Kenali Apa Itu Cashback, Jenis dan Keuntungan Untuk Penjualan Bisnis
Harmony Blog
Marketing
Kenali Apa Itu Cashback, Jenis dan Keuntungan Untuk Penjualan Bisnis
February 18, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Cashback adalah salah satu strategi marketing berupa penawaran persentase uang pengembalian. Seperti yang sudah Anda ketahui, promo cashback sangat di minati oleh kalangan masyarakat dan pebisnis pada masa kini.

Tentu metode ini sering digunakan di beberapa tempat seperti mall, marketplace dan lainnya. Hal ini juga merupakan suatu strategi pemasaran STP  yang dilakukan oleh pebisnis .

Cashback adalah sebuah program promosi berupa pengembalian dana setelah konsumen melakukan pembelian dengan syarat yang telah ditetapkan oleh penjual.

Pengertian cashback dapat diartikan sebagai pengembalian uang tunai langsung dari sebagian uang yang Anda gunakan untuk berbelanja barang maupun jasa. Sudah banyak perusahaan pembayaran digital juga memberikan cashback menarik bagi setiap pelanggannya.

Apa Itu Cashback?

Pengertian cashback adalah berasal dari kata cash yang artinya tunai dan back yang artinya pengembalian. Secara umum, cashback adalah suatu penawaran yang diberikan kepada konsumen dalam bentuk persentase pengembalian uang tunai atau berupa suatu barang dengan syarat memenuhi minimal pembelian yang ditentukan.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, cashback terbilang cukup berpengaruh dalam kemajuan bisnis. Sebab banyak konsumen yang berminat untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan hanya sekedar ingin mendapatkan cashback.

Namun banyak promosi yang sudah tidak melakukan pengembalian berupa uang tunai kepada pembeli. Biasanya pihak penjual memberikan cashback ke dalam bentuk deposit.

Hal ini dilakukan agar konsumen melakukan pembelian kembali dengan menggunakan deposit tersebut kepada pihak yang memberi promo. Selain itu, kegiatan promo ini sudah divariasikan, dan sudah banyak perusahaan yang memberikan pengembalian dalam bentuk barang.

Baca Juga: 10 Ide Strategi Pemasaran Usaha Makanan Ringan Agar Cepat Laku

Apa saja Keuntungan Cashback bagi Perusahaan?

Banyak keuntungan yang didapat oleh konsumen maupun perusahaan. Kelebihan yang didapat konsumen pada promo cashback adalah dapat membuat masyarakat lebih impulsif dalam berbelanja. Sebab dengan adanya promo cashback maka akan ada uang yang akan dikembalikan kepada konsumen.

Sedangkan bagi perusahaan, keuntungan dari adanya cashback adalah dapat meningkatkan jumlah transaksi dan juga jumlah pelanggan baru. Selain itu perusahaan juga akan semakin mudah meningkatkan rencana strategi  branding pada setiap strategi pemasaran produk usahanya.

Dengan adanya branding, maka dapat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk ataupun jasa yang Anda miliki dan branding juga akan membukakan peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi. 

Jenis-Jenis Cashback

Sudah banyak jenis program atau promo cashback yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat. Berikut jenis-jenisnya yaitu:

• Cashback Kartu Kredit



Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan jenis ini. Cashback kartu kredit merupakan jenis promo pembelian tunai yang diberikan oleh pihak bank penerbit kartu kredit tersebut. Untuk memperoleh promo ini Anda hanya perlu melakukan belanja online dan juga offline.

Selain itu konsumen akan mendapatkan cashback jika berbelanja dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Bukan hanya itu saja, jenis ini juga memiliki sebuah persyaratan, di mana konsumen akan mendapatkan pengembalian uang apabila jumlah biaya belanjanya sesuai dengan nominal yang sudah ditentukan.

Sebab jika semakin besar jumlah pembeliannya maka semakin besar pula cashback yang akan diberikan. Namun jenis ini tidak diberikan langsung dalam bentuk tunai, umumnya diberikan berupa dana deposit yang bisa digunakan untuk membayar cicilan dan mengurangi tagihan kartu kredit.

• Cashback Online Shop

Cashback online shop adalah jenis promo yang diselenggarakan oleh online shop dengan cara memberikan pengembalian uang dengan syarat konsumen harus melakukan pre order dengan membeli barang minimal dengan jumlah yang ditentukan.

Jenis promo yang diberikan oleh online shop tidak berupa pemberian uang secara tunai, melainkan berbentuk voucher belanja yang bisa digunakan untuk membeli barang di online shop yang sama di kemudian hari.

Meskipun konsumen tidak menerima pengembalian uang secara tunai, namun promo ini juga merupakan hal yang sangat menguntungkan bagi setiap konsumen maupun online shop tersebut.

Sebab contoh cashback berupa voucher belanja akan membuat konsumen untuk menghemat uang belanja pada pembelian berikutnya. Sedangkan bagi online shop, promo ini dapat memberikan keuntungan yang membuat konsumen menjadi loyal, sebab konsumen akan melakukan pembeliannya secara berulang di online shop tersebut.

• Promo Untuk Property

Cashback property merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer property. Tentu hal ini memberikan sebuah keuntungan jika konsumen membeli property yang mereka jual berupa rumah, apartemen, ruko dan lainnya.

Selain itu biasanya developer akan memberikannya dalam bentuk suatu barang sebagai pelengkap property yang dibeli, contoh cashback yg diberikan  seperti TV, AC, tempat tidur, lemari es dan lainnya.

Namun ada juga pengembang property yang memberikan hadiah berupa kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil. Namun hal ini dapat terjadi apabila harga property tersebut cukup besar.

Tentu jenis promo ini sudah banyak digunakan oleh pebisnis lainnya, dan jenis promo ini juga banyak di minati oleh konsumen karena mereka mendapatkan suatu bonus barang dari pembelian.

• Reward Program



Jenis ini bukan merupakan suatu pengembalian dalam bentuk uang tunai secara langsung, melainkan poin yang dikumpulkan oleh konsumen di setiap konsumen melakukan transaksi pembelian sebuah produk.

Kemudian poin tersebut dapat ditukar dalam bentuk sejumlah uang tunai, merchandise, voucher belanja, dan lain sebagainnya. Jenis penukaran tersebut dilakukan tergantung tawaran yang diberikan oleh pihak penyelenggara program promo cashback tersebut.

• Cashback Kendaraan Bermotor

Jenis promo ini merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh perusahaan pembiayaan atau leasing. Perusahaan pembiayaan atau leasing akan memberikan cashback apabila konsumen membeli kendaraan bermotor yang mereka beli.

Biasanya perusahaan akan melakukan pemberian uang kembali dalam bentuk suatu barang, contoh cashback yang diberikan seperti laptop, handphone, tablet, ataupun jenis produk lainnya yang dapat menarik perhatian konsumen.

custom-form-newsletter

Maka dapat disimpulkan bahwa cashback adalah bentuk penawaran yang dijalankan oleh merchant dengan memberikan persentase pengembalian atas sebuah transkasi yang dilakukan oleh konsumen.

Konsumen bisa mendapatkan cashback ini jika melakukan pembelian dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditentukan oleh merchant. Tentu dengan adanya promo seperti ini juga dapat memberikan keuntungan bagi merchant karena dapat meningkatkan jumlah pembelian serta menambah pelanggan baru.

Ketika sudah mendapatkan sebuah keuntungan, tentu yang harus Anda lakukan adalah menghitung setiap penjualan ataupun keuntungan yang sudah Anda hasilkan. Dengan cara menghitung keuntungan usaha, maka Anda dapat mengetahui keuntungan yang Anda hasilkan di setiap periodenya. Namun bagi Anda yang masih belum mengetahui cara menghitung profit , maka ada banyak pilihan pengunaan metode penghitungan yang dapat Anda gunakan.

Salah satu cara menghitung profit usaha Anda adalah dengan mengunakan laporan pembukuan secara online. Seperti halnya dengan menggunakan software akutansi Harmony. Software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/