Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Manufaktur Serta Contohnya
Harmony Blog
Business
Penjelasan Lengkap Sistem Informasi Manufaktur Serta Contohnya
September 14, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Perusahaan manufaktur memerlukan informasi untuk melangsungkan roda informasinya. Tanpa informasi yang akurat, perusahaan manufaktur tidak dapat menentukan kebijakan yang tepat. Oleh karena itu dalam dunia manufaktur diperlukan sistem informasi manufaktur. Sistem informasi manufaktur termasuk dalam kerangka kerja Sistem Informasi Manajemen (SIM) secara keseluruhan.

Sistem informasi manufaktur diperlukan perusahaan manufaktur untuk mencapai kinerja yang produktif tapi tetap efisien/

Pengertian sistem informasi manufaktur adalah suatu sistem berbasis komputer yang bekerja dalam hubungannya dengan sistem informasi fungsional lainnya untuk mendukung manajemen perusahaan dalam pemecahan masalah yang berhubungan dengan manufaktur produk perusahaan yang pada dasarnya tetap bertumpu pada input, proses dan output.

Tujuan sistem informasi manufaktur adalah untuk mendukung fungsi produksi yang mencakup seluruh kegiatan perusahaan seperti perencanaan dan pengendalian proses untuk memproduksi barang dan jasa. Tujuan ini juga berhubungan dengan dalam menghitung Harga Pokok Penjualan terhadap produk yang dihasilkan. Dan hasil akhirnya untuk berhubungan juga dengan penyediaan laporan keuangan dengan data yang benar.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang sistem informasi manufaktur, silahkan tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman, PT Berkah Malindo Perkasa. Perusahaan manufaktur ini berhasil merapikan laporan keuangan usahanya dengan dibantu oleh Harmony.

Ruang lingkup sistem informasi manufaktur mencakup beberapa hal yaitu :

• Sistem perencanaan manufaktur

• Rencana tenaga kerja

• Rencana produksi

• Rencana kebutuhan bahan baku

• Sistem pengendalian manufaktur

Manfaat Sistem Informasi Manufaktur

Sedangkan manfaat sistem informasi manufaktur antara lain :

1. Hasil produksi perusahaan lebih efisien dan tepat waktu karena menggunakan computer sebagai alat prosesnya.

2. Arsip perusahaan lebih terstruktur karena menggunakan sistem database.

3. Perusahaan lebih cepat dalam memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya.

4. Sistem informasi manufaktur yang berupa fisik robotik akan membuat hasil produksi semakin cepat.

Berikut adalah contoh sistem informasi manufaktur.

Sub Sistem Input

Sub sistem input terdiri dari :

1. Sistem informasi akuntansi (SIA)

Proses sistem ini adalah mengumpulan data intern yang menjelaskan antara operasi manufaktur dan data di lingkungan yang berhubungan dengan transaksi perusahaan dengan supplier.

2. Sub sistem industrial engineering (IE)

Sistem Industrial Engineering adalah sistem yang terlatih khusus mempelajari mengenai operasi manufaktur dan membuat saran perbaikan. Industrial Engineering meliputi data khusus dari dalam perusahaan yang menetapkan waktu proses yang dibutuhkan untuk suatu produksi.

3. Sub sistem intelijen manufaktur

Sub sistem intelijen manufaktur bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan terakhir tentang sumber-sumber material, mesin dan pekerja.

custom-form-newsletter


Sub Sitem Output

Sub sistem output adalah informasi yang di peroleh dari hasil pengolahan data dari bagian poduksi, persediaan dan kualitas. Sub sistem output terdiri dari :

1. Sub sistem produksi

Sub sistem produksi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses di setiap bagian kerja atau departemen yang mengukur produksi.

2. Sub sistem persediaan

Sub sistem persediaan memberikan data jumlah stok, biaya holding, safeti stock dan hal lain berdasarkan hasil pengolahan data dari input. Fungsi sub sistem persediaan adalah untuk mengukur volume aktifitas produksi dan persediaan yang diubah dari bahan mentah menjadi bahan jadi.

3. Sub sistem kualitas

Sub sistem kualitas adalah semua hal yang berkaitan dengan kualitas, biaya, waktu, performa kerja, atau pemilihan supplier. Fungsi sub sistem kualitas adalah bisa mengukur kualitas material saat diubah.

4. Sub sistem biaya

Sub sistem biaya berguna untuk mengukur biaya yang terjadi selama aktivitas produksi. Unsur pengendalian biaya digolongkan menjadi dua, yaitu standar kerja yang baik dan sistem untuk melaporkan kegiatan secara rinci saat terjadi proses produksi yang akurat.

Melihat proses sistem informasi manufaktur diatas bisa disimpulkan bahwa komputerisasi ataupun aplikasi sangat penting dalam proses produksi. Aplikasi juga penting digunakan dalam merapikan pembukuan keuangan usaha agar siklus akuntansi perusahaan manufaktur bisa berjalan dengan lancer. Untuk pembukuan perusahaan manufaktur Anda, gunakan Harmony Accounting Software.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun. Harmony juga memiliki fitur simple manufacturing yang bisa membantu proses manufaktur di perusahaan Anda.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi.. yuk coba Harmony GRATIS 30 Hari disini.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/