Harmony Blog

Pengertian Rekonsiliasi Bank dan Cara Otomatis Melakukannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Rekonsiliasi Bank Harmony SoftwarePin

Sebagian besar pebisnis membuat bank account atas nama perusahaannya yang berfungsi menyimpan uang dan mengontrol transaksi keuangan atau jual beli yang dilakukan untuk mengendalikan arus kas di perusahaannya. Untuk mengetahui informasi dan mencatat transaksi secara berkala tersebut dibutuhkan rekonsiliasi bank agar proses lebih mudah. Dalam Artikel ini akan dibahas secara lebih lengkap.

Rekonsiliasi Bank secara manual sulit dan membutuhkan ketelitian yang tinggi untuk dapat melakukannya, dengan teknologi ada cara mudah dan efisien melakukan rekonsiliasi bank secara otomatis

Harmony Smart Accounting Solution

Apa alasan Rekonsiliasi Bank sangat penting untuk para pebisnis di perusahaannya?

Terkadang dengan membuat bank account justru dapat menimbulkan masalah adanya perbedaan dan selisih jumlah uang yang tercatat di bank dengan pembukuan transaksi di perusahaan yang disebabkan karena adanya biaya – biaya administrasi serta pembagian bunga dari bank yang luput dari pencatatan akuntan perusahaan. Oleh karena itu diperlukan metode pencatatan kas yang dapat menyesuaikan saldo uang di bank dan saldo uang di perusahaan. Metode ini yang biasa disebut dengan rekonsiliasi bank.

Di zaman yang serba maju ini, kemungkinan kecil para pebisnis yang masih menempatkan dana kas besar mereka di perusahaan, dan mereka biasanya hanya menyimpan kas kecil (pettycash) nya  saja diperusahaannya.

Pengertian Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank adalah proses pencocokan antara informasi pencatatan keuangan menurut bank dan perusahaan secara berkala. Jika perbedaan dihasilkan dari transaksi yang belum dicatat bank, maka catatan perusahaan dianggap benar. Sebaliknya, jika perbedaan dihasilkan dari kesalahan dalam catatan perusahaan dan catatan bank, maka diperlukan penyesuaian. Lantas untuk mengetahui cara melakukan rekonsiliasi yang baik, dibawah ini akan dibahas lebih detail.

Jenis Rekonsiliasi Bank dan Langkah untuk Melakukan Rekonsiliasi Bank

Untuk memulai sebuah proses rekonsiliasi bank, sebelumnya Anda harus mengetahui bahwa untuk melakukan proses ini terdapat dua jenis, dilakukan secara manual, maupun dilakukan secara otomatis . Untuk melakukan proses rekonsiliasi secara otomatis membutuhkan software akuntansi online seperti Harmony yang dapat membantu Anda, berikut alasan penting memilih software akuntansi online Harmony untuk bisnis Anda. Untuk melakukan rekonsiliasi bank manual dan otomatis seperti ini cara yang harus Anda ketahui :

Langkah dan Cara melakukan Rekonsiliasi Bank Secara Manual

Untuk membuat suatu rekonsiliasi bank dibutuhkan langkah-langkah yang tepat, dan berikut ini adalah langkah yang tepat untuk melakukan secara manual, yaitu :

1. Melakukan Perbandingan Saldo Kas Perusahaan dan Rekening Bank

Untuk melakukan perbandingan ini membutuhkan analisa pada rekening koran yang didapatkan setiap bulan. Dan untuk rekening koran tersebutlah yang nanti akan dikomparasi dengan kas-kas yang dicatat staf accounting Anda.

2. Melakukan Pembukuan Transaksi Yang Terjadi di Bank

Biasanya saat ini seluruh data transaksi yang terjadi di rekening bank Anda sudah bersifat digital yang mana telah disesuaikan dengan yang terjadi di rekening koran. Namun, disarankan anda tetap bisa melakukan pengecekan dengan berpatokan pada rekening koran yang Anda terima.

3. Melakukan Pelacakan Transaksi Yang Masih Diproses (On Going Transaction)

Memang untuk melakukan kecocokan antara catatan keuangan di bank dengan catatan yang perusahaan Anda miliki akan sangat sulit sekali. Semua itu bisa terjadi karena disebabkan karena kemungkinan adanya keterlambatan pelaporan setoran.  Namun hal tersebut hanya masih dalam proses saja, untuk itu Anda atau staf Anda perlu adanya penelusuran lebih lanjut dengan cara mengkonfirmasi kejelasan hal tersebut.

4. Menciptakan Lembar Kerja Perhitungan Selisih

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah menciptakan lembar kerja yang berfungsi untuk menghitung selisih, yang artinya proses serta hasil penghitungan yang telah dilakukan bisa diletakkan di lembar kerja tersebut.

5. Check and Recheck

Langkah yang terakhir namun tidak kalah penting lainnya adalah dengan melakukan penelusuran kembali atas data yang telah dirubahkan tersebut untuk memastikan tidak ada lagi keganjilan yang terjadi.

Langkah dan Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank secara Otomatis

Melakukan rekonsiliasi secara manual terbilang hal yang sulit dilakukan dan membutuhkan ketelitian yang tepat agar tidak terjadi kesalahan dan keselisihan nominal yang terjadi pada pembukuan anda tersebut. Ada hal lain yang dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, yaitu dengan menggunakan Software Akuntansi Harmony. Dalam Software Harmony ada 3 cara untuk melakukan rekonsiliasi, yaitu dengan cara Automatch, Cari Transaksi, dan Buat Transaksi.  

1. Rekonsiliasi Bank Secara Otomatis dengan cara Automatch

Proses ini terbilang mudah, karena Anda tidak perlu lagi melakukan pelacakan transaksi, dan lain-lain seperti yang dilakukan pada saat anda melakukan rekonsiliasi secara manual. Pada proses rekonsiliasi bank menggunakan Harmony Smart Accounting Solution anda cukup mensinkronisasikan internet banking anda yang hanya dilakukan satu kali saja untuk bisa sistem Harmony membaca transaksi rekening koran yang berjalan setelahnya, dan menginformasikan data transaksi yang terjadi di akun bank Anda tersebut. Setelah itu sistem akan memberitahukan kepada Anda dari hasil pencocokan oleh sistem yang dibaca berdasarkan unggahan invoice transaksi yang dilakukan. Cek kembali transaksi tersebut, jika keduanya cocok, anda tinggal melakukan penyetujuan atas kedua transaksi tersebut dan selanjutnya sistem akan memasukkan ke dalam laporan keuangan secara langsung

2. Rekonsiliasi Bank Secara Otomatis dengan cara Mencari Transaksi

Cara ini terbilang sedikit membutuhkan perhatian, karena Anda diharuskan untuk mencari transaksi yang sudah Anda buat di sistem Harmony, jika tidak ada transaksi yang cocok menurut sistem Harmony. Anda tinggal memilih beberapa transaksi yang sudah pernah Anda buat tersebut, pastikan nilai total transaksi dengan nilai mutasinya sudah sama, dan silakan simpan di sistem Harmony untuk melanjutkan rekonsiliasi.

3. Rekonsiliasi Bank Secara Otomatis dengan cara Buat Transaksi

Selain melihat transaksi yang sudah Anda input di sistem Harmony, Anda juga bisa sambil membuat transaksi tersebut, dan melakukan proses rekonsiliasi bank yang proses penyesuaiannya dapat dilihat dari transaksi rekening koran pada bank Anda. Untuk mengetahui prosesnya lebih detail, Anda dapat ke halaman buku panduan Harmony : Cara Melakukan Rekonsiliasi Otomatis Harmony.

Bagaimana, apakah caranya cukup mudah? Begitulah manfaatnya menggunakan sistem Harmony Smart Accounting yang dapat Anda gunakan dalam proses rekonsiliasi bank pada transaksi perusahaan Anda. Untuk menikmati benefit tersebut Anda cukup mendaftarkan diri Anda dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunaannya disini. Anda juga bisa menyaksikan Bagaimana para pebisnis dapat mengembangkan bisnisnya lebih cepat lewat event tahunan FinTax Fair. Silakan coba Harmony sekarang dan rasakan perbedaannya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony