Harmony » Blog » 

Kenali Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Media dan Tujuannya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 29, 2021

Tertarik membeli produk yang telah ditampilkan dalam beberapa jenis jenis iklan? Nah inilah saat yang tepat bagi pebisnis untuk melakukan strategi pemasaran produk makanan, minuman, skincare, dan sebagainya.

Secara umum jenis jenis iklan bisa Anda temui di mana saja, pada televisi, media sosial, baliho dan banyak jenis iklan berdasarkan media lainnya.

Berbagai jenis jenis iklan digunakan untuk mencapai suatu target perusahaan dalam menyampaikan informasi langsung kepada publik.Click to Tweet

Sehingga dengan begitu iklan dikenal sebagai media informasi yang dilakukan perusahaan, perseorangan, atau instansi lainnya dimana diperuntukkan oleh publik.

Dari banyak jenis jenis iklan yang Anda temui bahwa memiliki pembagian atas macam macam iklan, yang mana jenis jenis iklan ini diklasifikasikan menjadi beberapa media, tujuan serta isinya melalui artikel ini.

Ketahui Apa Itu Istilah Iklan?

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa sebagai pebisnis tentunya memerlukan rencana strategi pemasaran produk melalui iklan.

Oleh karena itu secara pengertiannya iklan dikenal sebagai aktivitas promosi, dan memiliki tujuan untuk menjual hingga menginformasikan produk kepada masyarakat.

Jenis Jenis Iklan

Dengan memanfaatkan berbagai jenis iklan ini biasanya bisa dikategorikan sebagai target audiens besar maupun kecil, namun dalam periklanan ini memang cara ini terlihat lebih tua dari kegiatan pemasaran di masa teknologi saat ini.

Dengan adanya periklanan internet tersebut maka dibagi menjadi dua, yaitu periklanan tradisional maupun periklanan digital.

Melalui iklan ini biasanya akan membantu perusahaan untuk mengenalkan brand yang ditawarkan.

Sehingga tanpa menggunakan iklan berbayar, pebisnis akan sangat sulit dalam mencapai tujuan tertentu.

Maka dari itu dengan bantuan iklan ini akan menambah pemikiran yang menarik dan berkualitas di benak masyarakat.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)

Selain itu dalam membuat iklan tentu harus mengontrol atas pembuatan konten dan isi pesannya, yang mana iklan tersebut adalah salah satu cara yang dapat menjamin jangkauan konsumen secara luas.

Melalui iklan yang menarik serta pengeluaran terjangkau akan membantu Anda menarik perhatian publik, sehingga iklan tersebut berdampak yang baik secara langsung pada bisnis.

Apa Saja Jenis Jenis Iklan?

Adapun berikut ini beberapa jenis jenis iklan yang perlu Anda ketahui serta contohnya:

Jenis Iklan Menurut Isi Iklan

Salah satu pilihan untuk mengiklankan produk yang cocok untuk Anda yaitu, dengan menentukan target serta isi iklan tersebut untuk menjangkau konsumen atau publik sebanyak mungkin.

Adapun macam macam iklan yang berdasarkan isinya yaitu:

  • Pengumuman atau Pemberitahuan
    Jenis iklan sepeti ini adalah iklan yang bersifat memberitahukan suatu berita yang penting untuk dikonsumsi masyarakat tertentu atau biasa dikenal target pasar. Berikut ini contoh iklan pengumuman atau pemberitahuan meliputi:

    • Iklan lowongan pekerjaan
    • Iklan berita duka cita
    • Iklan lelang
    • Iklan reuni akbar
    • Iklan seminar/webinar
  • Pelayanan Masyarakat
    Lain halnya dengan iklan ini, mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah atau institusi besar. Mengapa? Karena ada tujuan khusus yaitu memberikan informasi yang ditujukan untuk warga di suatu negara. Contoh iklan layanan masyarakat yaitu:

    • Iklan bahaya merokok
    • Iklan pelarangan penyalahgunaan narkoba
    • Iklan menghemat energi listrik
  • Penawaran (Perniagaan)
    Sudah jelas, bahwa iklan ini merupakan pemberitahuan yang memang memiliki manfaat profit di dalamnya agar siapapun yang melihat akan tertarik untuk membeli produk/jasa tersebut. Contoh penawaran produk atau jasa seperti:

    • Iklan produk (pakaian, handphone, tas, sepatu, dsb.)
    • Iklan jasa (jasa kurir, jasa penjahit, jasa pijat, dll.)

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Jenis Iklan Berdasarkan Media

Adapun macam macam iklan yang berdasarkan medianya meliputi:

  • Elektronik
    Salah satu jenis iklan berdasarkan media bisa Anda ketahui yaitu iklan elektronik, dimana iklan ini banyak sekali Anda temui dimanapun, seperti contoh:

    • Iklan radio
    • Iklan televisi
    • Iklan film
    • Iklan luar ruangan
  • Media Cetak
    Berdasarkan jenis iklan media lainnya yaitu media cetak, dimana cara ini sudah lama harus dicetak dan dipasang. Apalagi ketika contoh media tersebut sering Anda temui pada majalah, koran, selembaran, poster, baliho dan lainnya.Media Cetak IklanDalam memasang iklan ini tentu harus berdasarkan ketentuan dan syaratnya, yang mana iklan ini harus dipasang kurang dari 4 baris kolom iklan.

    Serta ukurannya harus lebih tinggi dari iklan baris karena iklan ini biasanya memiliki ukuran yang luas.

Jenis Iklan Berdasarkan Internet

Sumber iklan yang berdasarkan internet biasanya dikategorikan ke dalam jenis iklan secara online, di mana iklan ini ternyata dapat menghemat biaya perusahaan untuk menarik konsumen dalam membeli produk.

Melalui iklan ini juga Anda juga bisa menjangkau masyarakat secara global, dengan biaya rendah.

Biasanya konsumen akan menelusuri bisnis online tersebut sampai konsumen tersebut memutuskan produk mana yang akan dibeli.

Sehingga sebaiknya situs web bisnis Anda harus dirancang dengan baik dan dapat menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. oleh karena itu ada banyak cara dalam mempromosikan produk Anda secara online walaupun berbayar sehingga nantinya dapat meningkatkan peringkat search engine Anda.

Untuk cara lain dalam mengiklankan bisnis Anda secara online yaitu dengan mempromosikan produk atau layanan melalui media sosial. Dimana hal ini bisa dilakukan secara blog dan search engine melalui mesin pencari ataupun situs web lain yang bisa dikunjungi oleh konsumen Anda.

[elementor-template id="26379"]

Jenis Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

Adapun beberapa jenis jenis iklan berdasarkan tujuannya yang bisa Anda ketahui meliputi:

  • Komersial
    Dalam iklan secara komersial ini biasanya disebut sebagai salah satu jenis jenis iklan berdasarkan tujuannya, mengapa begitu? Karena iklan ini tidak semata-mata untuk memperkenalkan saja tetapi juga untuk mempengaruhi peningkatan penjualan. Contoh iklan komersial tersebut yaitu:

    • Industri
    • Perdagangan
    • Profesional
    • Pertanian
  • Non-Komersial
    Disisi lain selain komersial maka ada kebalikannya yaitu jenis iklan non komersial, di mana iklan ini hanya bisa dilakukan oleh pihak lembaga amal atau untuk meminta bantuan umum dan keuangan (misal pengumpulan sumbangan atau penjualan tiket).

Itulah penjelasan singkat mengenai berbagai macam macam iklan yang bisa Anda manfaat pada perusahaan, sehingga dengan adanya iklan ini Anda menjadi terbantu untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan.

Namun sesuai pembahasan di atas bahwa iklan juga membutuhkan adanya biaya iklan dimana hal ini harus melibatkan arus kas keluar serta pencatatan pembukuan.

Nah untuk mendapatkan pencatatan dan pembukuan yang rapi dan detail, maka Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan teknologi akuntansi Harmony.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya.

Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram