Harmony Blog

Pengertian Strategi Pemasaran dan Cara Memaksimalkannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Ketika Anda mengembangkan sebuah bisnis, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah strategi. pengertian strategi pemasaran ini dapat dianalogikan sebagai sebuah peta untuk menunjukkan arah pada sebuah kesuksesan.

Konsep pemasaran menempati posisi yang strategis untuk mencapai suatu keberhasilan pada sebuah bisnis. Meskipun sebuah produk memiliki kualitas yang baik, tetapi tidak akan bisa menghasilkan keuntungan berlipat apabila tidak diiringi dengan strategi pemasaran yang baik.

Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik, maka cukup sulit untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, risiko kalah saing pun sangat mungkin terjadi. Sehingga, mempelajari tentang ilmu pemasaran sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis.

Dalam sebuah strategi pemasaran dapat dinyatakan sebagai dasar tindakan yang mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran, dari suatu perusahaan, dalam kondisi persaingan dan lingkungan yang selalu berubah agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian strategi pemasaran, dan apa saja makna yang dapat di ambil dalam pengertian strategi pemasaran untuk bisa mencapai keberhasilan dengan strategi bisnis yang tepat. Berikut simak penjelasannya di bawah ini :

Pengertian Strategi Pemasaran

Dalam perkembangan ekonomi di zaman modern ini, pengertian pemasaran menjadi sangat penting dan merupakan salah satu kegiatan-kegiatan utama dalam mengembangkan usaha atau bisnisnya, mempertahankan kelangsungan hidup usaha atau bisnis dan untuk mendapatkan keuntungan.

Ditambah lagi sekarang berlakunya perekonomian bebas, dimana masyarakat bebas memproduksi dan menjual barang tanpa batas. Dengan demikian pasar persaingan antara pelaku usaha akan semakin ketat.

Maka dari itu kegiatan pemasaran yang dilakukan pelaku usaha harus dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen, hal tersebut dapat dilakukan dengan menjual produk yang berkualitas serta menentukan cara-cara agar menarik minat masyarakat atau calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Namun untuk melakukan sebuah pemasaran, terlebih dahulu Anda harus membuat sebuah strategi dalam memulainya. Pengertian strategi pemasaran menurut para ahli Tull dan Keble menyampaikan dengan pengertian tujuan strategi pemasaran sebagai alat yang fundamaental yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi atau lembaga dengan mengembangkan keunggulan yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program-program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Namun secara umum, Pengertian strategi pemasaran merupakan salah satu cara dalam mengenalkan produk kepada konsumen, dan hal ini menjadi penting karena akan berhubungan dengan laba yang akan dicapai oleh perusahaan. Dan strategi pemasaran akan berguna secara optimal bila didukung oleh perencanaan yang terstruktur baik dalam segi internal maupun eksternal perusahaan.

Dan sebelum melakukan berbagai macam promosi atau pendekatan pemasaran lainnya, perusahaan harus terlebih dahulu membidik pasar atau segmen secara jelas. Sebagian besar kegagalan usaha yang terjadi disebabkan oleh gagal nya perusahaan mendefenisikan pasar yang dituju dan bagaimana potensinya.

Dengan banyaknya jumlah konsumen dan keanekaragaman keinginan pembelian menyebabkan perusahaan tidak dapat memasuki semua segmen pasar, perusahaan harus dapat mengidentifikasi segmen pasar yang dapat dilayani paling efektif, yaitu dengan melakukan sebuah pengertian strategi pemasaran tersebut.

Contoh Strategi Pemasaran

Sudah dijelaskan di atas mengenai pengertian strategi pemasaran, berikut adapun beberapa contoh strategi pemasaran yang dapat Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kerja Sama Dengan Influencer (Endorsement)

Salah satu contoh strategi pemasaran, selain melakukan strategi pemasaran secara langsung yang mungkin sering Anda lihat di pasar atau pun di tempat lain, strategi pemasaran dapat Anda jumpai melalui media sosial. Seperti yang Anda lihat di instagram, banyaknya selebgram yang mendapatkan endorsement dengan bentuk komunikasi yang persuasif tentang produk tersebut. Dengan melakukan strategi pemasaran tersebut,  para konsumen dapat mengetahui penjelasan mengenai produk tersebut, maka dengan begitu para konsumen akan tertarik akan produk produk yang sedang di  review oleh selebgram, vlogger atau pun blogger.

Buatlah sebuah strategi yang menarik, sehingga para konsumen ketika melihat produk yang Anda promosikan akan dapat menarik banyak minat para konsumen Anda.

2. Free Sample

Banyak sekali perusahaan besar sebelum meluncurkan produk barunya mereka akan memberikan sample produk baru mereka secara gratis. Hal ini dilakukan untuk melihat respon pasar dan kelebihan serta kekurangan dari produk yang hendak dijual di pasaran. Anda juga bisa mendapatkan beberapa saran yang bisa anda gunakan untuk produk anda kedepan nya dari konsumen.

3. Metode Buy 1 Get 1

Selanjutnya strategi pemasaran yang bisa bikin produk anda cepat laku yakni dengan menerapkan buy 1 get 1. Strategi ini biasa diterapkan untuk memperkenalkan produk yang baru atau menghabiskan stock barang yang kurang diminati. Produk yang ditawarkan pun jangan asal dan sebaiknya tawarkan produk yang masih berkesinambungan satu dengan lainnya. 

4. Memberikan Diskon

Dalam strategi satu ini memang biasa dilakukan oleh pebisnis yakni penerapan diskon. Ketika anda menggunakan strategi diskon ada baiknya juga mencantumkan harga normal barang juga sehingga pelanggan pun menyadari perbedaan harga sebelum diskon dan setelah diskon. ketertarikan pembeli.

Potongan harga atau di sering disebut sebagai diskon  merupakan salah satu strategi pemasaran produk dalam bisnis yang terbukti masih efektif hingga saat ini. Banyak pelaku bisnis mulai dari level kecil hingga besar yang menggunakan strategi ini.

Ada yang sebenarnya konsumen tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, tetapi kenyataannya karena ada label diskon membuat konsumen tersebut menjadi lupa diri. Sebab dengan strategi seperti memberikan diskon, bisa membuat konsumen bertindak lebih konsumtif.

Baca Juga : Strategi Pemasaran 4P Beserta Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tujuan Strategi Pemasaran

Dalam melakukan sebuah strategi pemasaran, adapun tujuan-tujuan yang di dapat ketika Anda melakukan strategi pemasaran, dan berikut beberapa tujuannya :

Tujuan strategi pemasaran adalah untuk Peningkatan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran, hal ini dilakukan agar setiap anggota tim dapat bekerjasama dengan baik, efektif dan efisien.

Dilakukan nya strategi pemasaran agar dapat mengukur hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku, tanpa adanya pembukuan yang jelas maka perusahaan tidak bisa mengukur nilai penjualan apakah naik atau turun.

Tujuan selanjutnya ialah untuk memberikan dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan, dengan data hasil penjualan maka perusahaan dapat menetapkan strategi yang akan ditetapkan. Apakah akan menambah atau mengurangi produksi, atau keputusan strategis lain.

Bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika ada perubahan-perubahan dalam pemasaran. Karena dunia pasar sangat dinamis, karena itulah perlu dibentuk strategi marketing yang tepat dengan integrasi terhadap divisi perushaan yang lain.

Fungsi Strategi Pemasaran

Selain tujuan, adapun fungsi yang terdapat dalam strategi pemasaran. Berikut beberapa fungsi yang Anda dapatkan jika menerapkan strategi pemasaran dalam bisnis Anda :

1. Meningkatkan Koordinasi Pemasaran

Jika saat melakukan sesuatu pada perusahaan Anda, kalau tidak memiliki tujuan ataupun strategi pastinya akan berjalan dengan berantakan. Namun dengan adanya strategi pemasaran akan membuat koordinasi tim menjadi jauh lebih baik serta terarah.

Itulah mengapa pentingnya manajemen pemasaran, dengan memiliki manajemen pemasaran yang tepat maka perusahaan bisa membuat koordinasi dari tiap divisi untuk menunjang penjualan. Percuma tingkat permintaan konsumen tinggi, tetapi tidak diimbangi dengan kekuatan produksi barang.

Oleh sebab itu, perlu peningkatan koordinasi tiap divisi khususnya bagian pemasaran dengan produksi supaya dapat melayani konsumen dengan baik.

2. Menentukan Tujuan Perusahaan

Dengan tidak adanya sebuah tujuan yang jelas, perusahaan tidak akan berkembang. maka di sinilah fungsi strategi pemasaran yang krusial, yaitu berfungsi untuk menentukan tujuan perusahaan secara jelas.

Strategi pemasaran tidak hanya dipakai untuk alat mencapai tujuan, namun juga merumuskan tujuan itu sendiri. Dapat dilihat dari tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Tujuan perusahaan adalah sesuatu yang bersifat kuantitatif, sehingga indikator keberhasilan nya harus dapat diukur. Misalnya saja target penjualan, target konsumen, dan juga target pemasukan. Jika tujuan tersebut dapat tercapai, nilai ekonomi perusahaan juga dapat ikut meningkat.

3. Distribusi Menjadi Lebih Efesien

Dengan Anda menerapkan sebuah strategi pemasaran pada bisnis Anda. Maka dengan lebih muda Anda tahu mengenai semua detail yang diperlukan, seperti siapa target pelanggan Anda dan kisaran harga yang dapat Anda tawarkan. Dengan hal ini, maka akan membantu Anda menentukan cara distribusi yang paling efektif.

Misalnya, jika Anda melayani demografi yang lebih muda, Anda harus memberikan opsi pembelian untuk ponsel dan tablet menggunakan layanan seperti PayPal dan kartu kredit. Memang, memberikan pelanggan Anda metode belanja yang lebih mudah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Di atas sudah dijelaskan mengenai pengertian strategi pemasaran, dalam pengertian strategi pemasaran, terdapat beberapa contoh, tujuan, fungsi yang terdapat dalam sebuah strategi pemasaran.

Namun dalam sebuah strategi pemasaran, bukan dilihat bagiamana produk yang Anda pasarkan dapat terjual, melainkan Anda harus memperhatikan strategi keuangan bisnis Anda.

Agar bisnis tersebut berkembang, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Untuk itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Dan saksikan bagaimana Harmony membantu para pebisnis untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami yaitu FinTax Fair 2019. Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony