Harmony Blog

Sinking Fund, Seperti Apa Maksudnya dan Tips Mengumpulkannya

Diposting Jun 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Sinking FundPin

Sinking fund adalah salah satu saluran dana yang wajib masuk daftar perencanaan keuangan. Sebab dengan adanya perencanaan yang matang, tentu akan menjadi sebuah aspek penting dalam sebuah anggaran keuangan Anda.

Sinking fund adalah dana khusus yang disisihkan untuk keperluan di masa depan. Sinking fund bisa digunakan untuk mendanai semua kebutuhan dan apapun bentuknya.Click to Tweet

Dengan adanya sebuah perencanaan tersebut, maka dapat memberikan Anda kesiapan secara finansial dalam menghadapi situasi apa saja. Contoh sinking fund ini adalah salah satu aspek yang tidak bisa Anda lewatkan dalam proses perencanaan keuangan.

Namun banyak masyarakat awam yang masih kurang memahami tentang pentingnya dana cadangan. Untuk memahami lebih lengkap mengenai apa itu sinking fund, berikut akan kami jelaskan dalam artikel ini untuk Anda.

Apa Itu Sinking Fund?

Sinking fund adalah dana khusus yang disisihkan untuk pengeluaran di masa mendatang. Namun saat  mengumpulkan dana cadangan tentu Anda perlu menetapkan tujuan yang jelas.

Seperti contoh, Anda dapat mempersiapkan dana sinking fund untuk biaya liburan, perbaikan rumah, biaya pernikahan, membeli hadiah ulang tahun, dana pendidikan dan lain sebagainya.

Dengan adanya simpanan sinking fund tentu merupakan salah satu cara bijak dalam menjaga kesehatan keuangan pribadi. Sebab, meskipun Anda sudah menyusun anggaran bulanan secara terperinci, tentu terkadang ada saja pengeluaran tambahan yang dapat menjadi ancaman bagi pengelolaan finansial Anda.

Namun perlu untuk Anda pahami juga, bahwa sinking ini tidak sama dengan dana darurat. Di mana perbedaan sinking fund dengan dana darurat adalah pada kondisi dan tujuan menyisihkan uang. Dana darurat hanya bisa digunakan ketika benar-benar terjadi sesuatu yang tidak direncanakan.

Seperti contoh, ketika Anda tiba-tiba dipecat oleh perusahaan, dan ada anggota keluarga Anda yang sedang jatuh sakit dan perlu pengobatan dengan dana yang mahal, tentu dana darurat tersebutlah yang akan digunakan dalam membiayai pengobatan tersebut.

Baca Juga: Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi Dan Contohnya

Apa Pentingnya Menyiapkan Sinking Fund?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, kenapa Anda harus menyiapkan dana cadangan? Dan apa pentingnya dana sinking fund ini? Perlu Anda ketahui, bahwa tujuan utama menyiapkan sinking fund adalah untuk merencanakan pengeluaran Anda di masa depan. Dengan adanya dana tersebut Anda tidak perlu lagi menggunakan alokasi dana lain untuk keperluan tertentu.

Apa itu sinking fundPin

Selain itu, dengan adanya contoh sinking fund tentu dapat membantu Anda dalam merencanakan pengeluaran dalam jumlah yang besar. Anda dapat melakukannya dengan cara menyisihkan uang Anda sedikit demi sedikit sehingga dapat mencapai jumlah yang Anda inginkan pada waktu yang sudah ditentukan.

Tidak hanya itu saja, contoh sinking fund ini juga dapat membantu Anda dalam mewujudkan impian-impian besar. Misalnya Anda ingin membeli mobil baru secara tunai agar tidak menanggung hutang atau cicilan setiap bulannya.

Anda dapat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit, lalu apabila uang tersebut sudah terkumpul, maka uang tersebut dapat Anda pergunakan untuk membeli mobil baru setelah jumlahnya mencukupi.

Selain itu, dana cadangan juga berguna dalam membantu Anda membiayai kebutuhan-kebutuhan sampingan yang tidak pernah masuk dalam anggaran bulanan Anda.

Baca Juga: Anggaran Fleksibel – Pengertian, Bentuk Dan Cara Membuatnya

Bagaimana Tips Mengumpulkan Sinking Fund?

Apabila Anda belum memiliki dana sinking fund, tentu tidak ada salahnya jika Anda memulai mengumpulkan dana tersebut mulai dari sekarang. Berikut dibawah ini akan kami jelaskan untuk Anda bagaimana tips dalam mengumpulkan dana cadangan yaitu:

Tips mengumpulkan sinking fundPin

  1. Membuat Daftar Kebutuhan Di Masa Depan

    Beberapa besar dana yang harus  Anda disisihkan untuk setiap bulannya dan berapa tujuan akhir yang harus dicapai tentu sangat tergantung pada keinginan Anda.

    Maka dari itu, jangan ragu untuk menuliskan dan membuat daftar kebutuhan Anda pada saat ingin mengumpulkan dana cadangan. Sebab pada dasarnya, dana cadangan memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bersenang-senang Anda.

  2. Menentukan Target Jumlah Sinking Fund

    Apabila Anda sudah membuat daftar kebutuhan Anda, maka langkah selanjutnya adalah dengan menetapkan jumlah dana cadangan. Agar biaya yang Anda kumpulkan terkumpul dengan efektif, maka Anda perlu melakukan estimasi secara akurat. Maka dengan begitu Anda tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya ekstra saat menggunakan dana cadangan Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Menetapkan Jumlah Uang yang Dikumpulkan Untuk Per Bulan

    Apabila Anda sudah mengetahui berapa nominal target dana cadangan yang Anda perlukan. Maka langkah berikutnya adalah dengan menetapkan jumlah uang yang harus Anda sisihkan secara rutin untuk setiap bulannya.

    Seperti contoh, apabila Anda ingin menyiapkan dana cadangan untuk keperluan membeli sepeda. Namun untuk keperluan ini, Anda memerlukan dana sebesar Rp. 3 juta. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat mengatur untuk menyisihkan tabungan senilai Rp. 500 ribu selama 6 bulan.

    Namun hal perlu untuk Anda ketahui juga, bahwa kebutuhan dana cadangan antara setiap orang tentu memiliki perbedaan. Sebab dimana Anda akan menemui orang lain yang mana mereka menyiapkan sinking fund nya untuk keperluan pemenuhan hobi nya saja. Namun tidak sedikit juga, orang menyisihkan uangnya untuk sinking fund sebagai sarana memenuhi kebutuhan primer mereka.

  4. Menempatkan Sinking Fund dalam Rekening Terpisah

    Tips terakhir dalam mengumpulkan dana cadangan adalah, Jangan menyimpan dana cadangan secara tunai. Anda harus membuat satu rekening yang khusus untuk sinking fund. Yang mana sinking fund tersebut harus Anda tempatkan pada rekening terpisah.

    Hal ini sangat penting untuk meminimalkan kemungkinan penggunaan dana tersebut untuk keperluan lain. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas transfer secara otomatis agar proses pengumpulan dana dapat berjalan dengan lancar.

Sinking fund merupakan konsep keuangan yang penting untuk dipahami, baik bagi perorangan maupun perusahaan. Dana khusus yang Anda sisihkan setiap bulan ini bisa memberikan manfaat yang tidak dimiliki oleh tabungan utama Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam penyusunan anggaran keuangan perusahaan Anda, terutama dalam pembukuan laporan keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan Software akuntansi Harmony untuk membuat laporan keuangan Anda lebih mudah.

Harmony membantu Anda membersihkan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukan transaksi yang terjadi sehingga semua Laporan keuangan akan disajikan secara real time.

Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapi secara real time dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari di sini.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK