Harmony Blog

Kelola Kas Bank Dengan Teknologi Rekonsiliasi Bank Otomatis

Diposting Mei 25th, 2021
127

SHARES

PEMBACA

Kas BankPin

Tentu dalam perusahaan, Anda memiliki kas bank yang perlu dilakukan pengaturan dengan baik. Agar semua transaksi yang masuk dapat diakui sebagai pendapatan usaha.

Bukan hanya itu, kas bank juga akan menunjukkan biaya yang Anda keluarkan dalam bisnis tersebut. Nah, bagi non pebisnis, kas bank ini merupakan rekening pribadi yang dimiliki dengan kebutuhan menyimpan uang atau transaksi konsumtif.

Mutasi kas bank adalah suatu pemindahan kas dari suatu akun ke akun yang lain atas kegiatan perusahaan.Click to Tweet

Dengan kata lain kas bank adalah suatu rekening koran perusahaan yang dipakai untuk pembayaran transaksi atau kegiatan perusahaan. Di mana transaksi ini seperti pemindahan, penyetoran dan penarikan kas yang paling lancar.

Sementara itu kegiatan kas bank ini juga berkaitan dengan rekonsiliasi bank yang berguna untuk mencocokkan transaksi saldo akhir perusahaan dengan bank.

Di mana kas bank tersebut juga terdiri dari kas kecil, kas besar dan ataupun rekening koran. Nah bagaimana pengelolaan kas bank tersebut hingga pencatatannya? Maka ketahui lebih lanjut cara mudahnya melalui artikel ini.

Kenali Istilah Mutasi Kas Bank

Secara umum istilah mutasi dikenal sebagai suatu pemindahan kas, begitu juga dengan kas bank adalah sebuah pemindahan kas dari satu akun ke akun lainnya.

Sehingga pemindahan ini terjadi karena adanya transaksi pengeluaran atau penerimaan kas dalam perusahaan.

Adanya transaksi penerimaan kas biasanya seperti penjualan tunai, pendapatan lain-lain, pinjaman uang, penerimaan piutang, bunga, dan sebagainya.

Sedangkan contoh pengeluaran kas adalah pembayaran utang, beban admin, pengambilan pribadi, pembelian dan lainnya.

Mutasi kas bank (rekening koran) perusahaan perlu dilakukan rekonsiliasi bank. Kegiatan berarti mencocokkan saldo perusahaan dengan bank.

Nah, apa sih yang dicocokkan dari perusahaan? Dokumen transaksi seperti pada dokumen penerimaan kas, biasanya didapat dari faktur penjualan tunai, kwitansi, kas, memo kredit bank, dan bukti setor bank.

Sedangkan dokumen pengeluaran kas itu didapat dari kwitansi, faktur pembelian tunai, faktur pembelian kredit, bukti penerimaan barang, bukti permintaan cek, dan bukti pengeluaran kas kecil.

Ketahui Pencatatan Mutasi Kas Bank

Berdasarkan kegiatan transaksi suatu bisnis, dalam penerimaan kas tentu juga akan dicatat ke dalam jurnal penerimaan kas sedangkan pengeluaran kas pastinya dicatat pada jurnal pengeluaran kas.

Setelah itu jurnal penerimaan dan pengeluaran kas ini akan diposting ke dalam buku besar secara berkala. Mengapa demikian?

Supaya Anda nantinya mengetahui saldo kas perusahaan tersebut. Namun apa saja kegiatan mutasi kas bank adalah:

  1. Menerima Dana (Cek) Dari Pihak Lain

    Merupakan transaksi penerimaan yang secara umum akan dicatat ke dalam buku jurnal penerimaan kas.

  2. Menyetor Uang Tunai (Cek) Ke Bank

    Transaksi ini biasanya akan dicatat dalam bentuk daftar setoran bank melalui slip setoran.

  3. Mengeluarkan Dana Kas, Cek, Atau Bilyet Giro

    Transaksi atas penarikan uang atau simpanan di bank, atau bahkan pengeluaran dana untuk pengisian kembali kas kecil. Maka transaksi ini tentu dicatat sebagai jurnal pengeluaran kas.

  4. Mengeluarkan Dana Kas Kecil Khusus

    Apabila pembayaran tersebut cukup rumit menggunakan cek dengan jumlah yang ditentukan, maka transaksi ini akan dicatat ke dalam jurnal kas kecil.

    Baca Juga: 2 Metode Pencatatan Persediaan, Pilih Mana Periodik Atau Perpetual?

Apa Saja Penyebab Rekonsiliasi Kas Bank?

Nah biasanya dalam rekening koran atau mutasi bank tersebut tentu akan membutuhkan rekonsiliasi bank untuk mencocokkan saldo bisnis Anda dengan pihak bank. Adapun penyebab terjadinya rekonsiliasi bank.

  1. Kesalahan Nasabah atau Bank

    Terjadinya kesalahan pencatatan di antara kedua pihak dapat mengakibatkan saldo bank tidak sama dengan saldo buku nasabah. Oleh karena itu sebagai akuntan biasanya akan membuat jurnal penyesuaian untuk mengatasi masalah ini.

  2. Kredit Bank

    Adanya penagihan maupun deposito bank tentu kepentingan ini dilakukan supaya tidak diketahui oleh nasabah hingga pencetakan rekening koran.

  3. Setoran Perjalanan

    Setelah setoran kas akhir bulan sudah dicatat dalam buku penyetor, maka selama satu bulan bank tersebut akan diterima dan dicatat oleh bank untuk bulan berikutnya.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Cek Beredar

    Adanya cek ini biasanya dicatat oleh penyetor, sehingga ketika terjadi uang masuk maka bukti tertulis penerimaan kas bank meliputi kwitansi, copy nota kontan, atau bukti yang dibuat oleh perusahaan sebagai bukti kas masuk.

    Berbanding terbalik dalam dokumen pengeluaran kas bank yang meliputi kwitansi, nota kontan, atau bukti yang dibuat oleh perusahaan seperti bukti kas keluar.

  5. Beban Bank

    Beban bank terhadap saldo nasabah akan dicatat ke dalam pos biaya seperti biaya pelayanan, penulisan cek, dan sebagainya.

    Di mana transaksi ini mungkin tidak disadari pengurangan dana perusahaan yang ada di bank. Nah beban bank inilah yang tentu membutuhkan jurnal penyesuaian oleh akuntan sebagai siklus akuntansi biaya.

    Baca Juga: Contoh Laporan Stok Barang Gudang Dan Cara Membuatnya

Bagaimana Cara Pencatatan Dengan Teknologi Rekonsiliasi Bank Otomatis?

Mungkin selama ini melakukan rekonsiliasi bank masih secara manual. Nah, kini tidak perlu lagi Anda bisa langsung menggunakan teknologi untuk membantu Anda rekonsiliasi ribuan transaksi bank.

Maka penting bagi seorang pebisnis dan akuntan di perusahaan memahami bagaimana cara pencatatan mutasi kas bank. Yuk, simak cara mudahnya melalui aplikasi Harmony di bawah ini.

  • Login Aplikasi Harmony

    Masuk ke aplikasi Harmony.co.id, Apabila Anda belum punya? Miliki akun Gratis 30 Hari klik di sini. Jika sudah memilikinya, Anda bisa langsung pilih “Log in here”.

    Sign upPin

  • Daftarkan Akun Kas dan Bank Perusahaan

    Bagi Anda yang baru menggunakan Harmony, pastikan Anda mendaftarkan akun kas bank baru perusahaan Anda melalui menu “Kas & Bank” lalu klik “Kas & Bank Baru”. Ini juga bisa Anda lakukan untuk penambahan akun rekening baru atau kas kecil bisnis Anda.

    Kas bankPin

  • Hubungkan Rekening Bank Anda dengan Harmony melalui One Feed

    Nah, setelah itu Anda bisa melakukan rekonsiliasi bank dengan otomatis melalui Fitur One Feed yang diberikan Harmony. Bagaimana caranya?

    Jika sudah memasukkan akun kas bank, maka Anda bisa langsung klik “Hubungkan OneFeed” kemudian ikuti petunjuk berikutnya saja.

    Hubungkan onefeedPin

  • Manfaatkan Fasilitas Impor Rekening Koran

    Gambaran di atas adalah untuk Anda yang ingin melakukan pembukuan kas bank dari saat mendaftar sampai ke depannya.

    Namun, jika Anda ingin melakukan pembukuan kas atau mutasi kas bank dari periode sebelum Anda mendaftar, maka Anda bisa menggunakan “Impor Rekening Koran” yang dapat membantu Anda.

    Caranya mudah, menu “Kas & Bank”, klik Nama Bank yang ingin Anda lakukan impor rekening koran. Lalu klik “Impor Rekening Koran” seperti gambar di bawah ini.

    Rekening koranPin

  • Rekonsiliasi Ribuan Transaksi Bank Dengan Mudah dan Cepat

    Selanjutnya adalah cara rekonsiliasi bank yang mudah. Pada menu Kas & Bank, silahkan Anda pilih akun bank yang ingin dilakukan rekonsiliasi.

    Kemudian pilih bagian “Rekonsiliasi”, dan Anda akan melihat daftar transaksi yang perlu dilakukan rekonsiliasi.

    Transaksi yang Anda upload (transaksi mutasi kas bank) akan berada di kolom kiri, dan transaksi Harmony Anda (jika ada) akan berada di bagian kanan secara otomatis.

    Untuk membantu Anda lebih lengkap, bisa melihatnya dalam buku panduan tentang rekonsiliasi bank.  Rekonsiliasi otomatisPin

Nah rekonsiliasi bank melalui software Harmony sangat mudah bukan? Dalam teknologi sekarang kemungkinan sebagian dari pebisnis membutuhkan rekonsiliasi bank secara otomatis, lebih efisien, mudah, dan mengurangi human error.

Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi akuntansi berbasis cloud dalam membantu pengelolaan transaksi bisnis Anda. Salah satunya yaitu Harmony Software akuntansi.

Rekonsiliasi bank Harmony juga bekerja sama dengan berbagai bank besar di Indonesia. Untuk menghadirkan kemudahan dalam proses penarikan informasi rekening koran supaya dapat menerima pencatatan seluruh transaksi bisnis Anda.

Yuk, coba gunakan software akuntansi seperti Harmony yang dapat dengan mudah melakukan rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, pembuatan invoice otomatis, pemantauan stok, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Gunakan Harmony sekarang juga GRATIS 30 hari di sini.

Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony