Pengertian Work in Process Dalam Perusahaan Manufaktur
Harmony Blog
Business
Pengertian Work in Process Dalam Perusahaan Manufaktur
September 9, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Banyak istilah yang digunakan dalam dunia usaha termasuk di perusahaan manufaktur. Anda pasti pernah mendengar istilah seperti finished goods atau work in process (WIP) bukan? Jika finished goods adalah  barang atau produk jadi maka work in process perusahaan manufaktur merupakan pekerjaan atau barang yang dalam proses atau setengah jadi.

Work in process di perusahaan manufaktur merupakan bagian dari proses produksi sebelum menghasilkan produk jadi untuk dijual kepasaran.

Work in process perusahaan manufaktur menginformasikan bahwa produk tersebut masih dalam proses produksi. Hasil akhir dari work in process perusahaan manufaktur adalah produk jadi yang untuk dijual oleh perusahaan. Contoh barang dalam proses adalah kacang yang belum masuk kemasan, roti yang sedang dipanggang, pembuatan mobil yang belum dipasang pintunya dan lain sebagainya.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang work in process perusahaan manufaktur, yuk tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman yaitu PT Berkah Malindo Perkasa yang berhasil mengembangkan usahanya dengan bantuan Harmony Accounting Software.

Apabila Anda mau memiliki usaha yang berkembang seperti PT Berkah Malindo Perkasa tetapi tidak memiliki karyawan yang kompeten dalam membuat laporan keuangan, Anda bisa menggunakan perusahaan yang menyediakan jasa tersebut. Lihat disini untuk informasi lebih detail. Kenalan juga dengan Harmony dengan mengikuti media sosialnya Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Dalam proses akuntansi maka work in process perusahaan manufaktur merupakan salah satu bagian dalam proses Perhitungan Harga Pokok Penjualan. Dalam pencatatan akuntansi perusahaan manufaktur disebutkan juga bahwa ada 3 jenis persediaan, yaitu :

1. Raw Material atau Bahan Mentah

Bahan mentah atau Raw Material adalah bahan utama yang dibutuhkan dalam proses produksi perusahaan manufaktur menjadi barang konsumsi yang siap dijual.

2. Work in Progress atau Barang Setengah Jadi

Sebelum barang jadi tersedia ada proses dimana barang mentah harus diolah dulu menjadi barang setengah jadi. Secara sederhana work in progress adalah barang yang ada dalam proses produksi dan sudah diolah satu atau beberapa kali.

Baca juga : Contoh Praktis Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

custom-form-newsletter


3. Finished Goods atau Barang Siap Jual

Finished goods adalah barang yang telah melalui proses produksi dan siap dijual kepasaran.

Ketiga jenis persediaan itu harus tercatat rapi dalam pembukuan perusahaan agar bisa dikontrol dari kehilangan serta untuk keperluan penyajian laporan keuangan perusahaan yang valid. Laporan keuangan yang dimaksud antara lain Neraca, Laporan Laba Rugi, Cash Flow, Laporan Perubahan Modal dan lain sebagainya.

Barang work in process perusahaan manufaktur memiliki fungsi yaitu :

• Membedakan nilai persediaan pada proses akuntansi. Barang work in process atau setengah jadi harus memiliki nilai sendiri dan dibedakan dengan barang mentah dan barang jadi. Jadi jika membutuhkan laporan tentang jumlah barang work in process maka akan langsung tersedia.

• Penanda bahwa barang work in process masih ada didalam proses produksi dan masih harus melewati beberapa proses produksi .

Seacara umum work in process perusahaan manufaktur memiliki rumus dalam persentase (%) dan rupiah (Rp). Rumus work in process perusahaan manufaktur tersebut adalah :

Rumus % WIP = (Volume Yang Sudah Dikerjakan : Total Pekerjaan) x 100%

Rumus (Rp) WIP = % WIP x Nilai Total Pekerjaan

Tentu saja perhitungan work in process perusahaan manufaktur akan lebih gampang jika tidak dilakukan secara manual tapi menggunakan software akuntansi. Dengan menggunakan software akuntansi maka Anda tidak dipusingkan dengan membuat rumus perhitungan work in process perusahaan manufaktur tersebut. Dan dengan menggunakan software akuntansi, siklus akuntansi perusahaan manufaktur lebih mudah dijalankan.

Gunakan software akuntansi yang berbasis cloud atau disebut juga software akuntansi online agar Anda bisa diakses dimanapun dan kapanpun.  Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi, Yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/