Harmony Blog

Manajemen Keuangan Publik: Pengertian, Tujuan dan Fungsi

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

manajemen keuangan publikPin

Adanya pengelolaan keuangan publik oleh pemerintah sangat penting mengingat tingkat kesejahteraan masyarakat di Indonesia masih rendah, seperti masih banyaknya kemiskinan dengan tingkat pemenuhan kebutuhan yang rendah, praktek korupsi yang terjadi pada setiap bidang pemerintahan, pendapatan nasional yang tidak merata, pertumbuhan ekonomi yang rendah, dan berbagai penyimpangan anggaran lainnya. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman manajemen keuangan publik yang lebih mendalam.

Manajemen keuangan publik sangat penting bagi kehidupan masyarakat luas untuk kepentingan suatu negara demi kemajuan dan kesejahteraan negara tersebut

Sebelum membahas tentang manajemen keuangan publik, ada baiknya Anda mengetahui tentang definisi keuangan publik terlebih dulu. Definisi keuangan publik dengan kata lain adalah keuangan negara. Adapun pengertian keuangan negara menurut Pasal 1 UU No. 17 Tahun 2003 mengenai Keuangan Negara adalah sebagai suatu kekayaan pemerintah yang dihasilkan dari penerimaan, hutang, pinjaman pemerintah atau dapat pula dari pengeluaran pemerintah, kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.

Peran utama yang dimiliki dari akutansi manajemen sektor publik adalah penyedia informasi akutansi yang akan digunakan oleh manajer publik dalam melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi. Akuntansi manajemen adalah suatu bagian terpenting dari sistem pengendalian manajemen yang integral. Institute of Management Accountants (1981) mendefisinikan akuntansi manajemen sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, pengakumulasian, penganalisaan, penyiapan, penginterpretasian, dan pengkomunikasian informasi finansial yang digunakan oleh manajemen untuk perencanaan, evaluasi, dan pengendalian organisasi serta untuk menjamin bahwa sumber daya digunakan secara tepat dan akuntabel.

Jadi dapat dikatakan manajemen keuangan publik adalah semua kegiatan atau upaya atau aktivitas yang dilakukan pemerintah (pusat dan daerah) dalam mengelola semua urusan negara, khususnya yang berkaitan dengan aktivitas finansial pemerintahan mulai dari pengelolaan penerimaan, pengeluaran hingga kebijakan mengadakan pembiayaan.

Tujuan Dan Fungsi Manajemen Keuangan Publik

Setelah kita memahami definisi dan pengertian manajemen keuangan publik tersebut, dapat kita temukan fungsi dan tujuan manajemen keuangan publik tersebut. Adapun tujuan dalam manajemen keuangan publlik antara lain sebagai berikut:

1. Berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi

2. Menjaga keseimbangan ekonomi suatu negara

3. Memindahkan sumber-sumber ekonomi

4. Mendorong iuran pendapatan

Dengan adanya manajemen keuangan publik dapat menunjang pertumbuhan ekonomi, hal ini maksudnya adalah jika manajemen keuangan publik suatu negara dikatakan baik tanpa cacat, kemungkinan para investor luar akan lebih tertarik untuk menempatkan dana mereka ke suatu negara dengan manajemen laporan keuangan publik yang baik. Dengan adanya dana investor luar tersebut dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi tersebut dan semakin berkembang.

Secara umum, manajemen keuangan sektor publik memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Sumber Data dan Fakta

Manajemen laporan keuangan bertujuan untuk memberikan informasi kepada kelompok yang memiliki kepentingan untuk mengetahui fakta dan gambaran organisasi secara lebih lengkap.

  • Ketaatan dan Pengelolaan Yang Baik

Dengan membuat manajemen keuangan berarti dapat menjamin kepada pihak pengguna laporan keuangan dan pihak otorisasi penguasa bahwa pengelolaan keuangan sudah dilakukan dengan baik sesuai dengan hukum dan peraturan yang sudah ditetapkan.

  • Kelangsungan Organisasi

Manajemen laporan keuangan dapat berfungsi sebagai media untuk mengetahui kelangsungan organisasi apakah masih mampu dalam hal menyediakan barang dan jasanya. Hal ini dapat berfungsi mengontrol organisasi dan lembaga-lembaga di sebuah pemerintahan tersebut.

  • Accountability and Retrospective Report

Laporan keuangan digunakan untuk pertanggungjawaban kepada publik agar mengetahui kinerja dan evaluasi dari manajemen, mengetahui pencapaian atas target yang sudah ditetapkan, membandingkan dengan organisasi lain yang sejenis serta memungkinkan untuk pihak luar mengetahui biaya atas barang dan jasa yang telah diterima dan mengetahui efisiensi sumber daya yang telah digunakan oleh organisasi.

  • Perencanaan dan Informasi Otorisasi

Laporan keuangan berfungsi untuk membuat perencanaan, kebijakan dan aktivitas di masa yang akan datang dan digunakan untuk mencari informasi pendukung tentang otorisasi penggunaan dana.

  • Hubungan dengan Masyarakat

Laporan keuangan berfungsi untuk membuat perencanaan, kebijakan dan aktivitas di masa yang akan datang dan digunakan untuk mencari informasi pendukung tentang otorisasi penggunaan dana.

Secara fungsional dan tujuan, manajemen keuangan publik tersebut banyak memiliki dampak pada semua sektor dan lini di suatu negara. Proses pembuatan laporan keuangan publik menjadi hal yang penting dan menjadi hal yang rentan jika tidak dapat terlaksana dengan baik. Perlunya menggunakan sistem akuntansi yang kredibel dapat membantu menunjang percepatan dan akurasi yang tepat dalam pelaporan keuangan tersebut. Sama seperti manajemen keuangan di sektor publik, pada sektor bisnis sendiri juga perlu adanya manajemen keuangan yang baik. Anda dapat menggunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai referensi baik dalam membantu pelaporan keuangan pada bisnis Anda. Gunakan sekarang, dapatkan GRATIS 30 Hari dengan cukup mendaftarkan diri disini, dan selamat tinggal pembukuan keuangan yang repot.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK