menggantinya secara berkala. Supaya cashless Anda tidak mudah jatuh ke pihak lain, terutama harus berhati-hati dalam menyimpan uang elektronik Anda.

3. Mudah Boros

Adanya cashless justru menimbulkan pola kegiatan seseorang ingin berbelanja. Sehingga Anda harus berpikir ulang dalam membeli dan menentukan harga jual produk tersebut. Dikarenakan efeknya Anda merasa tidak mengeluarkan uang sama sekali, sehingga membuat pikiran Anda terus menerus membeli barang. Walaupun barang yang Anda beli bukan termasuk kebutuhan, dari sanalah pengeluaran justru bertambah.

4. Penggunaan Terbatas

Di era sekarang cashless sangat mudah dipakai untuk melakukan transaksi, kekurangannya yaitu pengisisan cashless seperti mesin vendor yang berada pada tempat tertentu saja dengan melakukan kerjasama kepada para penyedia sistem. Sehingga tidak mudah ditemui oleh pengguna cashless pada saat pengisian saldo.

Seiring perkembangan teknologi Anda mungkin juga diharuskan untuk mempelajari software akuntansi. Cobalah software akuntansi yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia seperti harmony yang terintegrasi dengan kegiatan transkasi bisnis Anda atas pembukuan laporan keuangan.

Sehingga dapat membuat kegiatan Anda menjadi lebih mudah. Dapatkan sistem pembukuan Harmony sebagai sebuah solusi untuk kemudahan pengelolaan keuangan bisnis Anda secara Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony