Pernahkah Anda mendengar istilah Time is Money? Peribahasa itu mengungkapkan bagaimana setiap orang diharuskan untuk menghargai waktu seperti uang. Salah satu bentuk menghargai waktu tersebut adalah dengan cara membuat sebuah manajemen waktu (Time Management) yang terperinci, apalagi jika Anda sebagai seorang pebisnis dengan konsep bisnis modal canvas yang ingin lebih terorganisir segala pekerjaannya sesuai waktunya.
Namun apa sebenarnya manajemen waktu tersebut? Bagaimana cara mengelola waktu dengan baik? Apa saja manfaatnya? Simak informasi dan tips dibawah ini.
Pentingnya disiplin dalam manajemen waktu adalah suatu hal yang patut diterapkan jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, pahami dan aplikasikan tipsnya.
Table of Contents
Manajemen waktu merupakan suatu daya upaya untuk mengorganisasikan, mengontrol, merencanakan serta mengatur waktu yang akan dipakai untuk dapat melakukan kegiatan tertentu secara efektif untuk mencapai suatu tujuan. Jadi dengan adanya manajemen waktu yang baik, Anda akan lebih menghargai waktu sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien, serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan.
Manajemen waktu pun merupakan suatu kolaborasi dari berbagai perancangan proses, teknik, alat, serta metode.
Seperti yang sering Anda tahu dalam dunia bisnis selain pentingnya etika dalam berbisnis, disuatu proyek tertentu pun terdapat manajemen waktu yang merupakan hal yang mutlak dilakukan karena dapat memberikan manfaatnya seperti bisa menentukan kapan suatu proyek dapat dimulai ataupun diselesaikan.
Menurut Haynes (1994),"Suatu proses pribadi dengan memanfaatkan analisis dan perencanaan dalam menggunakan waktu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi."
Menurut Taylor (1990), "Pencapaian sasaran utama kehidupan sebagai hasil utama kehidupan sebagai hasil dari menyisihkan kegiatan-kegiatan yang tidak berarti yang sering memakan banyak waktu."
Dengan beberapa pengertian diatas tidak sedikit juga manfaat yang Anda akan dapatkan dan rasakan jika Anda melakukannya dengan sangat sempurna dan terperinci. Berikut adalah manfaat dalam melakukan manajemen waktu.
Manajemen waktu yang baik akan berdampak juga pada peningkatan produktifitas dan efisiensi, kesuksesan dalam hidup begitupun dengan bisnis Anda. Berikut benefit dari manajemen waktu :
Manfaat yang pertama adalah lebih banyak waktu. Semakin Anda handal dalam melakukan manajemen waktu dengan cermat baik dari segi kehidupan Anda maupun segi bisns, maka Anda akan dapat menikmati waktu yang lebih luang untuk kegiatan yang bermanfaat lainnya seperti melakukan hobi Anda atau mungkin menghabiskan waktu bermain Bersama keluarga.
Benefit yang kedua adalah meningkatkan kedisiplinan diri. Karena dengan memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pastinya anda akan menjadi lebih disiplin menyelesaikan semua pekerjaan.
Salah satu bentuk cara pengelolaan bisnis UKM yang sukses adalah dengan memanfaatkan waktu seefisien mungkin. Apalagi jika bisnis Anda yang baru berjalan tidak begitu lama, itu sangat penting dilakukan, karena Anda tidak akan lagi berfikir untuk mencoba menunda pekerjaan karena mempunyai manajemen waktu.
Manfaat yang selanjutnya adalah dapat membuat Anda menjadi lebih bertanggung jawab.
Pengaturan waktu yang cermat tentunya dapat membuat Anda menjadi lebih bertanggung jawab atas semua tugas yang telah diberikan kepada Anda.
Pastinya Anda akan berusaha untuk mengerjakan pekerjaannya dengan penuh rasa tanggung jawab supaya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan tepat waktu sesuai yang diharapkan.
Benefit yang terakir adalah Anda dapat menghilangkan stess. Dengan mengikuti list tugas yang telah dibuat tersebut akan mengurangi kepadatan pekerjaan yang membuat Anda stress.
Namun jika Anda sudah mengalaminya, disarankan untuk menemukan motivasi bisnis yang membangkitkan semangat Anda lagi dalam berbisnis.
Namun sangat disayangkan, masih banyak orang-orang yang menghiraukan manajemen waktu ini sehingga masih saja ada yang lalai dan terkesan waktu yang tersedia tersebut kurang dan terbuang percuma dan dapat.
[elementor-template id="26379"]
Benefit-benefit yang didapatkan tentunya tidak datang dengan begitu saja. Perlu adanya tindakan-tindakan seperti tips yang harus dilakukan dalam proses manajemen waktu tersebut. Dan berikut ini 5 Tips manajemen waktu yang mudah diterapkan, yaitu :
Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah atur diri Anda. Manage diri Anda dapat dilakukan dengan hal kecil terlebih dahulu dengan memanfaatkan sebuah kalender Anda untuk manajemen waktu Anda dalam jangka panjang.
Sebagai contoh dalam sebuah bisnis Anda pada suatu proyek yang sedang Anda kerjakan, Anda dapat menulis tanggal waktu untuk proyek Anda, serta tugas-tugas yang harus diselesaikan pada proyek tersebut. Seperti dengan membuat jadwal meeting untuk membahas tentang laporan keuangan kantor.
Tips yang kedua adalah sebaiknya untuk memulai perencanaan kedepan, Anda dapat memikirkan dan mencatat terlebih dahulu kegiatan-kegiatan apa saja yang terpenting yang mau Anda lakukan dihari ini dan mulailah hari Anda dengan buah pemikiran atau gagasan yang pasti, hal tersebut berguna agar dapat mengatasi stagnansi dalam berbisnis.
Untuk mempermudah Anda melakukannya dengan baik disetiap harinya, Anda dapat membiasakan diri untuk menulis list perencanaan kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya dengan pasti.
Tips manajemen waktu yang ketiga adalah dengan menetapkan tujuan dengan benar. Tetapkanlah tujuan Anda yang dapat dicapai. Anda dapat memakai metode SMART saat menetapkan tujuan. Makesure tujuan yang Anda tetapkan tersebut adalah Spesifik (Specific), terukur ( Misureable), dapat dicapai (attainable), relevan (relevant), tepat waktu (timely)
Tips yang selanjutnya yaitu utamakanlah tugas-tugas Anda berdasarkan kepentingan dan urgensi. Sebagai contohnya dengan melihat tugas harian Anda, Anda dapat menentukan hal yang mana :
A. Penting dan mendesak
Segeralah lakukan tugas ini.
B. Penting tapi tidak mendesak
Ambil keputusan kapan tugas ini dilakukan.
C. Tidak mendesak dan tidak penting
Mengesampingkan ini untuk dilakukan nanti.
D. Mendesak tapi tidak penting
Delegasikan tugas ini kalau memungkinkan.
Tips yang terakhir ini adalah dengan memberikan deadline untuk setiap tugas Anda karena dengan hal itu akan membuat Anda lebih focus dalam mengerjakan tugas yang akan Anda lakukan.
Pentingnya melakukan manajemen waktu dapat menciptakan seluruh pekerjaan yang dilakukan dapat terselesaikan dengan baik termasuk sebuah bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini. Karena pebisnis yang sukses adalah pebisnis yang disiplin baik disiplin waktu maupun disiplin lainnya. Namun selain disiplin yang baik, disiplin dalam pengelolaan keuangan yang baik juga tidak kalah pentingnya dalam berbisnis.
Untuk menghindari keuangan yang amburadul perlu sebuah sistem pencatatan keuangan yang rapi, dan terintegrasi. Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi yang memiliki teknologi cloud based serta sebagai teman setia pebisnis dalam membuat laporan keuangan bisnisnya.
Jadilah bagian dari pebisnis yang dapat mengembangkan usahanya lebih cepat lewat event tahunan yang diselenggarakan di FinTax. Penasaran dengan Harmony? Anda bisa daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang.