Harmony Blog

Pengertian Pemasaran Langsung Beserta Contohnya

Diupdate Feb 24th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Pengertian Pemasaran Langsung Beserta ContohnyaPin

Dalam dunia bisnis, sepertinya hampir semua pebisnis dan marketer mengetahui istilah pemasaran. Tetapi tahukah Anda bahwa pemasaran juga memiliki salah satu jenis yaitu pemasaran langsung atau dikenal juga dengan direct marketing. Apa yang dimaksud dengan pemasaran langsung? Seperti apa contohnya? Artikel kami kali ini akan mengulas hal tersebut.

Kemajuan teknologi membuat metode pemasaran langsung semakin diminati oleh penjual

Pengertian Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu metode penjualan yang menggunakan media pemasaran langsung tanpa adanya pihak yang menjadi perantara pemasaran dalam kegiatan transaksi jual-beli dan tawar-menawar suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran untuk menghasilkan suatu kontak langsung dengan pelanggan dalam melakukan kampanye iklan layanan atau produk.

Berikut beberapa pengertian pemasaran langsung atau direct marketing menurut ahli :

Kotler – Gary Armstrong (1996: 53)

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah sistem pemasaran yang memakai berbagai media iklan untuk berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. Biasanya interaksi ini dilakukan melalui telepon, email, atau bertemu langsung dengan konsumen agar bisa mendapatkan respon secara langsung.

Duncan (Principle of Advertising & IMC)

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah suatu cara pemasaran dimana perusahaan ingin menjalin komunikasi secara langsung dengan konsumen. Strategi ini dianggap efektif karena bisa berinteraksi serta membuat database pelanggan yang juga dapat mengaktifkan komunikasi pemasaran dengan menggunkanan berbagai media guna mendorong respon konsumen.

Suyanto (Marketing Strategy)

Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memakai saluran langsung untuk mencapai konsumen dan menyerahkan barang atau jasa kepada konsumen tanpa adanya perantara.

Dari beberapa pengertian di atas, bisa kita simpulkan bahwa pemasaran langsung atau direct marketing adalah cara pemasaran yang digunakan perusahaan dengan berkomunikasi atau berinteraksi langsung kepada pelanggan dengan tujuan akhir yaitu menjual produknya kepada pelanggan.

Baca juga : Perbedaan Konsep Penjualan dan Konsep Pemasaran

Faktor yang Mempengaruhi Pemasaran Langsung

Beberapa faktor yang mempengaruhi dalam menerapkan strategi pemasaran langsung yaitu :

1. Cara Pemasaran Produk

Cara pemasaran produk akan mempengaruhi keberhasilan dari pemasaran langsung itu sendiri. Cara yang digunakan seperti tatap muka dengan pelanggan, menggunakan suara (telemarketing), direct mail, memanfaatkan platform media sosial dan e-commerce menentukan keberhasilan pemasaran yang dilakukan.

2. Pemilihan Target Market

Penjual harus memiliki target market yang jelas agar pemasaran langsung yang dilakukan bisa berhasil. Mempunyai target market yang jelas dan spesifik akan membuat penjual lebih mudah dalam membuat konsep promosi dan marketing plan produknya.

3. Produk Harus “Dekat” dengan Target Market

Dalam pemasaran langsung, produk juga harus mudah diingat dan ditemukan oleh target market. Penjual harus membuat kampanye yang unik, desain yang sulit dilupakan dan mempersiapkan jalur distribusi yang cepat dalam penjualan produk ke pelanggan.

4. Cara Penyampaian Informasi

Cara penyampaian informasi juga merupakan faktor yang sangat penting dalam pemasaran langsung. Informasi yang disampaikan kepada pelanggan harus jelas, terukur tetapi tidak berlebihan. Dalam melakukan pemasaran, penjual harus menguasai produk yang dijual serta menggunakan kalimat yang bisa menarik perhatian pelanggan.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Pasar Persaingan Sempurna

Contoh Pemasaran Langsung

Adapun contoh-contoh dalam pemasaran langsung antara lain :

Pemasaran Langsung : Personal Selling

Personal selling merupakan contoh pemasaran langsung dimana proses dalam memasarkan produk dilakukan secara langsung dengan cara bertatap muka dengan calon pembeli. Pada umumnya, perusahaan akan mensurvey terlebih dahulu tempat yang dijadikan lokasi dalam melakukan personal selling. Dalam hal ini, lokasi merupakan hal yang sangat penting karena merupakan bagian dari penerapan strategi 4P agar pemasaran tersebut bisa berhasil.

Pemasaran Langsung : Social Media Marketing

Saat ini media sosial marketing merupakan sistem penjualan langsung yang sering digunakan. Hal ini karena selain terbukti efektif, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Berbagai platform media sosial ternama seperti Instagram, Facebook, Youtube dan TikTok menjadi favorit perusahaan untuk mengiklankan produknya.

Pemasaran Langsung : Telemarketing

Telemarketing adalah sistem penjualan langsung dengan cara memanfaatkan telepon atau media komunikasi suara lainnya dalam memasarkan produk. Sebelum melakukan telemarketing, perusahaan harus melakukan role play dalam tim penjualan terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Catalog Marketing

Catalog marketing merupakan contoh pemasaran langsung yang dilakukan dengan cara mengirimkan katalog ke target market yang sudah ditetapkan.

Online Marketing

Contoh pemasaran langsung lainnya adalah online marketing. Pemasaran ini menggunakan internet atau media online sebagai sarananya. Contoh media yang digunakan seperti Google ads, website, platform market place dan lain sebagainya. Kelebihan online marketing adalah pengguna internet yang besar dari dalam dan luar negeri sehingga membuat pemasaran yang dilakukan tanpa batas wilayah atau negara.

Baca juga : Manajemen Pemasaran Internasional dan Target Pasarnya

Direct Mail

Direct mail merupakan sistem penjualan langsung dengan cara menawarkan produk melalui email kepada daftar target market yang sudah dibuat. Konten yang dibuat untuk direct mail marketing harus menarik dari sisi huruf, image atau desainnya agar menarik perhatian calon pembeli.

TV Home Shopping

Manfaat pemasaran langsung dengan menggunakan TV Home Shopping tergolong efektif sehingga penjualan produknya cukup tinggi. Hal ini karena jangkauan TV sangat luas dan teknik agresif yang dilakukan oleh penjual dalam memasarkan produk mereka.

Kios Marketing

Kios marketing merupakan contoh sistem penjualan langsung yang menggunakan teknologi, yaitu dengan menggunakan mesin penyedia produk. Mesin tersebut diletakkan di tempat strategis yang ramai dikunjungi orang. Biasanya, pelanggan dapat memilih jenis, warna atau motif produk yang diinginkan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Pemasaran Langsung Bagi Penjual

Pemasaran langsung mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi di mana penjual bisa memilih cara dan waktu yang menurutnya paling tepat, serta sarana atau media yang paling cocok  dalam menjangkau target marketnya. Adapun manfaat pemasaran langsung yaitu penjual bisa terlebih dahulu melakukan riset, survey dan menganalisa lalu kemudian membuat strategi pemasaran yang dinilai akan efektif untuk menjual produk atau jasanya.

Manfaat Pemasaran Langsung Bagi Konsumen

Kini manfaat pemasaran langsung bisa dirasakan seperti konsumen lebih praktis dalam menentukan pilihan karena bisa melihat atau mencoba produknya secara langsung. Konsumen bisa mencari informasi produk yang ditawarkan lewat berbagai sarana yang ada seperti brosur, katalog dan lain sebagainya. Konsumen juga bisa membeli produk tanpa harus keluar rumah.

Bagaimana, menarik bukan sistem pemasaran langsung untuk diterapkan dalam bisnis Anda? Akan tetapi, agar bisnis bisa sukses selain menguasai strategi pemasaran maka Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan baik. Agar laporan keuangan bisa dibuat dengan mudah dan cepat, gunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony