Harmony Blog

Pentingnya Menggunakan Cash Flow Forecast Bagi Perusahaan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

cash flow forecastPin

Pengaruh krisis ekonomi global seperti sekarang ini sangat berpengaruh besar pada keuangan perusahaan, manajemen diminta untuk selalu dapat melakukan cash flow forecast sebagai solusi perusahaan agar tetap bertahan. Manfaat cash flow forecast sangat berarti pengaruhnya pada besarnya laba ditahan karena akan digunakan untuk membayar hutang perusahaan, modal cadangan dan bahkan untuk membiayai operasional perusahaan.

Dengan metode cash flow forecast ini sangat diperlukan oleh perusahaan karena dapat memperkirakan kondisi cash flow di masa yang akan datang.

Seperti dilansir dari media berita online cnbcindonesia.com edisi 28 April 2020 CEO Triputra Group Bapak Hadi Kasim dalam wawancaranya dengan team cnbcindonesia berpendapat “yang pasti sekarang market turun, slow jadi pasti setiap perusahaan kekurangan cash flow kecuali yang punya simpanan besar”.

Sehingga dibutuhkan cash flow forecast guna untuk mempertahankan keberlangsungan keuangan suatu perusahaan. Kali ini akan dibahas mengenai pentingnya menggunakan cash flow forecast bagi perusahaan. Simak terus artikel ini.

Pengertian Cash Flow Forecast

Adapun beberapa pengertian yang berkaitan dengan cash flow forecast, diantaranya sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, pengertian forecasting (peramalan) adalah proses membuat prediksi masa depan berdasarkan data masa lalu dan sekarang dan paling umum dengan analisis tren.

Sedangkan pengertian cash flow adalah aliran uang tunai yang nyata atau virtual. Arus kas dalam arti sempitnya adalah pembayaran (dalam mata uang), terutama dari satu rekening bank sentral ke yang lain.

Dalam konteks keuangan cash flow forecast adalah pemodelan likuiditas keuangan masa depan perusahaan atau entitas dalam jangka waktu tertentu. Uang tunai biasanya mengacu pada total saldo bank perusahaan, tetapi seringkali yang diramalkan adalah posisi treasuri yang berupa uang tunai ditambah investasi jangka pendek dikurangi utang jangka pendek.

Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa cash flow forecast adalah perkiraan atau prediksi yang terjadi pada cash flow atau arus kas suatu perusahaan yang difungsikan untuk memastikan suatu perusahaan tersebut masih memiliki dana yang cukup untuk mempertahankan keberlangsungan kegiatan operasional perusahaan.

Perusahaan bisa menggunakan metode activity based costing dalam pengelolaan transaksi uang masuk dan uang keluar dengan membantu mengurangi kesalahan dalam perhitungan penentuan harga pokok penjualan secara akurat dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Selain kesalahan penentuan harga pokok penjualan metode activity-based-costing juga dapat mengurangi kesalahan dalam perhitungan penumpukan jumlah stock barang atau dikenal dengan istilah “economic order quantity”. Hal tersebut sangat berpengaruh pada cash flow perusahaan, sehingga manajemen harus dapat membuat cash flow forecast untuk menanggulangi kondisi seperti itu.

Baca Artikel : Perbedaan Purchase Order (PO) dan Purchase Requisition (PR)

Manfaat Cash Flow Forecast

Adapun manfaat yang memberikan pengaruh mengapa cash flow forecast sangat penting bagi suatu perusahaan, diantaranya sebagai berikut:

1. Identifikasi Kekurangan Cash Flow

Dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi adanya potensi kekurangan dana atau saldo tunai pada cash flow perusahaan. Cash flow forecast ini dapat difungsikan sebagai “program peringatan dini” terhadap kondisi aktual yang terjadi pada cash flow perusahaan. Sehingga dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan cash flow perusahaan bisa diatasi dengan cepat dan akurat.

2. Pembayaran Supplier dan Karyawan Tepat Waktu

Dengan adanya cash flow forecast ini dapat memastikan perusahaan Anda depat tepat adan akurat dalam pembayaran kepada supplier maupun karyawan perusahaan itu sendiri. Hal ini tersebut dapat meningkatkan hubungan kerjasama jangka panjang yang menguntungkan dan dapat meningkatkan kinerja para karyawan pada perusahaan anda.

Hubungan dengan supplier akan terjalin semakin kuat sehingga proses produksi perusahaan akan berlangsung menguntungkan perusahaan. Jika Anda bayangkan proses produksi Anda terhenti ditengah jalan dikarenakan adanya permasalahan terutama masalah pembayaran terhadap supplier perusahaan anda.

3. Mitigasi Resiko Penundaan Pembayaran Konsumen

Dapat memitigasi atau meminilisir resiko pembayaran macet konsumen, hal tersebut dapat mempengaruhi pada keuntungan atau profitabilitas perusahaan. Semakin cepat pembayaran konsumen Anda berjalan lancar maka semakin cepat pula keuntungan perusahaan akan diperoleh untuk meneruskan proses produksi yang lainnya.

Dalam perkembangan era digital ini proses penagihan atau pengiriman invoice sudah canggih Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Harmony Solusi Bisnis dapat membantu dalam percepatan proses pengiriman invoice kepada konsumen. Sehingga konsumen akan cepat pula untuk membayar tagihan sesuai dengan jumlah yang tertera dalam invoice tersebut.

4. Meningkatkan Disiplin Perencanaan Keuangan Perusahaan

Cash flow forecast ini dapat membantu Anda mendisplinkan proses manajeman dalam perusahaan Anda dengan mempersiapkan anggaran keuangan seperti anggaran penjual, anggaran produksi, anggaran biaya bahan baku, anggaran biaya tenaga kerja langsung, anggaran overhead pabrik, anggaran persediaan, anggaran posisi keuangan dan yang paling penting yakni anggaran kas atau anggaran cash flow perusahaan.

5. Mendapatkan Kepercayaan Lebih dari Stakeholde Eksternal

Dengan pengelolaan cash flow yang baik terutama adanya cash flow forecast dapat meningkatkan kepercayaan dari stakeholder eksternal seperti pihak perbankan atau perantara keuangan. Pihak bank akan membantu Anda dalam memberikan pinjaman kredit yang tepat untuk perencanaan usaha perusahaan Anda dengan menganalisa maupun melihat dari cash flow forecast secara berkala.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Rumus Cash Flow Forecast

Adapun beberapa langkah-langkah yang dapat dijadikan sebagai rumus cash flow forecast, diantaranya sebagai berikut:

1. Tentukan Saldo Minimum Kas Perusahaan

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan saldo minimun kas dalam perusahaan. Saldo minimum dapat berfungsi sebagai patokan standar terendah pada cash flow perusahaan anda.

2. Menyusun Perkiraan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Perusahaan

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menyusun perkiraan berapa yang menjadi penerimaan kas atau uang masuk dan berapa yang menjadi pengeluaran atau uang keluar dalam cash flow perusahaan.

3. Menyusun Perkiraan Kebutuhan Dana

Anda memulai dengan membuat perkiraan berapa yang menjadi kebutuhan dana dari hutang perusahaan untuk menutupi defisit cash flow dan dapat mengembalikan pinjaman kepada pihak ketiga seperti pihak perbankan atau perantara keuangan.

4. Menyusun Ulang Penerimaan dan Pengeluaran

Dalam menyusun ulang penerimaan dan pengeluaran cash flow perusahaan, dapat Anda lakukan setelah terjadinya transaksi dan budget kas yang final. Sehingga biaya-biaya non cash seperti depresiasi atau amortisasi tidak diperhitungkan karena Anda hanya memperhitungkan transaksi tunai saja.

Berikut penjelasan mengenai pentingnya menggunakan cash flow forecast sehingga Anda dapat tetap memprediksi kondisi keuangan terutama kondisi cash flow di masa yang akan datang. Sehingga perusahaan tetap dapat menghasilkan profitabilitas dan keuntungan. Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan arus kas, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony