Harmony Blog

Rekening Koran : Pengertian dan Fungsinya Bagi Perusahaan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

rekening koranPin

Para pebisnis yang cermat identik dengan memikirkan kondisi finansialnya. Kondisi finansial bisa dilihat di dalam laporan keuangan yang rapi dan baik. Dahulu kala sebelum kemajuan teknologi berkembang seperti sekarang ini, mayoritas masyarakat jika ingin mengetahui transaksi terjadi di akun banknya, mereka rela antri begitu panjang hanya untuk melakukan pencetakan transaksi keluar dan masuknya di rekening akun bank mereka. Hal tersebut yang dinamakan dengan rekening koran.

Lalu, Apa Manfaat dan Fungsi Rekening Koran Bagi Perusahaan atau Bisnis Anda?

Dengan mengetahui definisi dan fungsi rekening koran, maka Anda dapat mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda dengan lebih optimal.

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening giro, dapat berupa rekening milik individu maupun rekening milik badan usaha. Informasi yang dilampirkan pada sebuah rekening koran yang tercetak adalah rincian detail terkait alur debit dan alur kredit termasuk dari hasil dana yang masuk dan dana yang keluar pada rekening akun bank yang Anda gunakan.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Mungkin ada yang bertanya, apa bedanya dengan rekening tabungan? Sekilas memang memiliki fungsi yang sama namun ada perbedaan dari rekening koran dan rekening tabungan.

Rekening Tabungan adalah salah satu produk bank yang diberikan kepada nasabah dengan nilai transaksi yang tidak terlalu besar, karena sesuai definisinya untuk menabung, transaksi dalam rekening tabungan tidak diperlukan cek maupun bilyet giro dalam transaksinya. Sedangkan Rekening Giro adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perorangan atau badan usaha, dan dapat ditarik kapan saja dengan menggunakan cek atau bilyet giro. Sudah tahu bedanya kan?

Setelah kita mengetahui pengertian dan definisi rekening koran, Anda bisa mengetahui fungsi dari rekening koran tersebut, dan bagaimana penerapannya untuk bisnis dan Perusahaan Anda. Namun untuk lebih jelas, dibawah ini akan dibahas secara detail mengenai fungsi-fungsinya.

4 Fungsi Rekening Koran

Berikut ini ada 4  fungsi rekening koran yang bisa menjadi referensi pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

1. Sebagai Persyaratan Dalam Pengaplikasian Pinjaman

Semakin berkembangnya sebuah perusahaan dan bisnis, maka semakin banyak dibutuhkan modal usaha untuk melakukan ekspansi bisnis tersebut. Namun terkadang para pebisnis biasanya akan mengalami kesulitan dalam mendapatkan modal pinjaman jika tidak disertai catatan finansial yang rapi. Karena untuk mengajukan pinjaman modal membutuhkan syarat yang dikeluarkan oleh pihak bank, seperti catatan finansial yang rapi dan dapat terbaca oleh pihak bank. Salah satu cara memiliki catatan finansial yang rapi tersebut dapat menggunakan rekening koran sebagai referensinya.

2. Sebagai Alat Komparasi Transaksi Dan Pengauditan dalam Berbisnis

Salah satu hal penting dalam fungsi rekening koran adalah agar anda dapat melakukan pengecekan secara langsung, antara pengelolaan pembukuan keuangan yang dilakukan staf keuangan Anda dengan histori transaksi yang terjadi pada akun rekening bank yang digunakan pada perusahaan atau bisnis Anda. Jika terdapat kekeliruan dan kesalahan, maka Anda bisa langsung menemukannya dan bisa diperbaiki oleh staf keuangan Anda. Proses ini sering disebut oleh para pebisnis dengan sebutan rekonsiliasi.

3. Sebagai Bukti Hukum atas Transaksi

Apa hubungannya antara bukti hukum dengan rekening koran? Terkadang transaksi yang dilakukan di sebuah marketplace dan distributor untuk perusahaan atau bisnis Anda, terjadi sedikit masalah, apabila Anda melakukan transaksi, lantas marketplace atau distributor Anda tidak mengakui transaksi tersebut, Anda diminta untuk melampirkan pembayaran yang dilakukan atas transaksi tersebut, maka rekening koran bisa dijadikan alat bukti pembayaran yang kuat untuk transaksi yang telah dilakukan.

4. Sebagai Persyaratan Pengajuan Visa

Apakah rekening koran bisa menjadi sebagai referensi dalam pengajuan visa kunjungan ke negara-negara di luar negeri? Apabila Anda atau staf Anda mengharuskan adanya perjalanan dinas ke luar negeri sebagai referensi untuk pengembangan bisnis/perusahaan Anda, atau mungkin Anda ingin melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa perusahaan lain di luar negeri, Anda harus menyiapkan beberapa dokumen-dokumen untuk melakukan perjalanan ke luar negeri tersebut. Selain paspor, Anda juga mengharuskan guna memiliki Visa untuk kunjungan di beberapa negara sebagai alat identitas Anda.

Namun terkadang untuk mengajukan visa itu bukanlah hal yang mudah, selain membutuhkan persyaratan-persyaratan dokumentasi yang tepat, pengajuan visa tersebut juga belum tentu langsung dapat disetujui. Untuk memperkuat persyaratan pengajuan Visa tersebut, anda membutuhkan rekening koran sebagai peranan dan bukti jika Anda memiliki dana yang cukup jika akan melakukan kunjungan ke negara tersebut.

Setelah Anda mengetahui fungsi dan peranannya dalam bisnis Anda, saatnya Anda dapat mengetahui syarat untuk mengetahui dan mendapatkannya pada akun rekening bank yang Anda gunakan.

Cara Mendapatkan Rekening Koran

Untuk cara manual mendapatkannya, Anda dapat mengunjungi cabang bank pembukaan rekening tabungan yang Anda miliki atau bisa mengunjungi cabang bank terdekat. Namun hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama mengingat Anda harus melakukan antrian di bank tersebut jika nasabah bank tersebut cukup banyak. Namun seiring perkembangan teknologi banyak beberapa bank yang telah menggunakan internet banking, mobile banking atau sms banking sebagai media penyampaiannya.

Namun ada cara lain yang lebih mudah dan praktis untuk mengetahui rekening koran Anda tersebut sekaligus. Terlebih lagi Anda bisa langsung melakukan pencatatan laporan keuangan bisnis Anda ke dalam satu sistem akuntansi tanpa perlu repot harus ke bank, atau menggunakan internet banking pada rekening tabungan yang digunakan.

Dengan Software Akuntansi Harmony Anda dapat melihat rekening koran setiap kali ada transaksi yang terjadi, baik menerima dana di rekening tabungan tersebut maupun transaksi keluar yang terjadi. Benefit tersebut bisa Anda nikmati pada salah satu keunggulan Software Akuntansi Harmony dengan nama One Feed atau yang biasa disebut Rekonsiliasi Bank Otomatis.

Daftarkan diri Anda segera untuk menikmati benefit tersebut serta menikmati kemudahan layanan lainnya dalam pembukuan keuangan dalam satu aplikasi. Daftar sekarang, nikmati GRATIS 30 HARI dengan mendaftar klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK