Menerapkan Pelayanan Prima Dalam Menunjang Bisnis Anda
Harmony Blog
Business
Menerapkan Pelayanan Prima Dalam Menunjang Bisnis Anda
June 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam era perkembangan bisnis yang semakin luas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya intensitas persaingan menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen. Serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan Prima.

Menerapkan pelayanan prima yang baik terhadap pelanggan akan memberikan keuntungan kepada perusahaan Anda.

Upaya dilakukan pelayanan prima oleh setiap perusahaan untuk memuaskan konsumen dalam pelayanan kebutuhan konsumen dengan berbagai strategi dan berbagai cara degan harapan agar konsumen merasa puas dan selanjutnya untuk datang kembali.

Upaya memberikan pelayanan prima adalah melayani pelanggan dengan baik dan memenuhi kebutuhan yang diinginkan pelanggan. Namun bagaimana cara untuk menerapkan pelayanan prima dalam bisnis Anda ? Berikut cara atau tips yang harus Anda perhatikan dalam menerapkan pelayanan prima :

Apa Itu Pelayanan Prima ?

Pelayanan prima merupakan suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan. Layanan prima di dalam bisnis disebut juga sebagai excellent service.  Di dunia bisnis, persaingan antar penjual sangat ketat.

Hal inilah yang kemudian mengakibatkan para penjual harus memberikan servis yang memuaskan kepada para pelanggan nya, karena apabila Anda tidak menerapkan pelayanan prima dengan baik, maka kemungkinan para pelanggan Anda akan beralih ketempat lain. Pelayanan prima dapat Anda manfaatkan juga sebagai strategi pemasaran produk atau pun jasa pada bisnis Anda.

Konsep Pelayanan Prima

Keberhasilan dalam mengembangkan dan melaksanakan layanan prima tidak lepas dari dari kemampuan dalam pemilihan konsep pendekatanya. Konsep pelayanan prima yang baik didasari berdasarkan pada 7A+S.

1. Attitude (Sikap)

Attitude adalah perilaku yang harus diperlihatkan ketika berhadapan dengan pelanggan, yang meliputi sikap yang ramah, sopan, penuh perhatian, berpikir sehat, dan berpikir positif.

2. Attention (Perhatian)

Attention adalah kepedulian yang penuh kepada pelanggan, baik yang berkaitan dengan perhatian akan kebutuhan dan keinginan pelanggan maupun pemahaman atas saran dan kritiknya, yang meliputi mendengar dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan para pelanggan.

3. Action (Tindakan)

Action merupakan tindakan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan, yang meliputi mencatat setiap pesanan para pelanggan, mencatat kebutuhan para pelanggan, menegaskan kembali kebutuhan para pelanggan, dan mewujudkan kebutuhan para pelanggan.

4. Ability (Kemampuan)

Ability adalah pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program pelayanan prima, yang meliputi kemampuan dalam bidang kerja yang ditekuni.

5. Appearance (Penampilan)

Appearance adalah penampilan seseorang baik yang bersifat fisik saja maupun fisik atau non fisik, yang mampu merefleksikan kepercayaan diri dan kredibilitas dari pihak lain.

6. Accountability (Tanggung Jawab)

Accountability adalah suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud keperdulian untuk menghindarkan atau meminimalkan kerugian atau ketidakpuasan pelanggan.

7. Affirmation (Afirmasi)

Sebagai pelayan prima, Anda harus memiliki sikap afirmasi. Arti dari sikap afirmasi adalah, Anda harus membuat diri Anda berfikir positif dan mengarahkan diri Anda pada hal-hal yang positif.

Sikap afirmasi ini juga dapat membantu Anda untuk menyingkirkan hal yang bersifat emosional dan membuat Anda menjadi lebih profesional ketika dalam melayani konsumen. Dan sikap afirmasi ini juga dapat menjadikan Anda lebih percaya diri dan tidak mudah tertekan dengan keluhan konsumen.

8. Sympathy (Simpati)

Sikap simpati adalah sikap dimana Anda sebagai pelayan konsumen bisa merasakan apa yang dirasakan oleh para pelanggan Anda.
contohnya, apabila Anda melayani di bidang jasa pembuatan KTP, dan ada satu dari konsumen Anda seorang ibu-ibu yang sedang hamil. Dan simpati adalah peran yang harus Anda terapkan dalam situasi tersebut.

Baca Juga :Wajib Anda Tahu! Cara Mengatasi Stagnansi Dalam Bisnis

custom-form-newsletter


Tujuan dan Manfaat Pelayanan Prima

Tujuan dan manfaat pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Apa saja tujuan dan Manfaat yang terdapat dalam Pelayanan Prima ?  perhatikan penjelasannya dibawah ini :

• Pelanggan memutuskan untuk langsung membeli produk / jasa yang Anda tawarkan pada saat itu juga

• Menciptakan kepercayaan pelanggan atas produk / jasa yang Anda tawarkan. Dan Anda bisa melakukannya dengan menggunakan cara positioning.

• Pelanggan tetap setia menggunakan produk / jasa Anda

• Pelanggan membeli kembali produk / jasa Anda

• Menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan atau komplain yang tidak perlu dari pelanggan.

Tips Menerapkan Pelayanan Prima

Untuk Anda sebagai pebisnis yang ingin menerapkan pelayanan prima dalam bisnis yang Anda jalani, perhatikan penjelasan di bawah ini mengenai bagaimana cara menerapkan pelayanan prima yang baik pada bisnis Anda :

A. Bersikap ramah

Aturan terpenting dalam memberikan pelayanan prima terhadap pelanggan yang baik adalah bersikap ramah. Cobalah untuk menyambut pelanggan dengan senyum dan selalu bersikap sopan dan hormat.

Jadilah proaktif dengan memperhatikan kebutuhan pelanggan dan menawarkan bantuan atau rekomendasi sebelum mereka bertanya. Penting untuk selalu tetap baik dan berempati kepada pelanggan Anda, bahkan melalui situasi yang penuh tekanan atau kontroversi ketika mereka kecewa atau marah.

B. Tanggapi tepat waktu

Faktor lain dalam pelayanan prima terhadap pelanggan yang baik adalah ketepatan waktu tanggapan Anda. Pelanggan menghargai respons cepat terhadap pertanyaan mereka, terutama ketika mereka memiliki permintaan yang sensitif terhadap waktu. 

Untuk layanan pelanggan yang baik, cobalah untuk mengembalikan semua panggilan telepon dan email dalam waktu 24 jam. Biarkan pelanggan tahu berapa lama Anda akan membantu mereka.

C. Ketahui produk atau layanan Anda

Untuk menawarkan pelayanan prima yang sangat baik kepada pelanggan Anda, Anda harus mengetahui setiap aspek dari produk atau layanan yang Anda jual. Idealnya, Anda akan dapat mendiskusikan fitur dan penggunaannya, menunjukkan kepada customer Anda keuntungan yang mereka dapatkan dari menggunakan produk atau layanan Anda dan memecahkan masalah apa pun yang sedang dialami oleh pelanggan Anda.

D. Dengarkan pelanggan Anda

Mendengarkan adalah salah satu cara paling sederhana untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Terkadang pelanggan hanya perlu didengar, jadi pastikan untuk secara aktif mendengarkan apa yang mereka katakan.

Mereka mungkin memiliki poin valid yang dapat Anda gunakan untuk membuat produk atau layanan Anda lebih baik. Dengan mendengarkan dengan penuh perhatian, Anda dapat memahami dengan tepat apa yang dibutuhkan pelanggan dari Anda.

Jika Anda ingin bisnis yang Anda jalankan berkembang pesat dan dikenali banyak orang, terapkanlah pelayanan prima dalam bisnis atau usaha Anda.
Sebab dengan adanya pelayanan prima, maka para konsumen Anda akan merasa puas akan setiap layanan yang Anda berikan dan membuat konsumen semakin ingin berlangganan terhadap bisnis atau usaha Anda.

Pelayanan prima juga bisa dilihat dari kecepatan Anda dalam menangani para konsumen, Pelayanan yang cepat pun harus didukung dengan sistem otomasi misalnya saja menghimpun pembeli yang ingin bertransaksi menggunakan aplikasi atau mencatat transaksi menggunakan software akuntansi. Jika Anda ingin mencatat transaksi dengan baik dan tepat, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Harmony.

Harmony merupakan solusi bagi Anda untuk memiliki Software Accounting yang membantu pembukuan Anda. Bukan hanya membantu pembukuan Anda saja, Harmony Accounting Software dapat menyusun laporan keuangan, membuat invoice secara otomatis dan mengontrol produk bisnis Anda.

Saksikan juga bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Harmony akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi, konsultasikan dengan kami di live chat Harmony. Tunggu apalagi? Segera daftarkan akun Anda dan dapatkan software GRATIS 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/