Harmony Blog

Rencana Pemasaran (Marketing Plan) Yang Efektif Untuk Kemajuan Bisnis

Diupdate Mar 16th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Marketing-Plan-HarmonyPin

Ketika ingin memulai sebuah bisnis baru, rencana pemasaran atau disebut sebagai marketing plan adalah suatu hal yang sangat penting untuk disiapkan terlebih dahulu.

Rencana pemasaran atau marketing plan adalah sebuah bentuk proses dalam menentukan strategi demi mencapai target market yang tepat.Click to Tweet

Sebab marketing plan yang tepat akan menjadi ujung tombak bagaimana nantinya bisnis tersebut bisa berjalan dan bertahan. Oleh karena itu rencana strategi pemasaran harus dipikirkan secara matang sebelum diterapkan dalam sebuah bisnis, khususnya pada bisnis baru.

Bisnis baru harus bisa mempunyai strategi pemasaran yang kuat agar dapat bisa bertahan di pasar modern pada saat ini. Apabila Anda dapat membuat rencana pemasaran yang tepat dan matang, maka Anda akan lebih mudah dalam mencapai keuntungan secara efektif dan efisien.

Lalu Apa Itu Marketing Plan?

Marketing plan adalah suatu ide awal yang dalam suatu bisnis. Hal ini merupakan suatu bentuk umum dari sebuah proses tata kelola dengan arah tujuan untuk mengembangkan strategi bisnis dalam memperoleh pencapaian yang maksimal.

Namun dalam menerapkan suatu strategi pemasaran, tentunya sistem kelolaannya diambil secara sistematis. Artinya, setiap perencanaan dan keputusan yang di ambil sudah mendapat persetujuan dari seluruh elemen yang terlibat di dalamnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mengumpulkan informasi tentu sangatlah penting, sebab hal tersebut merupakan tonggak awal dalam rantai utama menciptakan strategi yang tepat sasaran.

Salah satu contoh rencana pemasaran yang banyak diminati dan dilakukan oleh pebisnis adalah sosial media marketing. Saat ini menjadi sistem pemasaran langsung yang sering digunakan.

Hal tersebut selain terbukti efektif, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak dan besar. Adapun beberbagai platform media sosial yang digunakan seperti Instagram, Facebook, Youtube dan lainnya.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi dan Prosesnya

Apa Tujuan Perencanaan Pemasaran?

Tujuan-perencanaan-pemasaranPin

Adapun tujuan perencanaan pemasaran dalam sebuah bisnis, berikut beberapa tujuannya yaitu:

• Mengetahui Informasi Tentang Perubahan Pasar

Dengan semakin berkembangnya zaman pada saat ini, tentu semakin banyak dan beragam kebutuhan yang harus dipenuhi oleh pelaku bisnis demi memenuhi setiap keinginan dari konsumen.

Maka dari itu tujuan perencanaan pemasaran ini adalah untuk menganalisis tren pasar yang sedang berjalan dan banyak diminati oleh setiap konsumen, lalu setelah itu merencanakan strategi pemasaran yang harus dilakukan dalam bisnis Anda.

• Menyesuaikan Bisnis Dengan Kebutuhan yang Terus Berkembang

Kebutuhan adalah suatu hal yang sifatnya berubah-ubah di mana dapat dilihat dari setiap trend yang terus berjalan.

Dalam strategi pemasaran yang tepat tentu akan berguna sebagai tolak ukur kebijakan dan rencana pemasaran yang digunakan pada saat ini, serta hal apa saja yang perlu di improve melihat dari kebutuhan yang berkembang.

• Mendapatkan Informasi Kompetitor

Marketing plan bukan hanya digunakan untuk merencanakan strategi penjualan yang tepat saja bagi pelaku bisnis. Namun marketing plan ini juga bisa digunakan untuk melihat dan menganalisis strategi pemasaran yang sedang digunakan oleh kompetitor lain.

• Mendapatkan Sebuah Keuntungan

Melakukan marketing plan yang tepat dapat meningkatkan setiap keuntungan yang dihasilkan dari sebuah usaha Anda. Baik dari strategi konsep penjualan dan pemasaran, penetapan harga, inovasi produk yang dilakukan dan lainnya.

Bagaimana Langkah Dalam Menyusun Marketing Plan?

Menyusun marketing planPin

  • Melakukan Analisis SWOT

Hal yang harus Anda lakukan dalam marketing plan adalah melakukan analisis SWOT untuk mengetahui dan mengembangkan strategi bisnis yang sesuai.

  1. Strength

    Elemen pertama dari analisis SWOT adalah strength (kekuatan). Arti dari strength ini adalah suatu kelebihan yang dimiliki oleh produk Anda namun tidak dimiliki oleh kompetitor lain.

    Melalui elemen ini Anda dapat menonjolkan produk Anda tersebut agar konsumen mengetahui bahwa produk yang Anda miliki tentu berbeda dari kompetitor lainnya.

  2. Weakness
    Setelah elemen strength, maka hal yang harus Anda ketahui adalah kekurangan (weakness). Apa yang menjadikan penghambat bisnis atau usaha yang nantinya akan Anda jalani? Tentu hal tersebut harus Anda perhatikan, dan dari sini Anda dapat belajar bagaimana cara untuk menangani setiap kekurangan yang nantinya akan Anda hadapi dalam bisnis Anda.
  3. Opportunity
    Selanjutnya adalah opportunity (peluang), hal ini mencakup segala hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan, pertumbuhan usaha serta pelaku usahanya.
  4. Threat
    Yang terakhir adalah threat (ancaman) atau segala sesuatu yang berisiko bagi perusahaan. Contoh rencana pemasaran pada threat ini mencakup munculnya pesaing baru, risiko yang harus dihadapi, atau semua hal yang menimbulkan potensi bahaya bagi usaha yang sedang dijalani.
  • Tetapkan Tujuan dan Target

Setelah melakukan analisis di atas, maka marketing plan berikutnya harus menetapkan tujuan serta sasaran yang tepat bagi perusahaan. Seperti contoh rencana pemasaran dalam menetapkan pangsa pasar yang dituju serta mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan dan bisa dijadikan target pasar oleh perusahaan.

Hal tersebut perlu dilakukan agar anggaran dan effort yang dikeluarkan oleh perusahaan efektif demi mendapatkan sebuah keuntungan yang maksimal.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Susunlah Strategi Pemasaran

Hal ini meliputi strategi yang dapat dilakukan dalam jangka panjang maupun jangka pendek oleh perusahaan tersebut.

Dalam strategi untuk rencana jangka pendek dapat meliputi pada sebuah trend atau keinginan pasar saat ini. Namun sedangkan pada strategi untuk jangka panjang bisa didasari pada tujuan utama sebuah perusahaan.

  • Pilihlah Tim yang Kompeten dan Berkualitas

Memiliki tim yang berkompeten dan juga handal dalam bidangnya tentu akan menjadi kelebihan tersendiri dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu penentuan dan perekrutan tim juga merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan marketing plan.

Setelah membaca penjelasan pada artikel di atas tentunya dapat disimpulkan bahwa marketing plan adalah bentuk dari sebuah planning. Planning tersebut mencakup tentang bagaimana serta apa tindakan yang akan dilakukan dalam sebuah perusahaan untuk mencapai sebuah target dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Namun selain perencanaan pemasaran, adapun hal yang dapat menentukan keberhasilan dalam sebuah bisnis adalah perencanaan keuangan yang baik. Agar memastikan berjalan dengan maksimal, Anda harus mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis ke sistem pembukuan usaha Anda.

Jika Anda masih menggunakan proses pembukuan manual, ada baiknya Anda beralih menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah digunakan seperti Harmony.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan. Bagi Anda yang mau menggunakan Harmony dapat mencobanya GRATIS selama 30 hari di sini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service.

Selain itu cari tau lebih lanjut tentang Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony