Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi dan Contohnya
Harmony Blog
Finance
Biaya Peluang : Pengertian, Fungsi dan Contohnya
June 16, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Keuangan Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Peluang dalam artian umum dipahami sebagai suatu kesempatan. Istilah ini juga dipakai dalam beberapa ilmu seperti matematika dan juga ekonomi. Dalam ilmu ekonomi, kata peluang dipakai suatu kondisi biaya atas hilangnya kesempatan yaitu dikenal sebagai biaya peluang.

Istilah ini tentu cukup akrab bagi banyak orang karena biaya peluang tersebut dapat Anda temukan dalam kehidupan sehari- hari. Namun bagi pekerja yang memang bergelut dibidang ekonomi seperti akuntan, pemahaman akan biaya peluang tentu harus lebih mendalam.

Mempertimbangkan biaya peluang dapat memandu Anda untuk pengambilan keputusan yang lebih menguntungkan.

Berkaitan dengan biaya peluang, berikut akan kami bahas apa itu biaya peluang, apa saja fungsinya, dan apa saja contohnya.

Apa Itu Biaya Peluang ?

Biaya peluang (Opportunity Cost) adalah biaya yang dikeluarkan atas hilangnya kesempatan akibat pemenuhan suatu kebutuhan lain. Dalam bisnis, biaya ini menjadi biaya ekonomi yang harus dikeluarkan untuk suatu kegiatan produksi barang atau jasa yang berkaitan dengan pilihan aktivitas lain yang dikorbankan. Dengan kata lain, biaya peluang diukur dari kebermanfaatan yang ditinggalkan untuk memilih kegiatan lain.

Mengutip pendapat Paul A. Samuelson dan William D. Nordhaus, biaya peluang diartikan sebagai nilai biaya suatu produk baik berupa barang atau jasa yang hilang dan paling memiliki nilai. Kondisi tersebut timbul karena keputusan dalam memilih biaya ini dengan menetapkan satu hal dan menghilangkan sesuatu yang lain.

Penerapannya sangat lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh sederhananya adalah jika Anda ingin membuat makanan, maka Anda butuh lebih banyak bahan yang berakibat pada pengurangan produksi minuman. Pengorbanan ini terjadi lantaran ada keterbatasan sumber daya sehingga Anda diharuskan memilih dan berkorban untuk hal lain.

Biaya ini muncul karena adanya pilihan yang dilakukan oleh individu-individu, perusahaan, dan masyarakat atas ke langkahan yang dihadapi. Seperti diketahui, sumber-sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas, sehingga memaksa manusia untuk melakukan pilihan dalam kehidupannya.

Pilihan yang dibuat akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain, dan memunculkannya.

Baca Juga : 7 Tips Mengatur Keuangan UKM Secara Maksimal

custom-form-newsletter


Fungsi Biaya Peluang

Ada beberapa fungsi yang harus Anda ketahui, berikut penjelasanya dibawah ini :

1. Memudahkan Dalam Menentukan Prioritas

Menghitung biaya ini akan sangat bermanfaat untuk menentukan skala prioritas. Hal ini lantaran pilihan bisnis akan sangat berkaitan dengan nilai ekonominya. Semakin menguntungkan, semakin besar peluang untuk dipilih.

Memudahkan Anda dalam menentukan prioritas, dengan menggunakannya Anda bisa memilih mana yang paling penting dan paling menguntungkan untuk Anda sesuai dengan kondisi dan keperluan Anda masing-masing.

Pada umumnya Anda memiliki berbagai macam ide dan juga pilihan yang Anda ingin untuk capai, namun kadang kala tidak semua bisa Anda dapat secara bersamaan, ini akan membantu Anda untuk menentukan pilihan Anda. 

2. Meminimaliskan Resiko

Membuka kesempatan dan meminimaliskan resiko, dengan memanfaatkannya Anda bisa melakukan sejumlah perbandingan dalam menentukan keputusan yang cocok dan membawa faktor resiko yang cukup besar jika terjadi sesuatu diluar dugaan Anda.

Contohnya dalam menjalankan sebuah usaha akan selalu ada resiko, dengan adanya penghitungan peluang biaya dan anggaran keuangan pada bisnis Anda maka Anda sudah meminimalkan resiko yang mungkin terjadi. Sangat jelas bahwa kemampuan menghitung biaya peluang bermanfaat untuk meminimalisasi risiko. Apalagi dalam berbisnis, risiko selalu ada sehingga butuh perhitungan matang untuk memilih risiko terendah.

3. Membantu Dalam Perhitungan Modal

Membantu perhitungan modal, dari segi ekonomi Anda bisa lihat bahwa banyak pihak-pihak yang ingin meminjamkan modal dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk membangun sebuah bisnis.

Untuk mengembangkan dan membangun bisnis tentu modal yang diperlukan tidak sedikit, peluang modal membantu Anda untuk memprediksi berapa kisaran modal yang harus dimiliki sebelum membangun sebuah bisnis dengan rencana dan keseriusan.

4. Menghemat Pengeluaran Bisnis

Perhitungan modal juga harus memperhatikan risiko sehingga kemampuan menghitung biaya peluang menjadi sangat dibutuhkan. Melalui biaya ini, kisaran modal bisa diprediksi untuk menghindari kerugian yang lebih besar. Ini termaksud salah satu cara mengelola keuangan usaha Anda.

Melalui perhitungannya, maka perusahaan bisa menentukan pilihan terbaik dengan biaya terhemat. Biaya ini juga berkaitan dengan dana tambahan yang harus bisa diminimalisasi dalam skala prioritas keuangan Anda. Dengan ini, pebisnis dapat memikirkan dan menentukan, apa saja pengeluaran yang penting untuk di keluarkan, dan pengeluaran yang belum terlalu penting untuk di keluarkan.

Sehingga dengan begitu perusahaan dapat menghemat setiap pengeluaran bisnis, dan keuangan yang Anda miliki pada usaha Anda tidak mengalami kerugian atas pengeluaran yang belum tentu penting untuk di bayar.

Contoh Biaya Peluang

Biaya peluang terjadi jika terdapat dua pilihan atau lebih dari dua pilihan, sedangkan dari beberapa pilihan tersebut terdapat pilihan yang dikorbankan. Bila ada dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.

Sedangkan apabila terdapat lebih dari dua pilihan, biaya peluang dihitung dari nilai peluang terbaik  yang dikorbankan atau yang tidak dipilih.

Untuk memperjelas perhitungan biaya peluang pahami ilustrasi berikut ini:

Rani memiliki uang Rp 80.000. Saat ini ia memerlukan jilbab untuk Zainab dan buku tulis untuk dirinya sendiri. Harga satu jilbab Rp 25.000 dan harga satu buku tulis Rp 3.000. Karena ada dua kebutuhan maka ada beberapa kombinasi kebutuhan yang harus dipilih Rani, yaitu sebagai berikut:

Dari keempat kombinasi di atas, awalnya Rani ingin memilih kombinasi C, yaitu mendapat 2 jilbab dan 5 buku tulis. Akan tetapi, karena ingin menghadiahi adiknya 1 Jilbab maka Rani berubah memilih kombinasi A, yakni mendapat 3 jilbab dan 1 buku tulis.

Ini berarti untuk mendapatkan tambahan 1 Jilbab (awalnya merencanakan membeli 2 jilbab tapi ahirnya membeli 3 jilbab) Rani harus mengorbankan 4 buku tulis. Dengan demikian, biaya peluang untuk mendapatkan tambahan 1 Jilbab adalah sebesar harga 4 buku tulis, yaitu 3000 x 4 = Rp 12.000

Kesimpulan

Kesimpulannya, biaya ini muncul lantaran adanya kelangkaan sumber daya. Kelangkaan ini membuat seseorang atau perusahaan harus memiliki satu alternatif terbaik berdasar nilai peluang terbaik dari yang tidak terpilih. Dalam bisnis, tentu sangat penting karena akan mempengaruhi nilai pendapatan dari perusahaan.

Meskipun biaya ini bukan konsep dalam akuntansi, sehingga tidak muncul dalam catatan keuangan suatu entitas, namun hal ini penting dalam membuat suatu keputusan penting. Indikator perencanaan yang baik adalah dengan pengelolaan biaya peluang yang tepat juga terperinci.

Mengingat pentingnya perhitungan-perhitungan seperti biaya peluang dalam sebuah bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan software khusus akuntansi. Salah satu yang dapat Anda gunakan ialah Melalui software akuntansi harmony, maka pekerjaan akuntansi tidak hanya lebih efektif namun juga akurat. Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 . Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/