Harmony Blog

Apa Itu Activity Based Costing? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

activity based costingPin

Biasanya perusahaan dalam manajemen sering kali tidak memperhitungkan biaya poduksi secara akurat sehingga mengakibatkan perusahaan tidak dapat bersaing dengan perusahaan lainnya dipasaran. Dalam akuntansi manajemen perhitungan biaya produksi yang dikeluarkan biasanya menggunakan metode activity based costing.

Metode pada activity based costing dapat digunakan dalam menghitung setiap biaya berdasarkan aktivitas masing-masing dengan dasar alokasi biaya yang berbeda.

Activity based costing banyak diterapkan pada setiap perusahaan supaya perusahaan mampu menentukan harga pokok produk secara akurat dan mampu bersaing dengan perusahaan lainnya.

Dengan adanya activity based costing dapat membantu perusahaan dalam mengurangi kesalahan perhitungan penentuan harga pokok penjualan. Sehingga, activity based costing juga banyak diterapkan dan dilakukan pada setiap perusahaan.

Metode activity based costing memberikan perusahaan dalam menentukan perbedaan produk, aktivitas dan jasa yang dapat memberikan kontribusi besar kepada perusahaan dalam jangka panjang sehingga dengan menggunakan metode tersebut dapat diimplementasikan dan dikembangkan pada perusahaan.

Pengertian Activitiy Based Costing

Activity based costing merupakan suatu sistem perhitungan akuntansi yang dapat menetapkan dan mengidentifikasi biaya pada aktivitas overhead sehingga dapat menetapkan biaya tersebut kepada produk. Pada sistem actvity based costing memiliki suatu hubungan diantaranya aktvitas overhead, biaya dan produksi.

Activity based costing juga melekat pada produk yang berdasarkan aktivitas mendistribusikan dan memproduksi. Sebab perusahaan akan menghitung biaya sumber daya yang digunakan pada aktvitas kegiatan tersebut. Sehingga, perusahaan dapat menetapkan biaya-biaya yang hanya tertuju kepada produk yang sebenarnya dalam melakukan kegiatan produksi.

Menurut Para Ahli Activity Based Costing

Menurut Menurut William K. Carter(2004:496)

Suatu sistem perhitungan biaya di mana tempat penampungan biaya overhead yang jumlahnya lebih dari satu dialokasikan menggunakan dasar yang memasukkan satu atau lebih faktor yang tidak berkaitan dengan volume (non-volume-related factor).

Menurut Mulyadi (2003:25)

Sistem informasi biaya yang menyediakan informasi lengkap tentang aktivitas untuk memungkinkan personil perusahaan melakukan pengelolaan terhadap aktivitas.

• Menurut Wikipedia

Metode penetapan biaya yang mengidentifikasi aktivitas dalam suatu organisasi dan menetapkan biaya setiap aktivitas untuk semua produk dan layanan sesuai dengan konsumsi aktual masing-masing. Model ini memberikan lebih banyak biaya tidak langsung (overhead) ke dalam biaya langsung dibandingkan dengan biaya konvensional.

Pentingnya Penerapan Activity Based Costing

1. Biaya overhead pada perusahaan manufaktur dapat meningkat secara cepat atau signifikan.

2. Biaya overhead pada perusahaan manufaktur tidak harus menetapkan jam mesin atau jam kerja yang berlangsung.

3. Macam produk dapat diproduksikan dalam jumlah yang besar

4. Beberapa macam permintaan pelanggan dan jenis produk yang meningkat pada produksi.

Kelemahan Activity Based Costing

Dampak pengaruh perusahaan pada sistem activity based costing memberikan dampak dalam menentukan harga, yang harus diketahui oleh pihak manajemen perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Penerapan dalam mengimplementasi dan mengambil keputusan sangat terbilang mahal

2. Perhitungan biaya tidak termasuk kedalam biaya iklan, biaya riset dan biaya promosi.

3. Diterapkan kebijakan activity based costing mengurangi kesalahan perhitungan penumpukan stok barang (economic order quantity).

4. Laporan keuangan menggunakan metode activity based costing tidak sesuai dengan prinsip akuntansi.

5. Untuk memulai dalam mengimplementasikan diperusahaan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Keuntungan Activity Based Costing

Pada kekurangan metode activity based costing, akan tetapi perusahaan memiliki keuntungan yang sukses dalam menerapkan metode tersebut dalam produksi. Berikut ini keuntungan yang didapatkan perusahaan yaitu :

1. Penerapan metode ini dapat mempermudah perusahaan dalam mengambil keputusan.

2. Dengan pengunaan sistem ini akan menghasilkan suatu penentuan harga purchase order yang lebih baik sehingga dapat bersaing dengan pebisnis lainnya.

3. Analisis biaya activity based costing dapat diperbaiki sehingga pihak manajemen perusahaan meningkatkan volume jual rendah atas produk.

4. Menggunakan analisis biaya pihak manajemen perusahaan dapat menggunakan rekayasa ulang proses produksi untuk mencapai kualitas yang terbaik.

Baca Juga : Laba Ditahan : Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitungnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Perhitungan Pada Metode Activity Based Costing

Adanya perhitungan metode ini agar dapat memudahkan Anda dalam menerapkan ke bisnis Anda dan lebih mengerti tentang aktivitas metode akuntansi yaitu contoh kasu perhitungan sebagai berikut ini :

Pada PT. Kemilau cantik memproduksi 2 jenis barang yaitu anting dan gelang. Berikut ini data keuangan masing-masing produk dalam pengerjaannya.

Image 9Pin

Dari data diatas hasil pengidentfikasi pada manajemen dapat menunjukan aktvititas maupun biaya dianggarkan yaitu sebagai berikut :

Image 15Pin

Dari data diatas ternyata aktivitas sesungguhnya dalam pengerjaan produk barang adalah sebagai berikut :

Image 11Pin

Jadi, dalam perhitungan metode activity based costing yaitu sebagai berikut :

*Tarif Aktivitas = Jumlah Anggaran : Jumlah Aktivitas

Image 12Pin

Setelah didapatkan perhitungan tarif aktivitas, selanjutkan melakukan perhitungan biaya overhead kepada jenis produk perusahaan yaitu :

A. Produk Anting

Perhitungan:

• Total Biaya Overhead = Tarif Aktivitas x Jumlah Pengerjaan Produk Barang

• Biaya Overhead / Unit = Total Biaya Overhead ÷ Jumlah Pengerjaan

Image 13Pin

B. Produk Gelang

Perhitungan:

• Total Biaya Overhead = Tarif Aktivitas x Jumlah Pengerjaan Produk Barang

• Biaya Overhead / Unit = Total Biaya Overhead ÷ Jumlah Pengerjaan

Image 16Pin

Jadi, Perhitungan hasil biaya per-unit pada metode activity based costing yang diterapkan kedalam akuntansi yaitu sebagai berikut :

Perhitungannya :

• Biaya utama           = Biaya utama x Volume produksi

• Biaya Overhead    =  Total biaya overhead x Volume produksi

• Harga per unit       = (Jumlah biaya utama + Biaya overhead) : Unit                                                     produksi

Image 17Pin

Dengan penjelasan tersebut tentang activity based costing mulai dari penerapan hingga kelebihan maupun kekurangan bagi perusahaan.

Ketika perusahaan Anda menggunakan activity based costing, Anda sebaiknya memperhatikan pembukuan laporan keuangan mengenai biaya dan pendapatan yang sesuai secara transaksi uang keluar dan uang masuk, begitu juga pengelolaan arus kas, persediaan produksi perusahaan dan sebagainya.

Bukan hanya membantu pembukuan Anda saja, Harmony Accounting Software dapat menyusun laporan keuangan, membuat invoice secara otomatis dan mengontrol persediaan Anda.

Yuk miliki sekarang juga, dan saksikan juga bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair

Harmony akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi, konsultasikan dengan kami di live chat Harmony dan pakai fitur-fitur menarik lainnya yang bisa Anda gunakan.

Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK