Harmony » Blog » 

Manfaatkan Giveaway Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Produk Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 17, 2021

“Saatnya giveaway!”Tentunya Anda yang mendengar istilah ini akan merasa senang sekaligus bersemangat. Hal ini akan membuat sebagian orang akan berlomba untuk mengikuti syarat dari sebuah giveaway tersebut.

Belakangan ini giveaway sudah menjadi trend dan merupakan sebuah pilihan dari strategi pemasaran produk, mengapa demikian? Karena giveaway artinya kegiatan untuk membagikan sebuah hadiah dengan syarat tertentu.

Giveaway artinya kegiatan untuk memberikan hadiah kepada audience dengan tujuan mempromosikan sebuah produk tersebut.

Contoh giveaway yang juga sering diminati yaitu skincare, makeup, tas, sepatu, dan uang tunai. Sehingga giveaway ini bisa Anda pakai sebagai salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk Anda melalui influencer, selebgram, youtuber, dan sebagainya.

Apa Sih Yang Dimaksud Giveaway?

Secara umum giveaway artinya sebuah alat strategi pemasaran. Pelaksanaannya dapat melalui registrasi terlebih dahulu, setelah itu pemenang undian harus dipilih salah satu atau lebih.

Pada strategi marketing ini, hadiah yang diberikan biasanya berupa produk promosi atau biasa disebut sebagai branding. Strategi pemasaran juga tidak hanya kegiatan pemberian uang saja, namun berupa iklan secara online.



Pendapat lainnya diketahui bahwa giveaway artinya sebuah kegiatan untuk memberikan hadiah dengan syarat tertentu, biasanya syarat ini dimulai dengan cara meramaikan postingan tersebut atau dengan membuat tantangan tertentu.

Kegiatan giveaway ini juga sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau branding, sehingga giveaway sering diminati oleh para pebisnis untuk meningkatkan branding produknya melalui iklan dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Pre Order dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

Apa Saja Macam-Macam Giveaway?

Untuk melaksanakannya, dibagi menjadi 2 macam yang berbeda dalam strategi yaitu :

1. Sponsor Giveaway

Dalam sponsor giveaway adalah sebuah acara yang dilaksanakan oleh pihak ketiga yang disebut sebagai host. Namun untuk seluruh konsep acara giveaway, hingga pemenang juga diatur oleh host tersebut.

Biasanya event ini juga diikuti oleh beberapa pebisnis atau brand sekaligus, maka dari itu event ini tampak besar. Adanya sponsor ini memberikan tujuan brand awareness, engagement, segmenting, targeting, dan positioning atau disebut strategi pemasaran STP.

Syarat jenis ini umumnya harus mendapatkan partisipasi sebanyak mungkin, seperti contoh giveaway diselenggarakan oleh beauty influencer maka pemberian hadiahnya makeup, skincare dan sebagainya.

2. Self Giveaway

Untuk self giveaway ini merupakan pemberian hadiah yang dilakukan secara mandiri, dengan cara promosi, aturan, hingga hadiahnya dapat dilakukan sendiri.

Biasanya self giveaway ini dilakukan oleh pebisnis yang memiliki pengalaman, serta memiliki banyak peminat atau konsumen. Sehingga pebisnis ini memiliki anggaran untuk memasarkan produknya.

Jenis ini juga biasanya dilakukan secara beragam, misalnya peserta diminta untuk follow akun media sosial, like postingan, atau memberikan aturan lainnya. Contoh giveaway ini juga bisa berupa produk fisik, uang, pulsa, voucher dan sebagainya yang akan diberikan kepada peserta.

giveaway-part3

Tentunya jika Anda ingin melakukan giveaway, sebelumnya Anda perlu membuat perencanaan anggaran yang matang terlebih dahulu. Bukan hanya itu, Anda juga perlu melihat arus kas yang terjadi melalui laporan keuangan. Ingin terima beres saja laporan keuangan setiap bulannya?

Cobalah manfaatkan layanan profesional untuk  jasa pembukuan Anda walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun. Dengan menggunakan jasa pembukuan, Anda akan mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Apa Saja Manfaat Dalam Mengadakan Giveaway?

Setelah memahami artinya giveaway, alasannya mengapa penting sekali pelaksanaan giveaway harus dilakukan yaitu :

1. Iklan Murah Atau Hemat Budget

Adanya manfaat giveaway ini adalah iklan yang murah atau hemat budget, dibandingkan dengan pemasangan iklan di billboard atau baliho yang mahal. Namun pada dasarnya tujuannya mirip, karena pebisnis ingin konsumen mengenal branding produk mereka.

2. Meningkatkan Leads

Salah satu manfaat lainnya yaitu meningkatkan leads, di mana giveaway ini diberikan setelah bersedia meninggalkan informasi mengenai kontak yang bisa dihubungi. Seperti akun instagram, bahkan nomor whatsapp.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness ini merupakan sebuah kesadaran konsumen atas produk dan layanan Anda, seperti logo, warna, tagline dan lainnya. Sehingga kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran dengan cara lebih mudah mendapatkan konsumen baru, membangun kepercayaan, dan membentuk konsumen secara loyal.

giveaway-part4

4. Promosi Dari Mulut Ke Mulut

Promosi ini tentu belum ketinggalan zaman, karena pasti ada barang atas rekomendasi temannya. Sehingga semakin sering branding ini diperbincangkan, maka semakin dikenal produk brand tersebut.

Baca Juga : 10 Ide Strategi Pemasaran Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku

Bagaimana Ide Menarik Untuk Mengadakan Giveaway?

Adapun ide menarik untuk melakukan rencana strategi pemasaran melalui giveaway yang bisa Anda ambil manfaatnya yaitu :

1. Menentukan Tujuan Giveaway

Cara pertama dalam melakukan giveaway yaitu dengan menentukan tujuan Anda melalui giveaway yang menarik. Sehingga ini akan menambah follower semakin banyak, dan produk Anda semakin laris serta semakin dekat dengan konsumen.

2. Memilih Hadiah Secara Pas

Lakukanlah sesuai dengan tujuan promosi serta peserta Anda, di mana Anda juga dapat membagikan hadiah dari produk sendiri.

Sehingga ketika nantinya banyak peserta yang mengikuti giveaway, maka artinya produk Anda memang sudah diinginkan oleh banyak konsumen. Selain banyak leads yang bisa Anda dapatkan, Anda juga bisa memberikan kesempatan untuk menggunakan produk yang dibagian sebagai hadiah.

[elementor-template id="26379"]

3. Menentukan Persyaratan Giveaway

Ketika persyaratan sedikit serta hadiah yang diberikan banyak, maka kemungkinan peserta yang berminat juga banyak. Akan tetapi apakah sudah sesuai dengan tujuan event Anda?

Maka lebih baik syarat yang diberikan yaitu untuk memfollow akun, like, komen serta menandai teman peserta. Dengan syarat inilah tujuan terpenuhi, serta mendorong interaksi peserta dalam akun sosmed Anda.

4. Gunakan Hashtag

Pernahkah Anda melihat hastag di akun sosial media dengan contoh #promo1202 atau #giveaway2021? Adanya hastag ini juga berfungsi untuk mengelompokkan konten tersebut, sehingga nantinya audiens akan mudah menemukan postingan Anda. Hastag ini juga menunjukkan brand apa saja, atau kampanye promo apa saja yang dilakukan.

5. Mengumumkan Pemenang

Terakhir yaitu mengumumkan pemenang, di mana informasi pengumuman ini sebaiknya ditampilkan di website resmi. Supaya nanti menghindari adanya penipuan oleh pihak lainnya.

Maka dari itu buatlah pengumuman secara resmi menggunakan branding produk Anda supaya lebih terpercaya, setelah itu jangan lupa segera hubungi pemenang hadiahnya.

Inilah mengapa penting sekali bagi para pebisnis untuk mengetahui strategi pemasaran melalui giveaway secara mendalam. Selain itu Anda juga bisa meraih banyak manfaat yang diperoleh atas giveaway tersebut jika Anda mengadakan event.

Namun tentunya Anda juga perlu membuat budget keuangan yang rapi bukan? Supaya nantinya Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang berjalan secara lancar. Nah, untuk membantu Anda dalam membuat catatan keuangan yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram