Kenali Apa Itu Cashback, Jenis dan Keuntungan Untuk Penjualan Bisnis
Fina Pratiwi
/
Diupdate
Februari 18, 2021
Cashback adalah salah satu
strategi marketing berupa penawaran persentase uang pengembalian. Seperti yang
sudah Anda ketahui, promo cashback sangat di minati oleh kalangan masyarakat
dan pebisnis pada masa kini.
Tentu metode ini sering digunakan
di beberapa tempat seperti mall, marketplace dan lainnya. Hal ini juga
merupakan suatu strategi pemasaran STP yang dilakukan oleh pebisnis .
Cashback adalah sebuah program promosi berupa pengembalian dana setelah konsumen melakukan pembelian dengan syarat yang telah ditetapkan oleh penjual.
Pengertian cashback dapat
diartikan sebagai pengembalian uang tunai langsung dari sebagian uang yang Anda
gunakan untuk berbelanja barang maupun jasa. Sudah banyak perusahaan pembayaran
digital juga memberikan cashback menarik bagi setiap pelanggannya.
Table of Contents
Apa Itu Cashback?
Pengertian cashback adalah berasal
dari kata cash yang artinya tunai dan back yang artinya pengembalian. Secara
umum, cashback adalah suatu penawaran yang diberikan kepada konsumen dalam
bentuk persentase pengembalian uang tunai atau berupa suatu barang dengan
syarat memenuhi minimal pembelian yang ditentukan.
Sebagai bagian dari strategi
pemasaran, cashback terbilang cukup berpengaruh dalam kemajuan bisnis. Sebab
banyak konsumen yang berminat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan
hanya sekedar ingin mendapatkan cashback.
Namun banyak promosi yang sudah tidak melakukan pengembalian berupa uang tunai kepada pembeli. Biasanya pihak penjual memberikan cashback ke dalam bentuk deposit.
Hal ini dilakukan agar konsumen melakukan pembelian kembali dengan menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberi promo. Selain itu, kegiatan promo ini sudah divariasikan, dan sudah banyak perusahaan yang memberikan pengembalian dalam bentuk barang.
Banyak keuntungan yang didapat oleh konsumen maupun perusahaan. Kelebihan yang didapat konsumen pada promo cashback adalah dapat membuat masyarakat lebih impulsif dalam berbelanja. Sebab dengan adanya promo cashback maka akan ada uang yang akan dikembalikan kepada konsumen.
Sedangkan bagi perusahaan,
keuntungan dari adanya cashback adalah dapat meningkatkan jumlah transaksi dan
juga jumlah pelanggan baru. Selain itu perusahaan juga akan semakin mudah
meningkatkan rencana strategi branding pada setiap strategi pemasaran produk
usahanya.
Dengan adanya branding, maka dapat
memudahkan perusahaan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk
ataupun jasa yang Anda miliki dan branding juga akan membukakan peluang
perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
Jenis-Jenis Cashback
Sudah banyak jenis program atau promo cashback yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat. Berikut jenis-jenisnya yaitu:
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.