Harmony » Blog » 

Pemasaran Global (Global Market) - Arti, Manfaat, Contoh dan Faktornya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Januari 15, 2021

Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, dunia ekonomi seolah menjadi tanpa batas antar negara. Hal itu menyebabkan pemasaran global menjadi tren di sebagian besar negara termasuk Indonesia.

Para pebisnis berusaha memperluas target pasar dengan menjual produknya ke luar negeri. Lantas, apa arti dan manfaat pemasaran global? Seperti apa contoh dan faktor utamanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pemasaran global membawa banyak manfaat positif untuk pelaku usaha dan masyarakat suatu negara.

Pengertian Pemasaran Global

Secara sederhana, pengertian pemasaran global adalah suatu strategi pemasaran yang dilakukan dan diikuti oleh banyak negara di dunia. Jadi pemasaran global merupakan kegiatan ekonomi yaitu jual beli produk dalam global market yang dilakukan oleh masyarakat dunia.

Sedangkan menurut para ahli yaitu Philip Kotler & Kevin Lane Keller, pemasaran global adalah suatu upaya dalam mengutamakan seluruh sumber daya yang meliputi sumber daya manusia, aset fisik atau modal dana, dan berbagai tujuan perusahaan lainnya demi menindaklanjuti ancaman pasar global dan untuk meraih potensi yang sama di pasar global.

Dari kedua pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa pemasaran global adalah sesuatu yang penting dan tidak bisa dihindari karena merupakan tuntutan perkembangan zaman dan pola bisnis masyarakat dunia.

Perusahaan yang masuk dalam global market harus mempunyai manajemen pemasaran internasional sebagai salah satu modal untuk meniti kesuksesan dalam perdagangan antar banyak negara tersebut.

Manfaat Pemasaran Global

Beberapa manfaat pemasaran global yang bisa diperoleh, antara lain :

1. Pertumbuhan Ekonomi

Manfaat pemasaran global yang pertama adalah pertumbuhan ekonomi suatu negara akan meningkat. Pertumbuhan ekonomi bergantung pada kegiatan jual beli masyarakatnya. Karena pemasaran global memberikan kesempatan yang lebih besar dalam menciptakan transaksi jual beli, maka hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

2. Dapat Meningkatkan Kompetensi Pelaku Usaha

Manfaat pemasaran global berikutnya yaitu bisa meningkatkan kompetensi pelaku usaha yang menjalankannya. Dalam strategi pemasaran global, pelaku usaha dituntut untuk selalu kreatif, mencari ide dan strategi dalam menjual produknya ke konsumen global.

Pelaku usaha harus berpikir keras dan cerdas bagaimana menjual produknya, termasuk strategi pemasaran 4P, menjalin hubungan baik dengan distributor di negara lain, menguasai ilmu tentang ekspor impor dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini akan membuat pelaku usaha terus berusaha mengeluarkan kemampuan terbaiknya sebagai individu maupun dalam kerjasama tim.

3. Menghasilkan Produk yang Lebih Berkualitas

Manfaat pemasaran global lainnya yaitu akan menghasilkan produk yang berkualitas. Kompetisi yang terjadi memaksa perusahaan yang terlibat dalam global market menerapkan strategi pemasaran global yang efektif dan salah satunya adalah dengan menciptakan produk yang berkualitas untuk menarik perhatian konsumen. Hal ini akan membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan terhadap produk khususnya produk yang berkualitas tinggi sehingga kehidupan mereka juga menjadi lebih baik.

4. Bertahan Hidup dan Kesempatan Kerja

Maksudnya adalah pemasaran global bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat serta bisa menciptakan kesempatan untuk hidup lebih baik. Karena pada prinsipnya, hampir tidak ada satu negarapun di dunia ini yang bisa memenuhi kebutuhan penduduknya secara sempurna baik itu dari kebutuhan pokok, sumber daya alam maupun teknologi. Selain itu, pemasaran global berdampak pada eksistensi dan perkembangan perusahaan yang melakukannya serta membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat suatu negara.

Baca juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Pasar Persaingan Sempurna

5. Meningkatkan Selera Masyarakat

Pemasaran global juga bermanfaat dalam terjadinya peningkatan selera masyarakat. Salah satu strategi pemasaran global yang dilakukan perusahaan penjual adalah memproduksi produk yang sesuai dengan selera masyarakat suatu negara. Apabila produk yang ditawarkan sesuai selera masyarakat maka penjualannya akan lebih mudah dan cenderung sukses sehingga perusahaan bisa terus berkembang.

Contoh Pemasaran Global

Beberapa contoh pemasaran global yang mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar atau mengetahuinya :

a. Microsoft yang sudah menjual produknya ke hampir semua negara di dunia.

b. Samsung yang memasarkan produk elektronik seperti televisi, mesin cuci dan lain sebagainya ke banyak negara.

c. Indofood yang sudah mengekspor produk mereka yaitu Indomie ke beberapa negara.

d. Perusahaan Jepang dan China yang banyak menjual produk sayuran dan buah-buahan ke negara Asia dan sekitarnya.

e. Kerajinan tangan dari Indonesia yang sudah dipasarkan ke negara-negara Eropa.

Selain itu, masih banyak contoh pemasaran global lainnya baik itu berupa produk fisik, software atau lainnya. Kemudahan yang diberikan oleh internet memudahkan pelaku usaha memasarkan produk mereka ke global market baik melalui pemasaran langsung maupun tidak langsung.

[elementor-template id="26379"]

Faktor Utama Pendorong Pemasaran Global

Secara umum, ada 6 faktor yang mendorong terjadinya pemasaran global, yaitu :

1. Perbaikan Komunikasi dan Transportasi

Terjadinya perbaikan sektor komunikasi dan transportasi membuat pemasaran global semakin mudah dilakukan. Misalnya dalam berkomunikasi pelaku usaha bisa melakukan melalui email, video conference, aplikasi messenger dan lain sebagainya yang sangat memudahkan dalam bertransaksi. Sedangkan perbaikan transportasi seperti pengaspalan jalan, penambahan pelabuhan, pembuatan tol laut dan lain sebagainya akan meningkatkan aktvitas pemasaran global.

2. Teknologi

Kemajuan teknologi yang pesat seolah membuat antar negara menjadi tanpa batas. Teknologi juga bersifat universal yaitu bisa dilakukan di semua negara dan lapisan masyarakat. Pengaplikasian teknologi dalam industri, kebutuhan masyarakat, gaya hidup, kebutuhan bisnis dan bidang lainnya meningkat sangat signifikan. Hal ini mendorong pemasaran global semakin masif dan terus berkembang.

3. Kualitas

Peningkatan kualitas produk atau membuat produk yang berkualitas juga mendorong terjadinya pemasaran global. Perusahaan penjual akan mencari pasar yang tepat untuk memasarkan produknya. Karena jumlah penduduk dunia yang banyak, menjadikan pemasaran global merupakan cara yang terbaik dalam menjual produk mereka.

4. Perjanjian Ekonomi antar Negara

Perjanjian ekonomi antar negara merupakan faktor yang bisa mendorong pemasaran global terjadi secara cepat. Banyak keuntungan dan fasilitas yang didapat pelaku usaha dalam perjanjian tersebut sehingga bisnis yang dijalankan bisa berkembang dengan baik.

5. Kebutuhan akan Biaya Pengembangan Produk

Kebutuhan suatu perusahaan terhadap biaya produk, ikut mendorong terjadinya pemasaran produk. Karena investasi atau suntikan modal dari perusahaan luar negeri dibutuhkan dalam proses pengembangan produk yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup panjang .

6. Dinamika dan Perkembangan Ekonomi Dunia

Faktor dinamika dan perkembangan ekonomi dunia juga mendorong pemasaran global. Kebijakan setiap pemerintahan untuk meningkatkan ekonominya akan berpengaruh pada cara pelaku usaha memproduksi dan memasarkan produknya, termasuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Pelaku usaha mencoba mencari partner atau distributor ke negara-negara lain yang dinilai memiliki potensi dalam penjualan produk mereka.

Agar bisnis semakin berkembang, mungkin sudah saatnya Anda memasuki pasar global dan menjual produk Anda ke negara lain. Selain itu, hal penting lainnya yang harus Anda lakukan agar bisnis berkembang optimal adalah mengelola keuangan usaha dengan baik. Agar laporan keuangan bisa dibuat dengan cepat dan tanpa repot, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

 

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram