Harmony Blog

Sistem Akuntansi Simple Manufacturing yang Dapat Anda Terapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sistem akuntansi simple manufacturingPin

Bagi pemilik bisnis manufaktur, sistem produksi merupakan  hal yang penting dalam perusahaan manufaktur mereka. Tapi ada satu hal yang tak kalah penting dari sistem produksi yaitu sistem akuntansi perusahaan manufaktur. Untuk perusahaan manufaktur UKM biasanya tidak membutuhkan sistem akuntansi yang ribet tapi lebih kearah sistem akuntansi simple manufacturing.

Sistem akuntansi simple manufacturing banyak digunakan oleh perusahaan manufaktur skala sedang dan kecil.

Sebelum lanjut ke penjelasan sistem akuntansi simple manufacturing, silahkan  tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman, PT Berkah Malindo Perkasa. Perusahaan ini berhasil merapikan pembukuan dan laporan keuangannya menggunakan aplikasi Harmony. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mau memiliki usaha manufaktur atau industri sejenis.

Perusahaan manufaktur di Indonesia memang didominasi oleh perusahaan besar tetapi seiring perkembangan pola bisnis dan industri, perusahaan manufaktur skala sedang dan kecil juga bermunculan. Perusahaan manufaktur yang cocok menggunakan pencatatan sistem akuntansi simple manufacturing adalah perusahaan skala sedang dan kecil.

Sistem Akuntansi Simple Manufacturing

Sistem akuntansi simple manufacturing merupakan pencatatan dalam kegiatan akuntansi terhadap kegiatan produksi yang bersifat sederhana. Pencatatan ini harus dilakukan karena berhubungan dengan siklus akuntansi dalam perusahaan manufaktur tersebut. Pencatatan ini juga merupakan bagian dari standar operasional prosedur perusahaan manufaktur yang harus dilakukan.

Sistem akuntansi simple manufacturing juga berhubungan dengan perhitungan HPP yang mencakup bahan baku dan biaya produksi. Tujuan akhir sistem akuntansi simple manufacturing sama dengan sistem akuntansi pada perusahaan dagang atau jasa yaitu memiliki laporan keuangan perusahaan industri yang valid. Laporan keuangan yang valid menunjukkan data yang benar dan sangat berguna untuk manajemen perusahaan.

Baca juga : 4 Tahapan Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) Perusahaan Manufaktur

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Berikut adalah beberapa contoh proses produksi yang termasuk kedalam sistem akuntansi simple manufacturing, yaitu :

• Merubah pemakaian bahan baku hijab dari gulungan menjadi lembar.

• Menghitung biaya produksi dari kiloan menjadi pcs.

• Menghitung pemakaian bahan celana dari roll menjadi pcs.

• Menghitung pemakaian tali dari roll menjadi meter.

• Merubah beberapa gram bahan menjadi satuan kilogram produk jadi.

Dalam akuntansi simple manufacturing proses pencatatan akuntansi berhubungan dengan konversi stok dan konversi produk. Proses pembukuan ini dilakukan agar perusahaan memiliki data yang kredibel dalam laporan keuangannya. Laporan keuangan yang dimaksud adalah Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca dan Laporan Cash Flow.

Pada perusahaan manufaktur, sistem pencatatan otomatis untuk konversi produk dan konversi stok sangatlah penting. Karena hal ini sangat sulit jika dilakukan manual secara terus menerus. Contoh konversi produk yang dimaksud adalah merubah bahan baku menjadi barang jadi, sedangkan contoh konversi stok yang dimaksud adalah merubah kilo menjadi gram atau sebaliknya.

Bisa dibayangkan betapa sulit dan lamanya waktu yang dibutuhkan dalam pencatatan akuntansi simple manufacturing jika dilakukan secara manual bukan? Karena itu sistem akuntansi simple manufacturing harus dilakukan dengan menggunakan software akuntansi. Bahkan lebih dari itu gunakanlah software akuntansi yang terintegrasi agar tidak memerlukan beberapa kali penginputan saat mencatat pembukuan perusahaan manufaktur Anda.

Gunakan Harmony Accounting Software untuk pencatatan sistem akuntansi simple manufacturing perusahaan Anda karena Harmony dilengkapi dengan fitur simple manufacturing. Harmony adalah software akuntansi terintegrasi yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini. Oh ya, apabila Anda membutuhkan penjelasan dalam menggunakan aplikasinya, tersedia juga video tutorial, buku panduan dan live chat yang akan membantu Anda.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony