Incoterms : Kenali Tujuan dan Jenisnya untuk Aktivitas Ekspor Impor Anda
Harmony Blog
Business
Incoterms : Kenali Tujuan dan Jenisnya untuk Aktivitas Ekspor Impor Anda
November 17, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Jika Anda adalah pengusaha ekspor impor, maka Anda pasti sudah tidak asing dengan kata incoterms. Pengunaan incoterms sering digunakan dalam perdagangan internasional.

 Para eksportir dan importir sebaiknya mengetahui tentang istilah-istilah dalam incoterms yang sering dipakai dalam perdagangan internasional.

Sebelumnya sebagai pebisnis yang andal, Anda harus menguasai bisnis secara komprehensif. Hal mendasar yang perlu dikuasai mulai dari bagaimana mengurus izin usaha sampai dengan mengetahui istilah-istilah dalam dokumen usahanya.

Para eksportir dan importir wajib mengetahui arti dari istilah-istilah incoterms agar lebih mudah dalam menjalankan bisnisnya. Yuk simak penjelasan tentang incoterms berikut ini.

Pengertian Incoterms

Incoterms merupakan singkatan dari International Commercial Terms. Secara etimologi ketiga kata ini memiliki pengertian yaitu :

– International berarti internasional atau antar negara.

– Commercial berarti perdagangan atau berhubungan dengan perdagangan.

– Terms merupakan bentuk jamak dari Term yang berarti Istilah-istilah.

Secara harafiah incoterms adalah kumpulan istilah yang dibuat untuk menyamakan pengertian antara penjual dan pembeli dalam perdagangan internasional. Tujuan penyamaan pengertian tersebut agar komunikasi berjalan baik dan perdagangan internasional bisa berjalan lancar.

Baca juga : 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya

Incoterms mencakup hal-hal yang berkaitan dengan jual beli internasional dari mulai pertanggungjawaban proses ekspor impor, pengiriman barang, penanggung biaya dan lain sebagainya.

Penggunaan istilah-istilah ini juga berhubungan dengan pencatatan akuntansi perusahaan yang bersangkutan. Jadi istilah-istilah dalam incoterm juga harus dimengerti oleh pebisnis dan juga akuntan yang bekerja di perusahaan ekspor impor.

Tujuan Istilah Incoterms Ini Dibuat

Incoterms dibuat agar tidak terjadi kesalahpahaman antara penjual dan pembeli dalam proses perdagangan yang terjadi. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional melibatkan penjual dan pembeli dari berbagai negara yang memiliki bahasa yang juga berbeda.

Secara umum ada beberapa tujuan incoterms dibuat yaitu :

1. Untuk mengatur hak dan kewajiban yang ditanggung oleh eksportir dan importir dalam melakukan transaksi.

2. Agar bisa memberi pilihan ketentuan pengiriman bagi eksportir dan importir

3. Untuk meminimalisir kesalahan interpretasi atau kesalahpahaman tanggung jawab di antara eksportir dan importir

Istilah incoterms yang dipakai juga berdampak pada pembukuan perusahaan. Dengan adanya istilah tersebut laporan lebih mudah dibaca dan dipahami. Mungkin agar lebih lengkap, Anda juga perlu memahami siklus akuntansi perusahaan dagang yang mudah untuk membantu proses pembukuan Anda.

Istilah-Istilah dalam Incoterms

Ex Works (EXW) Incoterms

Apabila dalam dokumen perdagangan Anda terdapat istilah EXW (Ex Works) maka ini berarti pihak penjual yang akan menentukan lokasi atau tempat pengambilan barang yang Anda beli.

Anda sebagai pembeli juga yang bertanggung jawab terhadap biaya pengangkutan dan biaya pembongkaran serta biaya lain yang mungkin muncul pada saat pengiriman barang dilakukan.

Carriage Paid To (CPT)

Jika Anda menemukan istilah CPT (Carriage Paid To) dalam dokumen perdagangan Anda, itu artinya penjual akan menanggung semua biaya yang akan muncul hingga produk yang dikirim sampai pada tujuan. Dalam hal ini tanggung jawab penjual hanya sampai pada saat barang diserahkan kepada pihak carrier atau pengangkut.

Delivered Duty Paid (DDP)

Pengertian DDP adalah bahwa pihak penjual akan mengirim barang sampai tujuan dan menanggung semua biaya yang ada di dalamnya termasuk biaya asuransi dan seluruh biaya tambahan lain yang wajib di bayar.

Biaya itu meliputi biaya pajak, cukai, impor dan lain-lain. Dalam DDP pihak penjual juga yang mengurus surat izin untuk mendatangkan barang dari pihak pembeli.

Free Carrier (FCA)

Istilah selanjutnya adalah FCA atau Free Carieer. Istilah FCA berartii bahwa pihak penjual nantinya akan bertanggung jawab terhadap perizinan ekspor hingga menyerahkannya ke pada pihak carrier atau pengangkut di tempat (pelabuhan) yang sudah disepakati bersama.

Pembeli hanya membayar biaya pengiriman dan tanggung jawab dari penjual akan hangus pada saat pembeli menerima barang di pelabuhan tujuan.

custom-form-newsletter

Delivered at Terminal (DAT)

Istilah incoterms lainnya adalah DAT yaitu pihak penjual akan melakukan semua pembayaran yang berkaitan dengan biaya pengiriman suatu produk hingga dilakukan pembongkaran di pelabuhan tujuan.

Setelah barang selesai dibongkar di pelabuhan tujuan maka kewajiban penjual sudah selesai yang berarti penjual tidak bertanggung jawab lagi atas barang tersebut.

Carriage and Insurance Paid to (CIP)

Istilah selanjutnya adalah CIP, dalam CIP penjual wajib membayar asuransi kargo dari risiko kerusakan dan kehilangan barang saat diantar. CIP juga mewajibkan pembeli untuk melakukan export clearance yaitu rangkaian proses penyelesaian dokumen administratif dan pajak dalam rangka ekspor atau impor barang.

Delivered at Place (DAP)

Berikutnya adalah Delivered at Place atau disebut juga DAP incoterms. Istilah ini merupakan ketentuan yang berfokus pada tanggung jawab penjual untuk mengatur proses pengantaran barang hingga tempat yang telah disepakati bersama. Penjual wajib mengantar barang hingga tempat yang telah ditentukan sebelumnya setelah proses import clearance selesai.

Free On Board (FOB)

Berikutnya ada istilah FOB atau Free On Board. Istilah FOB berarti pihak penjual akan melakukan pengurusan izin ekspor hingga barang yang dipesan dimuat di kapal pengirim. Biaya yang muncul setelahnya wajib ditanggung oleh pihak pembeli.

Free Alongside Ship (FAS)

FAS berarti pihak yang menjual memiliki tanggung jawab hingga produk yang dipesan oleh pembeli sampai pada pelabuhan keberangkatan dan sudah siap di dekat kapal pengirim untuk dilakukan pemuatan. Biaya lain yang muncul setelahnya akan ditanggung oleh pembeli. Istilah FAS  hanya akan digunakan dalam pengiriman yang menggunakan transportasi air.

Cost and Freight (CFR)

CFR berarti pihak penjual akan menanggung semua biaya yang muncul dari tempatnya hingga barang sampai pada pelabuhan pengiriman. Sedangkan biaya yang muncul setelahnya akan ditanggung oleh pembeli.

Cost, Insurance and Freight (CIF)

Istilah CIF artinya hampir sama dengan CFR. Incoterms CIF ini memungkinkan penjual untuk melakukan semua tanggungjawab hingga barang sampai pelabuhan dan siap dimuat. Hanya saja dalam istilah CIF, pihak penjual wajib membayar asuransi dari barang yang dipesan.

Demikian penjelasan tentang incoterms yang bisa berguna untuk usaha ekspor impor Anda. Selain pengetahuan tentang istilah incoterms, agar bisa sukses dalam usaha ekspor impor sebaiknya keuangan usaha juga dikelola dengan baik. Anda bisa menggunakan software akuntansi agar bisa mengelola keuangan usaha dengan cepat dan tanpa repot.

Harmony adalah sofware akuntansi online yang sangat praktis dan mudah digunakan oleh siapapun termasuk bagi Anda yang tidak memiliki background akuntansi. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam melihat dan menganalisa kondisi keuangan usaha Anda.

Tunggu apalagi, silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini. Yuk, ikuti informasi dari Harmony tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Berikut link FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/