Akuntansi Perusahaan Dagang: Pelajari Detail Laporan Keuangan Bisnis
Harmony Blog
Accounting
Akuntansi Perusahaan Dagang: Pelajari Detail Laporan Keuangan Bisnis
November 25, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Dalam menjalankan sebuah bisnis maupun perusahaan, pemilik bisnis pasti ingin memastikan bisnis atau perusahaannya berjalan dengan lancar salah satunya dengan menyadari pentingnya mencatat keuangan bisnis. Saat ini Anda akan diberikan penjelasan bagaimana proses akuntansi perusahaan dagang yang dapat membantu pemilik bisnis dalam melakukan pencatatan keuangannya.

Apa sih Akuntansi Perusahaan Dagang?

Akuntansi Perusahaan Dagang adalah proses pencatatan maupun prosedur akuntansi perusahaan dagang seperti mengetahui siklus akuntansinya, akun bisnis yang digunakan, serta mengetahui laporan keuangan yang praktis seperti laba atau rugi, arus kas, maupun jenis laporan lain dalam suatu perusahaan pada periode yang ditetapkan.

Berikut jenis laporan yang dibutuhkan dalam Akuntansi Perusahaan Dagang :

1. Laporan Laba Rugi

2. Laporan Neraca

3. Laporan Arus Kas

4. Laporan Persediaan Barang

5. Laporan Utang

6. Laporan Piutang

Tentunya penting bagi Anda untuk mengetahui detail serta contoh laporan keuangan perusahaan dagang dan juga beberapa akun bisnis atau alokasi keuangan dalam bisnis Anda.

Akuntansi Perusahaan Dagang
#1 Akun Pembelian

Akun pertama yang akan dibahas adalah akun untuk mencatat pembelian barang yang masuk ke bisnis Anda atau perusahaan sebelum dijual ke konsumen. Transaksi selain pembelian barang tidak dimasukkan pada akun ini.

Akuntansi Perusahaan Dagang
#2 Akun Penjualan

Akun yang kedua ini adalah akun penjualan dimana akun ini menyimpan segala kegiatan atau transaksi penjualan barang dagang perusahaan kepada konsumen maupun perantara. Transaksi selain penjualan barang tidak dimasukkan pada akun ini.

#3 Akun Persediaan

Akun selanjutnya adalah akun persediaan, bagi perusahaan dagang sangat penting dalam mengetahui stok barang yang masih ada, dan akun persediaan ini yang menyimpan data mengenai persediaan barang dalam periode tertentu.

#4 Harga Pokok Penjualan atau HPP

Untuk Akun keempat ini adalah akun harga pokok yang akan dipakai untuk menentukan harga beli barang dan selanjutnya barang akan dijual pada suatu periode tertentu dan harga pokok penjualan dipengaruhi oleh harga pasar, maka dari itu pencatatan harga pokok juga cukup penting.

#5 Akun Potongan Tunai

Akun potongan tunai adalah Akun yang diperuntukkan sebagai penggunaan pemberian diskon atau potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada konsumen karena telah membayar barang dengan tunai langsung ketika transaksi terjadi.

#6 Akun Potongan Pembelian dan Penjualan

Untuk akun selanjutnya adalah akun potongan pembelian dan penjualan akun potongan pembelian yaitu mencatat potongan pada saat diberikan oleh penjual barang dagangan atau supplier sedangkan potongan penjualan adalah pencatatan potongan yang akan diberi kepada pembeli

#7 Akun Retur Penjualan

Akun yang digunakan untuk menyimpan dan menganalisa data mengenai barang yang sudah terjual ke konsumen namun dikembalikan kepada perusahaan karena kondisinya yang tidak baik atau cacat dan tidak sesuai dengan pemesanan.

#8 Beban Pemasaran

Beban yang digunakan untuk semua yang ditanggung oleh perusahaan dagang untuk menjual barang-barang persediaan hingga sampai ke tangan konsumen.

Dengan adanya perkembangan jaman, teknologi memudahkan Anda dalam melakukan proses akuntansi perusahaan dagang. Saat ini Anda pun dengan mudah mendapatkan alat bantu seperti software akuntansi Harmony, dimana Anda tidak perlu repot mencatat secara manual lagi. Anda hanya perlu fokus untuk input transaksi yang terjadi, sistem kami akan otomatis mengolah data sehingga menghasilkan laporan keuangan yang real time.

Anda dapat menggunakan Harmony sebagai software akuntansi berbasis online yang dapat membantu membereskan pembukuan bisnis Anda. Gunakan Harmony sekarang juga dengan mendaftar Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/