Harmony Blog

Mengenal Sistem Ekonomi Campuran dan Tujuannya

Diupdate Feb 24th, 2021
311

SHARES

PEMBACA

sistem ekonomi campuranPin

Mungkin tidak Anda sadari bahwa kita semua merupakan bagian dari sistem ekonomi, kita berperan sebagai perangkat ekonomi yang diatur dan dikelola segala aktivitasnya oleh pemerintah dalam bidang perekonomian. Ada beberapa sistem ekonomi salah satunya sistem ekonomi campuran.

Sistem ekonomi campuran memberikan wewenang bagi pemerintah maupun swasta untuk berperan aktif dalam sektor ekonomi, sehingga terbentuknya kestabilan perekonomian dalam suatu negara.

Begitu banyak sistem ekonomi yang ada didunia ini, seperti amerika serikat menganut sistem ekonomi liberalis atau kapitalis, negara-negara komunis seperti rusia, korea utara itu menganut sistem ekonomi sosialis, sedangkan di negara Indonesia menganut sistem ekonomi demokrasi pancasila yang berasaskan pada kekeluargaan dan gotong royong. Berbeda cerita di masa lalu hampir semua negara menggunakan sistem ekonomi tradisional.

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Seperti yang Anda ketahui bahwa sistem ekonomi liberalis diterapkan oleh AS dan negara-negara eropa yang mana menganut sistem kebebasan melakukan perekonomian kepada setiap orang untuk mendapat keuntungan, ada juga sistem ekonomi sosialis yang diterapkan oleh negara-negara komunis seperti korea utara, rusia yang mana menganut sistem sepenuhnya kegiatan perekonomian diatur oleh negara.

Sedangkan disini akan dibahas tentang sistem ekonomi campuran, dimana sistem ekonomi campuran ini menganut perpaduan antara sistem ekonomi liberalis maupun sosialis yakni pemerintah dan pihak swasta diberikan kebebasan dalam melakukan perekonomian.

Baca juga : 10 Prinsip Ekonomi yang Harus Anda Terapkan dalam Bisnis

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tujuan Sistem Ekonomi Campuran

Dalam sistem ini pemerintah selaku pengendali dan pengawasan bekerja sama dengan pihak swasta untuk menjalan perekoomian sehingga tidak dipungkiri adanya campur tangan pemerintah dengan adanya beberapa tujuan dari sistem ekonomi campuran ini, diantaranya:

1. Pemerintah lebih cenderung pada pengendalian dan pengawasan terhadap tindakan ekonomi dalam berbisnis yang dilakukan oleh warganya. Dengan demikian sistem ekonomi ini dapat menciptakan kestabilan ekonomi terjamin, untuk fokus memajukan sektor usaha mikro kecil menengah.

2. Pemerintah juga memberikan jaminan sosial dan pemerataan pendapatan. Hal ini ditujukan agar terciptanya pemerataan ekonomi merata pada setiap warganya.

3. Menghilangkan terciptanya adanya monopoli, dengan begitu pemerintah melakukan pengawasan dan pengendalian atas penetapan harga meskipun pemerintah mengkaji berdasarkan mekanisme pasar.

4. Memberikan kebebasan berusaha untuk mendorong kreativitas individu sehingga menimbulkan banyak variasi dalam pasar bebas tapi tetap dalam control pemerintah.

5. Memberikan wewenang kepada pemerintah untuk mempunyai peraturan dan kebijakan fiskal maupun moneter, agar perekonomian berjalan dengan lancar tanpa terjadi masalah ekonomi seperti pengangguran dan penyebab terjadinya inflasi.

Dalam sistem ekonomi ini juga dalam pengawasan dan pengendalian yang dilakukan oleh pemerintah, tidak hanya tujuan terbentuknya sistem ekonomi campuran. Akan tetapi sistem ini akan menimbulkan kendala-kendala dalam pelaksanaanya seperti pemerintah dan pihak swasta akan mengalami kesulitan dalam menentukan batasan maksimal setiap warga untuk melakukan kegiatan ekonomi dan batasan atas sumber produksi yang dikelola dan diawasi pemerintah.

Seperti itulah penjelesan dan tujuannya, dalam penerapan sistem ekonomi campuran adanya fokus pemerintah untuk dapat memfokuskan untuk memajukan sektor usaha mikro kecil menengah dan memberikan kepada Anda kebebasan berusaha untuk menghasilkan profit atau laba perusahaan.

Dalam menghitung profit pastinya Anda memerlukan pembuatan laporan keuangan yang valid dan akurat, namun di era teknologi cloud saat ini Anda sudah bisa menikmati satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony