Harmony » Blog » 

Manajemen Pemasaran Internasional dan Target Pasarnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
November 20, 2019

Manajemen pemasaran internasional adalah kegiatan memasarkan barang atau produk ke luar suatu negara dengan target pasar-pasar di luar negara tersebut. Dalam manajemen pemasaran internasional banyak hal yang harus diperhatikan dan memerlukan konsep bisnis yang matang dan terstrategi.

Mengapa suatu perusahaan perlu menjalankan manajemen pemasaran internasional ?

Manajemen pemasaran internasional diperlukan suatu perusahaan jika perusahaan tersebut ingin mengembangkan strategi pemasaran yang cukup luas secara internasional. Tentunya perusahaan tidak ingin stuck dalam aktivitasnya bukan hanya dalam pemasaran, namun juga dalam operasional dan untuk mendapatkan profit yang lebih dalam menjangkau target pasar.

Namun, untuk mencapai sesuatu yang besar harus dimulai dari hal-hal kecil. Begitupun dalam pemasaran internasional ini, untuk mencapai pemasaran yang lebih luas suatu perusahaan juga tidak mengabaikan pemasaran lokal terlebih dahulu. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam manajemen pemasaran internasional agar mencapai target pemasaran.

1. Menentukan rumusan strategi yang akan digunakan

Sebelum Anda terjun langsung dalam dunia pemasaran internasional, alangkah lebih baiknya jika perusahaan Anda harus mempersiapkan diri atau menguasai strategi-strategi pemasaran tersebut. Agar apa yang menjadi tujuan atau langkah Anda lebih terarah dan mempunyai landasan. Beberapa langkah-langkah manajemen pemasaran internasional adalah:

  • Mengetahui keadaan lingkungan internasional.
  • Mempunyai tujuan yang jelas serta kebijakan.
  • Mengetahui sasaran pasar internasional yang akan diincar.
  • Adanya program pemasaran.
  • Mempunyai organisasi pemasaran.
  • Pengevaluasian dan pengendalian.

Selain Anda menguasai hal-hal di atas, Anda harus menguasai segala sesuatu mengenai target pemasaran internasional. Hal ini karena manajemen pemasaran internasional ini jauh berbeda dengan pasar lokal yang sudah Anda kuasai.


2. Strategi yang digunakan dalam pemasaran internasional

  • Ekspor

Melakukan Ekspor produk hampir sama dengan menjual produk diluar tempat bisnis Anda saat ini. Hanya saja produk Anda dikirim keluar negeri dan untuk melakukan ekspor ini memerlukan beberapa dokumen, ijin, dan proses yang harus dilalui.

  • Lisensi

Lisensi adalah strategi yang mana Anda memperbolehkan perusahaan asing memproduksi barang-barang mereka dengan produk dan merek milik Anda. Disini Anda akan mendapatkan imbal balik atau royalty tapi tidak maksimal namun juga mempunyai resiko yang sangat kecil untuk rugi.

  • Franchising

Dengan cara membuat perjanjian dengan pihak keduanya bahwa akan digunakan bisnisnya. Hampir sama dengan lisensi hanya saja franchising seperti duplikat perusahaan Anda sendiri.

  • Contact Manufacturing

Dimana perusahaan Anda mengadakan peraturan kontrak bahwa perusahaan Anda bersedia memproduksikan barang bagi perusahaan lain, produk yang sesuai dengan spesifikasi perusahaan yang akan membeli produk Anda yang akan Mereka pasarkan sendiri.

Kuasai semua hal-hal penting yang berhubungan dengan pemasaran baik lokal maupun dalam ranah nasional sampai internasional. Jika ingin mencapai target internasional, Anda harus menguasai manajemen pemasaran internasional juga dan hal-hal lain yang terkait dengan pemasaran luar negeri, agar target pemasaran Anda semakin meluas dan terkenal dunia.

Tentunya tujuan ini pun harus didukung oleh sistem yang baik. Seperti khususnya dalam pengelolaan keuangan, Anda memerlukan software akuntansi online, yang dapat integrasi keuangan perusahaan Anda yang ada dalam negeri maupun luar negeri. Harmony adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan, Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari, silahkan Anda dapat mendaftar disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram