Harmony » Blog » 

Mengenal Neraca Komparasi, Fungsi dan Contohnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juli 28, 2020

Salah satu bagian terpenting dalam laporan keuangan adalah neraca komparasi. Pebisnis harus melihat minimal dua tahun terakhir neraca perusahaan dan membandingkan perbedaan antara keduanya untuk mengembangkan Pernyataan Arus Kas.

Neraca komparasi disajikan dalam format standar tertentu sehingga dapat dengan mudah dibandingkan.

Untuk menganalisis laporan keuangan suatu bisnis juga diperlukan lebih banyak informasi mengenai laporan dan komponen neraca. Akuntansi merupakan bidang yang penting untuk dikuasai dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan memahami akuntansi, maka Anda dapat menyusun keuangan yang akurat, sehingga Anda dapat mengetahui kondisi bisnis yang terkini.

Neraca Komparasi artinya menjadi sebuah metode untuk membandingkan neraca keuangan saat ini dengan neraca tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, tren keuangan dari waktu ke waktu dapat diidentifikasi. Neraca komparasi dibutuhkan untuk menyajikan informasi tentang aset, kewajiban dan ekuitas pada beberapa titik waktu. Misalnya, dalam waktu tiga tahun terakhir atau lima tahun terakhir.

Dalam format laporan perusahaan terbuka, neraca komparasi disajikan selama dua periode, meskipun untuk kasus tertentu, bisa lebih dari dua periode.

Pengertian Neraca Komparasi

Neraca Komparasi atau laporan keuangan komparatif merupakan laporan yang dibuat untuk melakukan perbandingan antar elemen (laporan keuangan) yang sama untuk beberapa periode yang berurutan.

Metode analisis laporan keuangan komparatif bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang arah dan kecenderungan (tendensi) tentang perubahan yang mungkin akan terjadi pada setiap elemen laporan keuangan di masa yang akan datang. Selain itu, Informasi hasil analisis komparatif bermanfaat untuk memprediksi tentang kemungkinan yang akan terjadi pada setiap elemen laporan keuangan di masa yang akan datang.

Dalam contoh laporan analisis keuangan, terdapat beberapa hal lain yang mungkin dapat dibandingkan, misalnya neraca saldo, neraca lajur, arus kas, dan sebagainya.

Fungsi Neraca Komparasi

Fungsi dilakukannya perbandingan laporan keuangan atau analisis komparatif perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Untuk mengetahui perubahan-perubahan berupa kenaikan atau penurunan pos-pos laporan keuangan dalam dua atau lebih periode yang saling dibandingkan.

2. memperoleh data yang dapat mendukung keputusan yang akan diambil oleh pihak-pihak  yang berkepentingan.

3. Menentukan cara setiap bentuk laporan keuangan berubah, baik menguntungkan atau tidak.

4. Memberikan gambaran terhadap kemajuan secara periodik yang dilakukan pihak manajemen perusahaan yang bersangkutan.

5. Dapat menyajikan data historis yang menyeluruh dari data yang ada

6. Membantu para manajer untuk mengetahui sifat dan tendensi/kecenderungan perubahan yang terjadi dalam perusahaan.

7. Mengetahui keseimbangan neraca saldo perusahaan

Baca Juga: 4 Karakteristik Laporan Keuangan Yang Harus Anda Tahu

[elementor-template id="26379"]


Contoh Analisis Komparatif Laporan Keuangan

Contoh analisis laporan keuangan secara sederhana bisa dibuat dengan format yang beragam, baik secara vertikal maupun horizontal. Namun ada unsur penting yang tidak bisa dilewatkan, seperti aset lancar dan aset tidak lancar perusahaan dalam 2 atau lebih periode.. Berikut ini contoh analisis perbandingan keuangan:

Tabel Neraca Komparasi

PT. Unggul Utama Unitex

31 Desember 2018 & 2019



Setelah Anda tahu mengenai neraca komparasi, fungsi dan contohnya, saatnya bagi Anda untuk memanfaatkannya dalam mengembangkan bisnis. Anda tidak perlu melakukan secara manual, namun saat ini Anda dapat menggunakan software yang terintegrasi seperti Software Akuntansi Harmony.

Harmony dapat membantu Anda dalam mencatat, menganalisis, dan mengatur laporan komparatif keuangan dan laporan akuntansi bisnis lainnya dengan mudah dan berbagai fitur atau layanan yang ditawarkan.

Tidak hanya itu, Harmony Accounting Software dapat membuat dan menampilkan laporan keuangan secara lengkap, terperinci, dan terintegrasi dengan bagian akuntansi. Sangat mudah digunakan, oleh para pengguna yang masih pemula atau tidak memiliki keahlian dalam akuntansi atau IT sekalipun.

Apalagi yang Anda tunggu, yuk hubungi tim Harmony melalui Live Chat untuk mendapatkan Software Harmony GRATIS 30 Hari di sini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram