Pengertian Perdagangan Internasional, Tujuan dan Manfaatnya
Harmony Blog
Business
Pengertian Perdagangan Internasional, Tujuan dan Manfaatnya
June 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Perdagangan internasional telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat untuk 3 dekade terakhir ini.  Berbagai faktor seperti teknologi, internet, kerjasama antar negara, dan pasar bebas mendukung perkembangan tersebut. Perdagangan internasional merupakan komponen yang paling penting dalam proses Globalisasi. Para pebisnis dan pemerintah dari berbagai dunia mampu melakukan perdagangan internasional. Dengan demikian, setiap negara akan mendapat keuntungan dan bisa meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dalam negeri. 

Secara langsung, pengaruh perdagangan internasional bisa dirasakan dengan alokasi sumber daya dan efisiensi. Secara tidak langsung, tujuannya adalah akan meningkatkan investasi.

Berikut ini, akan diulas mengenai perdagangan internasional, manfaat, dan penerapannya.

Pengertian Perdagangan Internasional

Secara umum, perdagangan internasional dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan jual beli yang dilakukan dua pihak yang berbeda negara. Sistem ini melibatkan antar negara, pihak individu, dan perusahaan yang melakukan perdagangan dengan pihak dari negara lain.

Setiap negara, badan, perusahaan swasta, maupun perorangan yang terlibat dalam perdagangan internasional harus benar-benar mengerti dan paham dengan manajemen pemasaran internasional dan target pasarnya.

Tujuan yang paling utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan di suatu negara yang tidak tersedia di negara tersebut, namun kebutuhannya terdapat di negara lain. Sebagai contoh, negara Indonesia membutuhkan produk mesin, namun produk tersebut hanya tersedia di Jepang. Maka, Indonesia dan Jepang bisa melakukan perdagangan internasional.

Hal ini terjadi atas dasar kebutuhan oleh kedua belah pihak yang melakukan perdagangan yang akan sama-sama mendapatkan keuntungan. Negara yang menjadi penyedia barang akan mendapat untung dari barang yang dijual, sedangkan negara yang membeli akan terpenuhi kebutuhannya.

Tujuan Perdagangan Internasional

Selain untuk memenuhi kebutuhan suatu negara yang tidak ada di negaranya, perdagangan internasional memiliki beberapa tujuan lain, seperti:

a. Memperluas pasar (wilayah perdagangan) dan meningkatkan produksi

b. Meningkatkan devisa negara melalui kegiatan ekspor produk ke negara lain.

c. Meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, menstabilkan harga barang, dan menyerap banyak tenaga kerja.

d. Melakukan transfer teknologi modern untuk membantu meningkatkan efisiensi dalam proses produksi. 

e. Mendorong terbentuknya sumber daya manusia yang semakin mahir, terampil, dan unggul untuk mengikuti perkembangan teknologi.

custom-form-newsletter

Manfaat Perdagangan Internasional

Kegiatan ini bisa memberikan beberapa manfaat dan keuntungan bagi masing-masing negara yang saling terlibat. Berikut ini beberapa manfaatnya adalah:

a. Mempererat hubungan antar negara, baik secara bilateral maupun multilateral.

b. Kemungkinan beberapa negara akan saling membantu seperti mempercepat proses pembangunan.

c. Investor asing dapat menginvestasikan modalnya ke beberapa proyek pemerintah maupun swasta di negara lain yang potensial dan strategis sehingga negara tersebut mendapatkan devisa.

d. Meningkatkan kesejahteraan bagi suatu negara melalui pendapatan nasional.

e. Mempermudah kehidupan masyarakat dalam memperoleh barang-barang yang tidak bisa diproduksi oleh negeri sendiri.

f. Dapat memperluas kesempatan kerja karena membantu dibukanya berbagai lapangan kerja.

g. Mendapatkan keuntungan internal dan eksternal.

Perdagangan internasional mendorong sebuah kebebasan dalam tindakan ekonomi sehingga dapat menjadi sebuah peluang untuk menambah kekayaan negara. Selain itu, kebebasan ekonomi mampu mendorong semua produsen untuk meningkatkan kualitas barang agar dapat bersaing di pasar internasional (global). 

Meskipun setiap negara memiliki aturan perdagangan yang berbeda, namun dengan adanya kebebasan ekonomi membuat interaksi antar negara semakin mudah. Perbedaan kekayaan sumber daya alam pada masing-masing negara cukup berbeda sehingga menuntut sebuah negara harus melakukan interaksi dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan negaranya. 

Setiap pebisnis saat ini, tentu sangat ingin terjun dan berhubungan dengan pemasaran baik lokal maupun dalam ranah nasional sampai internasional. Untuk mencapai target internasional, Anda harus menguasai manajemen perdagangan internasional dan hal-hal lain yang terkait dengan pemasaran luar negeri. 

Manajemen Keuangan Sebagai Alat Bantu

Agar target pemasaran Anda semakin meluas dan terkenal dunia maka bisnis Anda harus didukung dengan sistem yang baik. Misalnya, dalam pengelolaan keuangan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Harmony, yang dapat terintegrasi langsung dengan keuangan perusahaan yang ada dalam negeri maupun di luar negeri. Harmony adalah software akuntansi yang paling tepat untuk pengelolaan keuangan perusahaan Anda.

Dengan teknologi berbasis cloud, Anda dapat memonitor keuangan Anda kapanpun dan dimanapun. Harmony memiliki fitur yang lengkap dan mudah diguanakan walaupun Anda dan karyawan tidak memiliki background sebagai seorang akuntan sekalipun. Anda dapat mencoba GRATIS 30 Hari Software Harmony dengan klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/