Harmony Blog

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Yang Harus Anda Tahu

Diupdate Feb 24th, 2021
11

SHARES

PEMBACA

perbedaan kebutuhan dan keinginanPin

Bagi hampir kebanyakan orang-orang akan sulit menentukan sebuah keinginan dan kebutuhan. Terkadang perbedaan kebutuhan dan keinginan menjadi sulit ditemukan dan ditentukan. Apalagi bagi Anda yang memiliki bisnis, untuk menghindari stagnansi dalam berbisnis, pentinya menentukan perbedaan kebutuhan dan keinginan yang harus ditunaikan.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan sebenarnya bisa ditemukan jika Anda mengetahui cara menentukannya. Untuk itu, berikut ini akan dibahas tentang apa perbedaan kebutuhan dan keinginan, dan bagaimana menentukan perbedaan kebutuhan dan keinginan tersebut bagi kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan menjadi dasar yang paling utama dalam menjalani kehidupan pribadi maupun bisnis Anda. Seimbangkan hal tersebut.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan : Pengertian

Perlunya motivasi dalam berbisnis menjadi hal yang utama, jika Anda sebagai pemilik bisnis menjadi hal utama jika Anda menyeimbangkan kebutuhan dan keinginan. Sulitnya melihat perbedaan kebutuhan dan keinginan terjadi karena kurangnya memahami secara definisi yang menjadi kebutuhan dan keinginan tersebut.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan kebutuhan? Jika dilihat dari definisinya, kebutuhan adalah seluruh barang atau jasa yang dibutuhkan manusia untuk menunjang segala aktifitas dalam kehidupan keseharian manusia tersebut.

Sedangkan keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap apapun baik barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki kewajiban untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Jenis-Jenis Kebutuhan

Bagi Anda seorang pebisnis, etika dalam berbisnis penting dalam memilih kebutuhan dan keinginan sebuah bisnis Anda. Setelah mengetahui pengertian dari kebutuhan dan keinginan, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah beberapa jenis kebutuhan yang ada.

Kebutuhan tidak akan selalu sama di lokasi, waktu dan kondisi yang berbeda. Kebutuhan orang lain di posisi yang sama dengan Anda pun belum tentu sama. Berikut adalah macam-macam jenis kebutuhan:

1. Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Jika anda pemilik bisnis model canvas, terkadang kebutuhan dalam bisnis tersebut bisa ditentukan dari  sifatnya, Ada dua sifat kebutuhan, yakni jasmani dan rohani. Jasmani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan fisik. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi atau kesehatan fisik.

Contoh kebutuhan bersifat jasmani adalah olahraga dan istirahat. Sementara itu, rohani adalah kebutuhan yang sehubungan dengan kejiwaan. Tujuannya adalah untuk memenuhi keperluan jiwa kita, seperti beribadah, rekreasi dan mengistirahatkan otak.

2. Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Waktu juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kebutuhan kita. Adapula kebutuhan berdasarkan waktu terbagi menjadi tiga, yakni kebutuhan saat ini, masa depan dan waktu yang tidak terduga sebelumnya. Kebutuhan saat ini, seperti namanya, adalah suatu hal yang tidak bisa ditunda.

Contohnya adalah kesehatan untuk menjalani operasi. Kebutuhan masa mendatang adalah kebutuhan yang membutuhkan persiapan untuk masa mendatang, seperti mempersiapkan kelahiran seorang bayi. Sementara itu, kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang datang secara mendadak, seperti pertolongan pertama setelah terjadi kecelakaan.

3. Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Kebutuhan ini dilatarbelakangi oleh subjek atau pelaku, dan memiliki 2 poin penting, yaitu individu dan kelompok. Pertama, kebutuhan individu adalah kebutuhan yang diperuntukkan bagi perorangan. Misalnya, seorang direktur membutuhkan seorang sekretaris dalam pekerjaannya.

Sementara itu, kebutuhan kelompok cenderung mengarah kepada kepentingan bersama atau masyarakat. Contohnya adalah pasar, rumah sakit, angkutan umum dan hal-hal semacamnya.

Contoh Nyata Kebutuhan dan Keinginan

Dari beberapa jenis kebutuhan dan keinginan tersebut, akan semakin memperjelas perbedaan kebutuhan dan keinginan tersebut. Namun berikut ini adalah contoh kebutuhan dan keinginan yang nyata dapat dijadikan pertimbangan dalam perbedaan kebutuhan dan keinginan, sebagai berikut:

Kebutuhan

Dalam beraktifitas Anda membutuhan makanan sebagai sumber energi. Dalam memenuhi kebutuhan makanan, kita cukup mengkonsumsi nasi putih, sayur, susu, dan lauk pauk yang dapat memberikan nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh.

Keinginan

Dalam hal makanan, tidak hanya cukup makanan yang memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, namun juga harus enak, lezat, dan banyak yang dapat meningkatkan kepuasan seseorang dalam mengkonsumsi makanan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Membuat Seimbang Kebutuhan dan Keinginan

Menyeimbangkan perbedaan kebutuhan dan keinginan itu terdengar lebih mudah dari kenyataannya. Secara teori, mungkin Anda yakin bisa menjalankannya, tapi coba Anda dihadapkan dengan sesuatu yang sangat diinginkan. Tentunya akan sulit untuk tidak tergoda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meraih keseimbangan kebutuhan dan keinginan tersebut, seperti :

1. Menghargai Apa yang Dimiliki

Setelah mengenal lebih lanjut perbedaan kebutuhan dan keinginan, Anda mungkin jadi sadar bahwa Anda telah mampu memenuhi lebih dari keinginan Anda selama bertahun-tahun, hal tersebut bisa menjadi turning point utama. Dengan menghargai apa yang dimiliki saat ini, Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pebisnis dalam menghadapi bisnisnya.

Ketika Anda sedang melihat barang yang Anda inginkan, akan sangat mudah untuk mengira bahwa Anda tidak mampu atau merasa kekurangan. Padahal, kenyataannya, sudah banyak harta benda yang Anda miliki.

Cobalah siapkan waktu untuk merenungi dan mensyukuri semua yang telah Anda miliki. Banyak sekali orang-orang di dunia ini yang berkata ingin melakukan berbagai hal, namun tidak pernah mencoba untuk mewujudkannya. Jadilah orang yang membuat hal tersebut terjadi.

2. Membuat Rencana Anggaran

Ketika Anda pergi berbelanja, selalu datang dengan rencana dan ikuti rencana tersebut. Bahkan jika itu justru memakan waktu yang lama, akan sangat bermanfaat jika kamu mengejar tujuan yang ingin kamu capai.

Rencana ini akan sangat membantu merasa berkecukupan, bukan terkekang. Anda pun akan lebih mudah fokus kepada hal-hal yang memang Anda butuhkan dan bertanggung jawab atas barang-barang atau jasa yang Anda beli. Begitu juga dengan bisnis, perlu juga membuat rencana anggaran yang termasuk dalam cara mengelola bisnis UKM.

Buatlah daftar tujuan untuk mencatat apa yang ingin Anda capai. Kemudian bagi tujuan ini menjadi task yang lebih kecil, agar Anda mendapat rancangan yang lebih spesifik untuk bisa mencapainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ponsel untuk mencatat tujuan pengeluaran dan pemasukan bulanan Anda.

Mencatat pengeluaran dan pemasukan akan sangat berguna untuk mengetahui bagaimana Anda menggunakan keuangan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dimana pengeluaran terbesarnya dan bagaimana cara mengontrolnya. Jika pengeluaran itu ternyata dianggap tidak penting, Anda jadi bisa menyadari hal itu dan menghentikannya.

Baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan perusahaan, mencatat keuangan penting hukumnya. Melalui pembukuan, Anda akan mengetahui pemakaian keuangan pribadi maupun karyawan di kantor. Tapi, tentu saja pencatatan ini bisa menguras cukup banyak waktu.

Untuk mencatat keuangan dengan baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan yang tidak hanya sekedar mencatat saja, namun sistem tersebut mampu secara fleksibel bisa digunakan dan cocok pada bisnis yang Anda jalankan saat ini. Sistem pencatatan keuangan tersebut Harmony Smart Accounting Solution.

Berawal dari rumitnya membuat sebuah pencatatan keuangan yang dibutuhkan masyarakat, Harmony Smart Accounting Solution kini sudah menjadi kebutuhan primer bagi pebisnis dinamis dalam membantu mereka melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK