Harmony Blog

Manfaatkan Buku Kas Masuk Modern Untuk Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Buku-Kas-Masuk-HarmonyPin

Memahami buku kas masuk dalam bisnis memanglah sangat penting bukan? Biasanya buku kas masuk sehari-hari akan membantu Anda dalam memantau laporan keuangan usaha.

Berkembangnya teknologi saat ini dalam mencatat buku kas masuk dapat mempermudah Anda untuk membuat laporan laba rugi. Sehingga nantinya Anda bisa mempertimbangkan kondisi perusahaan melalui laporan tersebut.

Maka dari itu sebagai pemilik usaha proses dalam mencatat akuntansi tidak hanya melalui jurnal saja, tetapi juga membutuhkan proses pencatatan ke buku besar.

Dengan demikian sebelum membuat contoh buku kas masuk, Anda sebaiknya dilakukan terlebih dahulu pembuatan jurnal kas masuk yang biasa juga disebut sebagai jurnal penerimaan kas.

Buku kas masuk digunakan untuk mencatat semua transaksi yang menambah saldo perusahaan.

Memahami Apa Itu Buku Kas Masuk

Secara umum buku kas adalah tempat mencatat seluruh informasi mengenai kas perusahaan. Di mana pencatatan tersebut sebagai penerimaan dan pengeluaran secara kredit atau tunai yang dicatat dengan detail dan merinci.

Selain itu pencatatan ini harus mengikuti standar seperti menggolongkan transaksi, memberikan status pengeluaran atau penerimaan, dan memberikan keterangan transaksi. Maka dari itu fungsi buku kas masuk dan keluar ini berguna untuk mengetahui kondisi perusahaan secara keseluruhan.

Di sisi lain mengapa buku kas masuk itu penting? Agar pebisnis tersebut dapat mengetahui sumber pemasukan apa saja yang terbesar.

Sehingga dengan kondisi keuangan perusahaan yang diperoleh saat ini, maka pebisnis dapat mengambil keputusan yang menjadi prioritas sekaligus menjadikan rencana evaluasi keuangan di masa mendatang bagi suatu perusahaan.

Buku kas masuk1 harmonyPin

Apa Saja Jenis Buku Kas?

Selain adanya buku kas masuk dan keluar, ternyata buku kas juga memiliki jenis lainnya seperti buku kas pembantu pajak, buku kas bank, dan buku pembantu panjar.

Pada keempat buku kas di atas, bahwa jenis buku kas tersebut ternyata juga memiliki peranan penting. Di mana dalam perbedaannya buku bank dengan buku kas yaitu hanya mencatat transaksi khusus melalui bank.

Sedangkan fungsi dalam buku pembantu pajak yaitu hanya mencatat segala transaksi mengenai pajak. Selain itu dalam buku pembantu panjar digunakan khusus Kementrian Dalam Negeri, yang berguna mencatat segala transaksi baik pengeluaran dan penerimaan kas dalam Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD).

Saat ini mungkin secara fungsi kas sudah mengetahui, namun bagaimana cara mencatatnya? Lalu jika ada kesalahan dalam pencatatan apa yang perlu dilakukan dalam pembukuan?

Teknologi telah berkembang pesat, Anda dapat berlangganan dan menggunakan jasa akuntan untuk mempercepat penyajian laporan keuangan dengan detail dan terperinci.

Selain itu manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan yaitu bisa memantau laporan keuangan secara realtime, buat invoice otomatis, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Baca Juga : Laporan Stok Barang Otomatis Menggunakan Software Akuntansi

Bagaimana Membuatnya dan Model Contoh Buku Kas Masuk?

Buku kas masuk harmony2Pin

Adapun berbagai jenis dalam membuat contoh buku kas masuk dan keluar yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Contoh Folio Dwi Halaman

Dalam contoh folio dwi halaman ini terbagi dua halaman yaitu debit dan kredit, dibagian kolom debit akan mencatat nominal sebagai pemasukan ataupun penerimaan kas.

Selain itu adanya uang kas masuk ini harus dijelaskan secara merinci dalam bagian tanggal, sumber keterangan, bukti nomor urut, serta jumlah dari jurnal penerimaan kas yang dicatat.

Di sisi lain pada kolom kredit biasanya mencatat pengeluaran kas seperti transaksi pembayaran gaji dan sebagainya, dengan beberapa penjelasan seperti tanggal, sumber pengeluaran, nomor bukti, keterangan dan nominal.

2. Contoh Folio Satu Halaman

Bagi pemilik usaha atau bisnis UKM contoh folio ini memang lebih familiar karena mudah dibuat dan sederhana, seluruh jenis transaksi yang masuk dan keluar hanya satu halaman saja. Adapun beberapa contoh kolom pendukung yaitu:

• Untuk kolom pencatatan tanggal transaksi.

• Bagian kolom keterangan atas kuantitas, sumber, atau penanda tangan transaksi.

• Pada kolom bukti nomor urut kas masuk atau keluar.

• Bagian kolom mencatat nominal kas masuk dan keluar pada posisi debit serta kredit.

• Untuk kolom terakhir mencatat pengeluaran kas yang telah dilakukan.

3. Contoh Tabelaris

Dalam contoh buku kas tabelaris ini merupakan salah satu pembuatan yang praktis dan sederhana, pembuatan buku ini dibuat dengan beberapa kolom yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

Biasanya tabelaris ini juga disebut sebagai tabel skontro, di mana bagian kiri adalah debit dan kanan yaitu kredit.

4. Pencatatan Jurnal Kas

Setelah mengetahui pembuatan buku kas, pendukung transaksi lainnya yaitu pencatatan ke dalam jurnal kas masuk yang berfungsi untuk mencatat seluruh transaksi secara tunai.

Selain itu jurnal kas masuk disebut sebagai jurnal penerimaan kas yang berguna untuk mencatat pendapatan atas penjualan tunai, pembayaran piutang konsumen, dan pendapatan lain lain.

Baca Juga: Apa itu Wesel? Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Catat Kas Masuk Anda Dengan Software Akuntansi

Setelah mengetahui bagaimana contoh buku kas secara manual, maka di era teknologi sekarang ini Anda hanya perlu gunakan software pembukuan seperti Harmony untuk mencatat kas masuk Anda dibawah ini.

1. Input Transaksi Kas Masuk

Untuk mencatat transaksi masuk pada jurnal Anda bisa melakukan melalui Kas & Bank, setelah itu klik pada Nama Akun yang ingin dilihat transaksinya. Selanjutnya pilih uang kas masuk.

Mencatat transaksi kas masuk harmonyPin

2. Masukkan Informasi Penerimaan Baru (Kas Masuk)

Isi semua rincian informasi penerimaan baru yang sesuai dengan transaksi Anda, setelah itu klik simpan.

Mencatat transaksi kas masuk 1 harmonyPin

3. Penyajian Jurnal Kas Masuk

Dengan mencatat transaksi masuk Anda atas penjualan bisa Anda lihat melalui jurnal di bawah ini.

Jurnal penerimaan kas 1 harmonyPin

4. Laporan Buku Kas

Jika segala transaksi Anda buat sudah selesai, maka Anda bisa melihat laporan buku kas Anda melalui klik laporan, setelah itu klik keuangan, kemudian pilih buku besar akun dan muncul laporan dibawah ini.

Buku kas bank harmonyPin

Dengan segala jenis transaksi yang banyak tentunya membuat Anda membutuhkan software pembukuan otomatis, karena dengan secara manual melalui excel dapat menimbulkan resiko kesalahan pencatatan serta selisih perhitungan.

Sehingga data keuangan yang Anda ingin lihat juga mempengaruhi laporan keuangan lainnya. Namun sekarang jika Anda ingin buku kas Anda selalu terupdate ataupun secara real time, cobalah untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK