Harmony Blog

Apa Yang Dimaksud Dengan Komunikasi Bisnis? Simak Selengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

apa yang dimaksud komunikasi bisnisPin

Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis? merupakan inti dari 8 pertanyaan penting pemilik bisnis ditengah krisis saat ini. Karena dengan tidak adanya komunikasi bisnis dapat mengurangi kesenjangan sosial yang terjadi dalam perusahaan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut pemilik bisnis harus memahami betul apa yang dimaksud dengan komunikasi sehingga dapat diterapkan dalam perusahaan.

Pentingnya komunikasi bisnis diterapkan dan dijalankan dalam perusahaan, akan menciptakan etos kerja dan motivasi kerja positif pada setiap karyawan.

Pemahaman itu juga harus diketahui oleh setiap karyawan dalam perusahaan sehingga dapat terjadi komunikasi bisnis yang dua arah. Kali ini akan dibahas mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis itu sendiri secara lengkap.

Perusahaan bisa mengadakan kegiatan komunikasi bisnis yang bersifat mingguan, bulanan bahkan tahunan.Kegiatan mingguan seperti meeting mingguan pada setiap lini manajemen.

Setelah itu hasil meeting mingguan bisa disampaikan pada meeting bulanan antar lini manajemen. Dan kegiatan tahunan biasanya ditutup dengan kegiatan officer gathering untuk membahas kinerja perusahaan selama setahun dan pembentukan planning kerja untuk tahun berikutnya.

Pengertian Komunikasi Bisnis

Adapun pengertian komunikasi bisnis menurut beberapa ahli, diantaranya sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, menjelaskan pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis harus ada melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara menawar kan produk biar lebih efektif.

Menurut Persing (1981:108), pengertian komunikasi bisnis adalah proses penyampaian arti melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal.

Menurut Rosenbalt (1982:7), pengertian komunikasi bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol/tanda untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan.

Menurut Katz (1994:4), apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis sama halnya dengan adanya pertukaran ide, pesan dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial.

Dari keempat pengertian komunikasi bisnis diatas dapat disimpulkan apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah upaya perusahaan dengan melakukan adanya pertukaran ide-ide, gagasan dan opini setiap karyawan sehingga dapat terjadi komunikasi bisnis dua arah. Hal tersebut dipicu agar semakin meningkatkan motivasi bisnis dan kinerja dari perusahaan tersebut.

Adapun apa yang dimaksud dengan unsur komunikasi bisnis ialah elemen penting yang terkandung dalam komunikasi bisnis seperti harus memiliki tujuan yang sejalan dengan target perusahaan, media komunikasi bisnis langsung bertatap muka secara langsung, dan menggunakan bisnis model canvas agar mempermudah pekerjaan setiap karyawan.

Baca Juga : Cara Mengelola Bisnis UKM

Bentuk-Bentuk Komunikasi Bisnis

Bentuk Bentuk Komunikasi Bisnis dapat digolongkan menjadi dua bagian yaitu komunikasi verbal maupun non verbal. Berikut penjelasannya:

Komunikasi Verbal

Bentuk bentuk komunikasi verbal ini penyampaian pesan atau informasi menggunakan media tertulis maupun bahasa lisan dengan intonasi bahasa yang baik sehingga isi pesan atau informasi tersebut tersampaikan dengan baik. Adapun contoh komunikasi verbal seperti orang sedang berdiskusi atau sedang menelpon seseorang.

Komunikasi Non Verbal

Bentuk bentuk komunikasi non verbal merupakan kebalikan dari bentuk bentuk komunikasi verbal melainkan melalui media non lisan tanpa kata-kata (Gerakan tubuh, sentuhan, vokalik). Contoh komunikasi non verbal seperti gerakan tubuh seorang pantomin yang ingin menyampaikan sesuatu pesan dan sandi morse.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis-Jenis Komunikasi Bisnis

Dalam dunia bisnis adapun jenis jenis komunikasi bisnis berdasarkan beberapa kategori, diantaranya sebagai berikut:

1.Berdasarkan Jenis Media Informasi

a. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan ini termasuk dalam komunikasi verbal yang sangat populer dan dipakai dalam komunikasi sehari-hari antara sesama manusia. Adapun beberapa elemen penting yang mempengaruhi terjadi komunikasi lisan seperti pitch control, volume kecepatan dan kejelasan setiap kata-katanya. Jenis ini menggunakan media penyampaian secara lisan.

b. Komunikasi Tertulis

Apa itu komunikasi tertulis pastinya selalu menggunakan berbagi macam tanda atau simbol dalam penyampaiannya sehingga sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Sudah banyak media yang dipergunakan dalam jenis komunikasi tertulis seperti surat elektronik, laporan keuangan, catatan dan lain-lainnya.

2.Berdasarkan Kondisi

a. Komunikasi Formal

Yang menjadi ciri khas dari komunikasi formal adalah komunikasi bisnis ini terjadi melalui saluran komunikasi organisasi resmi. Contohnya seperti surat tugas resmi dari kantor, surat keterangan untuk adakan rapat dan ucapan seorang manajer bertanya perihal tugas kantor pada bawahannya.

b. Komunikasi Informal

Komunikasi bisnis yang terjadi diluar komunikasi formal. Contohnya seperti adanya komunikasi antara manajer dan karyawan disaat jamuan makan siang bersama dan jamuan kopi bersama.

c.Komunikasi Non Informal

Komunikasi jenis ini biasanya dihubungan dengan hal hal yang bersifat pribadi tetapi dikomunikasikan diluar komunikasi formal dan diluar komunikasi non formal. Contohnya seperti curhatan hati manager kepada karyawan dengan tanpa melihat sebagai atasan bawahan tapi sebagai teman.

3.Berdasarkan Ruang Lingkup

a. Komunikasi Intenal

Apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis adalah terjadinya pertukaran gagasan atau ide antar karyawan internal perusahaan saja. Komunikasi internal ini harus diterapkan dan dilaksanakan secara konsisten dengan beberapa periode bisa bersifat mingguan atau bulanan.Teknologi informasi dan komunikasi digunakan untuk mengirimkan surat elektronik atau menghubungkan sistem komunikasi internal seperti intranet yakni sistem internet yang dirancang khusus bagi internal perusahaan.

b. Komunikasi Ekternal

Apa yang dimaksud dengan komunikasi eksternal adalah komunikasi yang dilakukan antar cabang perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan kini mulai menggunakan sistem teknologi untuk berkomunikasi dengan konsumen dan menjalankan e-commerce. Berkomunikasi dengan cabang lain melalui internet sebagai media komunikasi atau sistem yang sama dan menjalankan e-business.

Adapun contoh komunikasi eksternal bersifat resmi seperti surat rapat, periklanan, pemasaran dan website. Dan komunikasi eksternal bersifat tidak resmi seperti external grapevine dan spionase industrial.

4.Berdasarkan Arah Tingkatan

a. Komunikasi Keatas

Komunikasi ini dapat diilustrasikan arah tingkatan terjadi komunikasi dari bawah keatas dengan kata lain dari bawahan sebagai pihak kurang berkuasa kepada atasan sebagai pihak berkuasa. Biasanya komunikasi keatas seperti membicarakan mengenai komplain konsumen, mengenai kesalahan dalam proses produksi atau masalah-masalah yang berhubungan dengan etika berbisnis.

b. Komunikasi Kebawah

Komunikasi kebawah merupakan kebalikan dari komunikasi keatas yang mana terjadi komunikasi dari pihak berkuasa (pimpinan) kepada pihak kurang berkuasa (bawahan). Seperti contohnya adanya intruksi bersifat urgent dari pimpinan kepada bawahan untuk cepat diproduksi. Pada dasarnya komunikasi jenis ini digunakan secara umum dalam perusahaan.

c. Komunikasi Kesamping atau Setingkat

Apa yang dimaksud komunikasi kesamping atau bisa dikenal dengan istilah komunikasi horizontal adalah adanya pertukaran informasi antar sesama karyawan atau staff dalam perusahaan. Komunikasi ini bagus untuk menghindari stagnansi dalam bekerja. Perusahaan bisa mengadakan acara office gathering atau family gathering setahun sekali.

Seperti itulah penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan komunikasi bisnis sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial atau masalah-masalah yang dapat merugikan profit dan keuntungan perusahaan.

Untuk menghitung keuntungan dan profit Anda membutuhkan alat bantu seperti software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK