Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
Harmony Blog
Marketing
Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna
July 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pasar merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli. Dapat dikatakan pasar sebagai pasar persaingan sempurna karena ada syarat-syarat atau ciri-ciri tertentu untuk membentuk sebuah pasar.  Namun Jika salah satu dari syarat atau ciri tertentu tersebut tidak dipenuhi dengan baik, maka dapat disebut dengan pasar persaingan tidak sempurna.

Perbedaan pasar persaingan tidak sempurna dan sempurna membuat Anda mengetahui bagaimana berbisnis yang baik dan buruk. Pilihan ada di Anda, bijaklah dalam berbisnis.

Dengan adanya pasar persaingan tidak sempurna ini menjadikan kegiatan ekonomi yang tidak sempurna. Mayoritas pasar persaingan tidak sempurna itu tidak punya jumlah penjual dan pembeli yang seimbang, yang dimana jumlah pembeli biasanya akan lebih banyak dari penjual.

Pasar persaingan tidak sempurna dapat membuat suatu kegiatan ekonomi yang tidak sempurna ini dimaksud salah satunya adalah karena dalam pasar persaingan tidak sempurna para penjual dapat mengendalikan harga produk. Berdasarkan hal tersebut pasar persaingan tidak sempurna mempunyai ciri-ciri yang mudah dikenali.

4 Ciri-Ciri Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Pemasaran dan pasar merupakan satu kesatuan yang erat kaitannya. Pemasaran langsung merupakan salah satu sistem untuk mendapatkan persaingan pasar. Namun pasar persaingain tidak sempurna selalu memiliki ciri-ciri yang dapat menentukannya. Dan berikut ini 4 ciri-ciri pasar persaingan tidak sempurna yang harus Anda tahu, yaitu :

1. Harga Dapat Ditentukan Oleh Penjual

Ciri yang pertama dalam pasar persaingan tidak sempurna adalah harga yang dapat ditentukan oleh penjual. Dikarenakan dipasar ini tidak banyak pihak yang dapat mempengaruhi pasar, maka tidak adanya hambatan saat sebuah perusahaan ingin menentukan sebuah harga.

2. Tidak Berhubungan Dengan Pemerintah

Ciri yang kedua ini adalah dengan tidak berhubungan dengan pemerintah. Pasar persaingan tidak sempurna ini dapat menentukan harga tanpa adanya campur tangan dengan pmerintah. Dengan hal ini menjadi suatu kebebasan pihak terkait.

3. Terdapat Ketidak Seimbangan Antara Penjual Dan Pembeli

Ciri yang ketiga ini adalah terdapat ketikseimbangan antara penjual dan pembeli. Ciri yang ketiga ini sangat mempengaruhi keadaan pasar dikarenakan sebuah interaksi yang kurang dalam pasar.

4. Tidak Mudah Masuk Dalam Pasar

Didalam pasar ini hanya dapat dijalankan oleh pihak tertentu saja. Dalam keadaaan ini pastinya akan tidak mudah untuk pelaku ekonomi yang juga ikut masuk pasar.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Contoh dari pasar persaingan tidak sempurna ini adalah Ketika Anda pergi ke pasar dan tentunya ada banyak penjual dan pembeli dipertokoan disana. Lalu Anda mampir kesebuah toko A membeli sebotol Baby Shampoo & Soap 2in1 Zwitsal dengan harga RP45.000.

Kemudian Anda pergi ke toko B dengan menanyakan barang yang sama yaitu sebotol Baby Shampoo & Soap 2in1 Zwitsal, dan disana Anda akan dtawarkan dengan harga yang lebih mahal Rp 55.000 dari toko A . Ini adalah salah satu contoh dari pasar persaingan tidak sempurna yang dimana para pejual bebas menentukan harga dengan sendirinya.

Kelebihan dari Pasar Persaingan tidak Sempurna

Perbedaan sales dan marketing menghasilkan beberapa sudut pandang yang berbeda pada pasar persaingan. Jika Anda hanya melihat dalam sudut pandang sebelah pihak saja dari adanya pasar persaingan tidak sempurna ini yang hanyalah dapat menguntungkan satu pihak saja, namun dalam kenyataannya dalam pasar persaingan tidak sempurna ini pun memiliki banyak kelebihan.

Berikut beberapa kelebihannya :

1. Dari Segi Barang

Kelebihan yang pertama adalah dilihat dari segi barang. Barang yang terdapat dipasar persaingan tidak sempurna ini berkualitas paling bagus dikarenakan tidak mudah mencari penggantinya. Dengan hal ini akan banyak manfaat untuk masyarakat.

2. Dari Segi Keuntungan

Kelebihan yang kedua ini dapat Anda lihat dari segi keuntungan  yang dimana untuk pelaku monopoli pasar mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan tentunya sangat mudah untuk diraihnya.

3. Sebagai Pendorong Untuk Lebih Kreatif

Kelebihan yang selanjutnya ini adalah sebagai pendorong untuk lebih kreatif. Dipasar persaingan tidak sempurna ini Anda dapat menemukan produk inovatif sebab hak penjual tunggal diberikan oleh pasar persaingan tidak sempurna ini dan bersifat hak paten.

Dengan ini adanya hak paten ini tentunya akan menjadi pendorong untuk melakukan produk inovatif yang membuat Anda pun semakin kreatif.

4. Berdasarkan Perkembangan

Kelebihan yang terakhir ini adalah berdasarkan perkembangan. Sebuah monopoli pasar persaingan tidak sempurna ini dapat berkembang dengan cepat. Karena hal ini dapat menjadikan pihak yang bersangkutan lebih berpikir keras supaya dapat mendapat kedudukan dalam pasar.

Kekurangan Pasar Persaingan Tidak Sempurna    

Berbanding terbalik dengan kelebihan pada pasar persaingan tidak sempurna, terdapat juga kekurangannya sehingga menimbulkan kerugian. Ada 4 kerugiannya yaitu:

1. Adanya Sebuah Permainan Harga 

Kekurangan yang pertamanya yaitu adanya sebuah permainan harga. Dapat dibilang adanya sebuah permainan harga karena dipasar persaingan tidak sempurna ini didominasi oleh satu pihak saja yang dimana hannya sedikit para penjualnya.

2. Adanya Diskriminasi Harga

Kekurangan yang kedua ini karena mayoritas dipasar persaingan tidak sempurna ini hanya memikirkan keuntungan pribadi saja.

3. Tidak Adanya Alternatif Lain

Tidak adanya alternative lain ini dapat dikatakan karena dipasar persaingan tidak sempurna.

4. Terdapat Exploitasi Konsumen      

Kelemahan yang terakhir ini adalah terdapat exploitasi konsumen.  Hal ini terjadi karena sedikitnya jumlah penjual namun terlalu banyaknya jumlah konsumen yang dimana aka terjadi exploitasi konsumen

custom-form-newsletter


Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Strategi Pemasaran yang banyak digunakan untuk merebut persaingan pasar adalah strategi pemasaran 4P yang menciptakan persaingan pasar. Pasar persaingan sempurna ini adalah pasar yang memenuhi sebuah syarat terbentuknya sebuah pasar.

Pasar persaingan sempurna ini tidak jauh beda dengan pasar lainnya dalam kegiatan ekonomi. Namun pasar persaingan sempurna pun mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti:

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

Pemasaran yang baik menciptakan pasar persaingan yang sempurna. Berikut ini terdapat 5 kelebihan pasar persaingan sempurna, seperti :

1. Menghindari resiko persaingan bisnis yang tidak sehat.

2. Harga produk dipasar cenderung stabil.

3. Menghindari  resiko persaingan harga karena penjual dan pembeli tidak dapat mengontrol harga produk.

4. Informasi tentang pasar tersebut jelas untuk mencegah kecurangan dalam pasar.

5. Dapat memanfaatkan sumber daya secara efisien.

Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Jika diatas adalah kelebihannya, berikut ini adalah kelemahan pasar persaingan sempurna tersebut, seperti:

1. Ketidakpuasan masyarakat dengan harga produk yang berada dipasaran.

2. Membuat penjual dan perusahaan mendapatkan untung yang sedikit.

3. Tidak adanya kreatifitas dari penjual atau perusahaan.

4. Tidak adanya keadilan dalam memanfaatkan sumber daya karena hanya yang mempunyai modal besar yang mendapat sumber daya lebih banyak produk sangat terbatas karena bersifat homogen.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Contoh kasus dari pasar persaingan sempurna adalah ketika Anda pergi ke sebuah pasar untuk membeli seperempat daging dengan harga Rp. 30.000, kemudian Anda berkeliling dan menanyakan kepada penjual daging berapa harga seperempat daging.

Pastinya Anda akan mendapatkan harga yang sama. Karena di pasar persaingan sempurna ini harga dan kuantitas yang ditawarkan tersebut pastinya akan sama. Namun dipasar persaingan sempurna ini tidak mudah ditemukan contohnya yang kongkret pada industri apapun.

Perbedaan Antara Pasar Persaingan Sempurna Dan Tidak Sempurna

Setelah membahas tentang kelebihan dan kekurangan tersebut, berikut ini ada perbedaan yang signifikan sebagai bahan pembanding untuk memutuskan jenis pasar apa saja yang termasuk Pasar Persaingan Sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, yaitu :

1. Pasar Persaingan Sempurna mayoritas saat ini akan tidak mudah ditemukan didunia nyata. berbanding terbalik dengan Pasar Persaingan Tidak Sempurna adalah situasi sering ditemukan di dunia nyata ini.

2. Pelaku pasar yang pada pasar persaingan tidak sempurna lebih banyak dari pasar persaingan sempurna.

3. Sifat produk pada pasar persaingan sempurna ini adalah homogen atau dapat disebut penjual menghasilkan produk yang sama. Namun di pasar persaingan tidak sempurna produk yang ditawarkan penjual dapat berbeda-beda atau bisa juga homogen.

4. Pada pasar persaingan tidak sempurna tegolong sepi pengunjung dapat keluar dan masuk pasar dengan mudah. Sedangkan pada pasar persaingan tidak sempurna sangatlah ramai oleh konsumen sehingga agak berdesakan untuk keluar dan masuk pasar.

5. Dalam segi harga pada pasar persaingan sempurna tidak sedikit yang bilang jika perusahaan tidak mempengaruhi harga suatu produk (price taker). Namun dalam pasar persaingan tidak sempurna, perusahaan dapat mempengaruhi harga produk (price maker).

Untuk para pebisnis pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna, sebaiknya Anda pun tidak lupa untuk memikirkan pengelolaan keuangan yang rapih dan baik yang sangat penting untuk dilakukan.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel bisa digunakan dan cocok pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Berawal dari rumitnya membuat sebuah pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, Harmony Smart Accounting Solution kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pebisnis dinamis dalam membantu mereka melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/