Harmony Blog

Mengenali Ekonomi Pembangunan dan Prospeknya Dalam Dunia Bisnis

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Ekonomi pembangunan adalah salah satu bagian dari ilmu ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Ekonomi pembangunan tersebut mencakup industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Ekonomi pembangunan sangat penting untuk dipelajari dan dijalankan karena bertujuan akhir pada kesejahteraan masyarakat suatu negara.

Sistem ekonomi pembangunan ini dapat diartikan sebagai kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh suatu negara untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan taraf hidup masyarakatnya.

Salah satu ukuran keberhasilan ekonomi pembangunan bisa dilihat dari adanya tingkat pengangguran, kemiskinan dan kesenjangan dalam negara tersebut.

Apabila dalam sebuah negara tersebut masih memiliki kehidupan ekonomi yang berada di bawah garis kemiskinan dan masih banyak terdapat tingkat pengangguran pada masyarakat, maka ekonomi pembangunan yang diterapkan dalam negara tersebut belum berhasil atau belum dikatakan sebagai negara berkembang.

Pengertian Ekonomi Pembangunan

Ekonomi pembangunan adalah sebuah ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh suatu negara yang sedang berkembang dan mencari cara untuk mengatasi permasalahan ekonomi tersebut agar pembangunan ekonomi dapat berkembang dengan lebih cepat.

Namun biasanya ekonomi pembangunan ini digunakan untuk menggambarkan adanya perubahan ekonomi pada suatu negara yang di dalamnya melibatkan perbaikan kualitatif ataupun kuantitaif.

Di dalam ekonomi pembangunan, bentuk ekonomi yang masih dalam keadaan primitif dan miskin bisa dikembangkan menjadi lebih canggih dan relatif lebih makmur.

Konsep ekonomi ini pertama kali menjadi pembahasan dunia pada saat perang dunia ke-2.

Di mana pada saat era kolonialisme di Eropa sudah berakhir, maka berbagai negara yang pernah di jajah tersebut hidup dengan standar ekonomi yang sangat rendah dan sering disebut sebagai negara yang terbelakang, atau memiliki ekonomi yang berkekurangan.

Namun pada saat standar kehidupan negara yang belum berkembang tersebut mulai maju dalam beberapa dekade tersebut, maka negara tersebut dinamai sebagai negara berkembang.

Apabila suatu negara sudah berkembang, maka negara tersebut akan dikategorikan berdasarkan kriteria pendapatan per kapita, dan ekonomi pembangunan biasanya akan muncul pada saat pendapatan per kapita tersebut meningkat.

Di dalam melakukan proses peningkatan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan cara menghitung adanya peningkatan penduduk yang disertai dengan adanya perubahan fundamental dalam struktur ekonomi di suatu negara, serta pemerataan pendapatan untuk penduduk bagi suatu negara.

Pembangunan ekonomi ini tentu tidak bisa lepas dari pertumbuhan ekonomi. Di mana ekonomi pembangunan ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi, dan pertumbuhan ekonomi akan melancarkan pembangunan ekonomi.

Melakukan ekonomi pembangunan, seluruh masyarakat yang ada dalam negara tersebut tentu akan bertindak sebagai pelaku utama dan pemerintah akan akan berperan menjadi pembimbing serta pendukung adanya ekonomi pembangunan.

Baca Juga: Instrumen Kebijakan Moneter : Penjelasan Lengkap dan Contohnya

Fungsi Ekonomi Pembangunan

Bagi civitas atau pelajar, ekonomi pembangunan berfungsi sebagai ilmu dalam memahami permasalahan perekonomian negara-negara berkembang di dunia.

Namun perlu Anda tahu, bahwa ekonomi pembangunan ini juga sangat berfungsi dalam menciptakan dan melaksanakan tindakan ekonomi dalam bisnis.

Tujuannya adalah untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat di negara sedang berkembang pada era sekarang ini. Berikut fungsinya:

• Mengurangi Pengangguran dan Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya ekonomi pembangunan, suatu negara akan mampu menumbuhkan dan mengembangkan pembangunan perekonomiannya.

Jika pembangunan ekonomi dalam suatu negara tersebut sudah berkembang dengan baik, maka peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaanpun semakin besar dan bisa mengurangi tingkat pengangguran pada masyarakat dalam suatu negara tersebut.

• Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Nasional

Apabila ekonomi pembangunan bisa diaplikasikan dengan baik, maka akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Bila hal tersebut terjadi sekaligus dengan penciptaan lapangan kerja yang banyak, maka akan memengaruhi tingkat pendapatan nasional. Sebab apabila semakin banyak industri, maka akan semakin banyak pula pendapatan pajak negara sehingga pendapatan nasional pun turut meningkat.

• Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Pembangunan ekonomi yang tumbuh dengan pesat serta meningkatnya pendidikan masyarakat yang semakin membaik, akan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu negara. Karena kualitas sumber daya manusia dipengaruhi oleh faktor pendidikan dan kemampuan ekonominya.

Prospek Ekonomi Pembangunan Dalam Dunia Bisnis

Berikut di bawah ini beberapa prospek pekerjaan yang terdapat dalam ekonomi pembangunan yaitu:

• Analis Bisnis

Di mana dalam melakukan pekerjaan ini, mereka akan diberikan tanggung jawab untuk menganalisa berbagai kebutuhan bisnis hingga memberikan beberapa usulan ataupun solusi praktis kepada pemangku kepentingan bisnis dalam suatu proyek.

Hal tersebut juga sangat membantu Anda dalam mengindari permasalahan ekonomi pada bisnis Anda.

Prospek analisi bisnis ini tentu sangat diperlukan oleh beberapa perusahaan atau industri yang bergerak dalam bidang keuangan, asuransi, telekomunikasi, utilitas dan lainnya.

Sebab dalam perusahaan ataupun industri sangat memerlukan seorang analis bisnis untuk menganalisa kebutuhan bisnis dan pengembangan bisnis perusahaannya.

• Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM

Berikutnya adalah posisi yang ada di Lembaga Swadaya Masyarakat. Hal ini karena LSM biasanya membutuhkan posisi sebagai analisa pembangunan di beberapa sektor meliputi industri, keuangan, perbankan, dan masih banyak lainnya.

Sehingga dapat membantu setiap prospek perkembangan di setiap bisnis-bisnis yang ada pada saat ini.

Baca Juga: Lembaga Keuangan: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

• Research & Development (R&D)

Bagian Research & Development (R&D) bertanggungjawab mengelola sejumlah dana tertentu untuk riset dan pengembangan.

R&D melakukan tes dan tak jarang membuat alat tes sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk perusahaan. Maka dari itu prospek dalam bidang ini sangat mempengaruhi kelangsungan bagi setiap pebisnis.

Selain itu, seringkali juga melakukan kerja sama dengan perusahaan terkait pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

R&D bertugas menganalisa berbagai isu perekonomian untuk mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif.

Permasalahan ekonomi ini memang sangat mempengaruhi masyarakat terutama pebisnis ataupun pengusaha dalam melakukan hal yang terbaik mencari keuntungan yang lebih, hal ini juga merupakan salah satu cara pemilik bisnis untuk memiliki penghasilan yang besar, sehingga pengeluaran yang dilakukan juga tidak terlalu dirasakan.

Jika penghasilan pebisnis meningkat dan konsumsi masyarakat juga meningkat justru hal ini tentu akan membantu negara dalam mengukur sejauh mana perekonomian disuatu negara dengan adanya pengukuran pertumbuhan ekonomi negara.

Apabila bisnis Anda semakin meningkat dan pertumbuhan ekonomi bisnis Anda semakin besar tentu Anda harus memerlukan pembukuan keuangan bisnis yang lebih rapih dan akurat. Sebab keuangan merupakan kunci dari keberhasilan bisnis yang Anda miliki

Untuk membangun ekonomi yang lebih sukses, Anda perlu menggunakan software akuntansi pembukuan yang dapat membantu setiap pembukuan bisnis Anda dimanapun dan kapanpun Anda inginkan.

Dengan hadirnya suatu teknologi berbasis cloud, Harmony Software Accounting adalah solusi bagi Anda dalam membantu bisnis Anda.

Tidak perlu ragu lagi, coba dan nikmati kemudahan software Harmony dan Anda bisa saksikan bagaimana dalam menggunakan Harmony yang telah membantu ribuan pemilik usaha maupun bisnis dengan hasil yang baik, rapih dan teratur

Ingin coba software akuntansi Harmony Gratis? Anda dapat mendaftar gratis pemakaian selama 30 hari penuh dengan membuat akun disini.

Kami juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, yaitu merupakan jasa pembukuan untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar keuangan, bisnis, dan lainnya. Anda dapat mengunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony