Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi dan Prosesnya
Harmony Blog
Business
Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi dan Prosesnya
December 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Membahas tentang ekonomi tentu tidak akan ada habisnya. Ruang lingkup ekonomi begitu luas, baik yang bersifat mikro maupun makro. Di dalam lingkup mikro saja, banyak hal yang dibahas. Salah satunya adalah keseimbangan pasar.

Keseimbangan pasar merupakan penetapan kondisi yang tidak ingin menambah atau mengurangi antara harga dan produk yang dijual.

Bukan hanya kegiatan pemasaran produk yang harus dilakukan dengan baik namun Anda juga perlu memahami pentingnya keseimbangan pasar sebagai faktor pengaruh pemasaran juga.

Untuk lebih memahami lagi mengenai keseimbangan pasar, berikut dalam artikel ini akan di bahas tentang apa itu keseimbangan pasar dan apa bagaimana proses terjadinya keseimbangan pasar.

Apa Artinya Keseimbangan Pasar itu?

Dalam dunia ekonomi, keseimbangan pasar (market equilibrium) merupakan kondisi di mana jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu.

Tentu proses ini menjadi sangat penting untuk menentukan apakah kurva keseimbangan akan sama atau tidak. Hal ini dapat dihitung menggunakan rumus keseimbangan pasar.

Di dalam keseimbangan pasar juga dapat dipahami sebagai suatu kondisi di mana harga produk yang ditawarkan sama dengan harga produk yang diminta oleh konsumen. Apabila suatu keseimbangan pasar tercapai, maka tidak adanya perubahan dalam harga atau harga cenderung tetap. Harga ini disebut dengan harga keseimbangan.

Terjadinya harga keseimbangan ditentukan oleh kekuatan antara permintaan dengan penawaran. Apabila permintaan lebih kuat dari penawaran, maka harga pada suatu produk akan naik.

Namun jika penawaran lebih kuat dari permintaan, maka harga barang  akan turun. Di dalam proses tawar-menawar harga barang inilah keseimbangan pasar dapat tercapai.

Baca Juga: Strategi Pemasaran 4P Beserta Contohnya

Fungsi Keseimbangan Pasar

Dalam keseimbangan pasar memiliki dua fungsi utama yang berperan penting dalam pembentukannya yaitu:

1. Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan merupakan suatu persamaan yang menunjukkan adanya suatu hubungan antara jumlah barang yang diminta atau diinginkan oleh setiap konsumen serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Fungsi ini bekerja sesuai dengan hukum permintaan yaitu apabila suatu barang mengalami kenaikan harga, maka permintaan barang tersebut akan mengalami penurunan.

Sebaliknya, apabila harga barang mengalami penurunan maka permintaan pada barang tersebut akan mengalami kenaikan.

Untuk mengarah pada keseimbangan maka terjadi persaingan antara para produsen atau penjual produk dalam mendapatkan barang. Sehingga konsumen bisa memperoleh produk yang dibutuhkan.

Misalnya apabila supply produk habis, namun permintaan konsumen terhadap barang tersebut semakin banyak maka konsumen tidak akan bisa mendapatkan produk yang diinginkan.

Adanya persaingan bisnis ini tentu menjadi solusi dalam mengadakan pemenuhan kebutuhan konsumen akan berbagai jenis produk.

2. Fungsi Penawaran

Penawaran adalah suatu hubungan antara konsumen dengan penjual mengenai harga barang dan jumlah barang yang ingin ditawarkan.

Fungsi dari penawaran ini juga dapat dipakai untuk menganalisa kemungkinan jumlah barang yang akan diproduksi dan dijual.

Namun dalam fungsi penawaran bekerja menurut hukum penawaran, dengan menerapkan asumsi ceteris paribus (faktor-faktor lain yang mempengaruhi dianggap tetap), kenaikan harga barang akan diikuti dengan kenaikan jumlah yang ditawarkan.

Namun sebaliknya, apabila harga turun, maka akan diikuti penurunan jumlah barang yang ditawarkan.

Apabila harga barang yang ditawarkan di pasar bebas tinggi bahkan melebihi harga keseimbangan, dapat terjadi pergeseran keseimbangan berupa kelebihan penawaran.

Kelebihan penawaran ini dinamakan market surplus. Maka setiap penjualan juga akan bersaing dalam menawarkan barang yang mereka jual karena jumlah barang yang melimpah.

Namun di sisi lain, jumlah pembeli akan barang tersebut sedikit sehingga harga akan turun dan dapat mendorong jumlah permintaan dan penawaran menuju keseimbangan pasar.

Baca Juga: Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

custom-form-newsletter

Proses Terjadinya Keseimbangan Pasar

Selain fungsi penawaran adapun proses dan contoh keseimbangan pasar yaitu:

1. Produsen Menyediakan Barang Sesuai Permintaan

Dalam strategi pemasaran tugas penjual adalah menyediakan produk sesuai dengan permintaan konsumen.

Namun apabila barang yang disediakan terlalu banyak, sementara tingkat pembelian atau minat pembeli menurun maka akan terjadi ketidakseimbangan sehingga berpengaruh pada harga pasar yang ada.

Maka untuk menciptakan hal ini dibutuhkan penyediaan barang yang sesuai dengan permintaan pembeli.

Sehingga harga pada suatu barang pun tetap normal dan tidak mengalami penurunan harga pada suatu produk.

2. Menyediakan Stok Barang Sesuai dengan Penawaran Pembeli

Keseimbangan akan tercapai ketika ada kesepakatan. Dalam hal ini, pembeli akan membeli stok barang dari penjualan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Sehingga penjual harus menyediakan barang sesuai dengan stok yang dibutuhkan. Namun jika penjulan dan konsumen menyetujui antara stok barang dan harganya, maka terjadi harga keseimbangan dan harga cenderung konstan.

Tetapi jika stok kurang atau langka, maka konsumen juga akan kesulitan mendapatkan barang dan hal ini akan berpengaruh pada harga.

3. Keseimbangan Permintaan

Pada umumnya para konsumen akan suatu produk cenderung mendorong penjual untuk memastikan stoknya. Setidaknya persediaan pada barang untuk beberapa periode tertentu harus tersedia.

Sebab apabila stok sesuai dengan permintaan pasar maka keseimbangan pasar telah terwujud. Harga pada suatu produk biasanya disesuaikan dengan stok barang yang tersedia.

Apabila stok barang lebih dari permintaan maka bisa saja membuat harga menurun dan begitu pula sebaliknya apabila stok barang semakin sedikit maka bisa saja membuat harga produk menjadi semakin meningkat.

4. Pengendalian Harga

Dengan kondisi harga di pasar yang tidak seimbang, maka bisa diprediksi keseimbangan pasar pun sulit terbentuk. Salah satu yang mempengaruhi ketidakseimbangan pasar adalah harga.

Di karenakan ketika suatu harga pada pasar terlalu tinggi maka akan merugikan para pembeli, namun sebaliknya jika harga yang diberikan terlalu rendah maka akan mengakibatkan kerugian bagi penjual.

Maka sangat perlu menentukan kebijakan ekonomi untuk dijadikan sebagai intervensi dalam menjaga agar setiap harga barang dapat stabil.

Dalam melakukan kebijakan tersebut bisa dengan melakukan pengendalian harga terendah maupun harga tertinggi. Apabila kedua harga tersebut ditetapkan, maka keseimbangan pasar pun akan terjaga.

Dalam memahami pengaruh keseimbangan pada pasar. Maka dalam menjalankan suatu bisnis juga diperlukan tingkat pemahaman tentang adanya penawaran dan permintaan yang ada.

Terjadinya proses tawar menawar dalam dunia pasar dengan tujuan merapatkan kesepakatan harga tersebut yang akan menciptakan keseimbangan harga sekaligus keseimbangan pasar.

Jika Anda sudah memahami keseimbangan pasar, Anda juga harus mengerti bagaimana cara mengelola keuangan.

Sebagai pemilik usaha tentunya adalah penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih agar keuangan bisnis Anda dapat terpantau dengan baik.

Harmony adalah software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan menghitung berbagai kewajiban pajak dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Kapan Anda akan memulai? Yuk gunakan teknologi akuntansi jaman now untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga.

Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun di sini.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service.

Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/