Inilah Perbedaan Kontraktor Independen Dan Karyawan
Harmony Blog
Business
Inilah Perbedaan Kontraktor Independen Dan Karyawan
November 2, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sumber daya manusia menjadi bagian penting dalam menjalankan perusahaan. SDM bisa menjadi intangible asset yang mampu memajukan kinerja perusahaan. Ada dua jenis SDM dalam dunia kerja yakni kontraktor independen dan karyawan. Penggunaan jasa kontraktor independen sudah biasa dalam dunia kerja.

Kontraktor independen bisa bekerja untuk banyak klien sementara karyawan memiliki jam kerja dan gaji tetap.

Skill yang dimiliki oleh kontraktor independen tak kalah dengan karyawan pada umumnya serta memahami etika bisnis yang ada. profesi ini tidak sama dengan freelancer walaupun memiliki prosedur kerja yang hampir sama. Kontraktor independen memiliki kebebasan yang lebih ketimbang freelancer saat mengerjakan proyek.

Definisi Karyawan

Karyawan merupakan seseorang yang bekerja penuh terhadap majikannya. Proses kerjanya bersifat teratur dan melalui proses rekrutmen yang telah ditentukan. Karyawan sendiri ada yang bekerja paruh waktu dan full time. Karyawan mampu melakukan manajemen waktu yang baik atas pekerjaannya karena memiliki jam kerja yang tetap.

Ia mendapatkan gaji tetap setiap bulannya. Bagaimana ia bekerja dan kapan ia bekerja telah diatur oleh majikan. Perusahaan memiliki kontrol penuh atas dirinya serta terdapat kontrak tertulis maupun tersirat yang disepakati keduanya.

Definisi Kontraktor Independen

Kontraktor independen bisa berupa perorangan, pelaku bisnis maupun korporasi yang menyediakan barang maupun jasa pada pihak yang membutuhkan dengan syarat yang telah ditentukan dalam kontrak tertulis maupun kesepakatan verbal. profesi ini tidak memiliki gaji yang teratur dan dibayar layaknya freelancer.

Sementara tipe tipe freelancer terbagi atas 4 jenis yakni tipe moonlighter, diversified worker, temporary worker dan freelancer business owners. Tipe diversified worker merupakan yang paling dominan dibanding lainnya. Diversified worker adalah jenis freelancer yang bekerja pada berbagai bidang sehingga memiliki klien yang berbeda-beda.

Umumnya ia adalah pekerja lepas yang melakukan pekerjaan di luar jam kerja tetap. Contoh dari freelance tipe ini adalah video editor yang mana hari ini ia bekerja untuk klien A besok ia bisa bekerja untuk klien B. Sementara tipe freelancer lainnya bisa bekerja untuk satu klien saja maupun pekerjaan tetap dan sampingan.

custom-form-newsletter

Perbedaan Karyawan dan Kontraktor Independen

Perbedaan antara karyawan dan kontraktor independen sebenarnya dapat terlihat dengan jelas dari jam kerjanya. Selain itu perbedaan lainnya bisa Anda simak dalam tabel berikut ini :

Selain perbedaan diatas terdapat pula hal-hal yang membedakan antara kontraktor independen dan karyawan dibawah ini :

• Dalam menyediakan alat, bahan dan peralatan kerja lainnya disediakan oleh pimpinan perusahaan bagi karyawan. Sementara kontraktor independen menggunakan sumber daya yang dimilikinya

• Karyawan tidak dapat mendelegasikan pekerjaannya serta di bawah kendali penuh pimpinan sementara kontraktor independen memiliki kendali sendiri

• Pemasukan karyawan adalah gaji ataupun upah sementara kontraktor independen mendapatkan pendapatan pada setiap proyek yang telah diselesaikannya

• Kontraktor independen dapat menentukan sendiri waktu dan tempat dimana ia bekerja sementara karyawan harus bekerja di kantor

• Kontraktor independen memiliki tanggung jawab lebih besar dibandingkan dengan karyawan. Hal ini karena biaya yang terkait pekerjaan ditanggung oleh kontraktor independen sementara karyawan ditanggung oleh perusahaan.

Walaupun memiliki perbedaan yang cukup signifikan namun keduanya dituntut memiliki komunikasi bisnis dan memahami positioning dalam bekerja. Bagi Anda kontraktor independen yang bekerja di bidang finance dan perpajakan bisa  menggunakan Harmony Accounting Software. Software akuntansi ini mampu menghasilkan laporan keuangan dengan desain minimalis dan elegan.

Harmony dapat melakukan pekerjaan siklus akuntansi mulai dari pencatatan transaksi, pembuatan jurnal, rekonsiliasi bank hingga posting buku besar. Selain itu Harmony dapat digunakan untuk online shop, UMKM hingga perusahaan dengan banyak anak cabang. Anda bisa menggunakan mata uang berganda sekaligus membuat invoice dan penawaran. Tak berhenti disitu saja Anda bisa DapatkanSoftware Harmony GRATIS 30 Hari cukup dengan membuat akun disini.

Untuk Anda yang ingin terima beres pembukuan perusahaan, Anda memerlukan jasa pembukuan seperti Harmony Accounting Service. Jasa pembukuan Harmony akan membantu Anda untuk merapikan pembukuan bisnis Anda, sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di FacebookInstagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/