Harmony Blog

Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Beserta Contohnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang SederhanaPin

Perusahaan yang mudah untuk dijalankan salah satunya adalah perusahaan dagang. Kenapa seperti itu? Karena rata-rata kegiatan bisnisnya hanya sebatas membeli barang dagangan kemudian menjualnya kembali tanpa memodifikasi bentuk barang itu sendiri.

Jenis akun dan elemen yang di gunakan berbeda dibandingkan dengan laporan perusahaan tipe bisnis lainnya

Oleh karena itu perusahaan ini disebut perusahaan dagang. Yaitu perusahaan yang membeli dari supplier kemudian dijual kembali ke customer. Laporan keuangan perusahaan dagang sangat di perlukan untuk membantu mereka melacak segala pengeluaran dan pemasukan perusahaan mereka.

Laporan keuangan perusahaan dagang pada dasarnya sama seperti perusahaan lainnya. Namun yang membedakan adalah elemen-elemen atau jenis akun yang termasuk di dalam laporan keuangan tersebut. Pada artikel kali ini kami akan sharing tentang contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap dan praktis.

1. Laporan Laba Rugi (Profit & Loss)

Laporan Laba rugi atau profit & loss adalah laporan aktivitas operasi perusahaan. Laporan ini berisi rincian informasi tentang penghasilan, beban, laba atau rugi perusahaan dalam periode tertentu.

Baca Juga : Pengertian Gross Profit atau Laba Rugi Kotor dalam Pembukuan

Dua komponen utama dalam laporan laba rugi, yaitu penjualan dan beban. Sedangkan komponen lainnya adalah harga pokok penjualan. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahan dagang.

Laporan keuangan perusahaan dagang laba rugiPin

2. Neraca (Balance Sheet)

Neraca atau Balance Sheet adalah laporan yang berisi tentang informasi daftar aktiva, kewajiban, dan modal suatu bisnis pada periode tertentu. Bentuk dari neraca seara umum dalam laporan keuangan terbagi menjadi dua, yaitu bentuk staffel atau neraca yang disusun ke bawah setelah itu meletakkan saldo pada bagian samping dengan kolim debit kredit, kemudian bentik Scontro yang bisa memisahkan antara aktiva dan pasiva pada posisi kanan dan kiri. Berikut adalah contoh neraca dengan bentuk Staffel.

Laporan keuangan perusahaan dagang neracaPin

3. Laporan Arus Kas (Cash Flow)

Laporan arus kas atau cash flow adalah laporan yang berisi tentang jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang di keluarkan oleh perusahaan, seperti beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Berikut ini adalah contoh laporan arus kas atau cash flow.

Laporan keuangan perusahaan dagang cash flowPin

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Laporan Persediaan atau Stok Barang (Inventory)

Laporan Persediaan atau Inventory menyajikan informasi tentang rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, stok awal, harga penjualan, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang berikut adalah contoh laporan persediaan.

Laporan keuangan perusahaan dagang inventoryPin

5. Laporan Utang 

Laporan Utang adalah laporan yang berisi tentang rincian transaksi penambahan dan pengurangan utang perusahaan, serta saldo akhir utang masing-masing supplier. Dalam laporan utang biasanya akan menampilkan daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang. Berikut adalah contoh Laporan Utang.

Laporan penjualan utangPin

6. Laporan Piutang 

Laporan piutang adalah laporan yang berisi tentang rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing pelanggan.

Laporan piutang biasanya akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN leluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang. Berikut adalah contoh laporan piutang :

Laporan pembelian piutangPin

Itulah beberapa contoh laporan keuangan perusahaan dagang secara lengkap beserta transaksinya. Dengan laporan keuangan yang lengkap, detail, dan tepat, Anda akan lebih mudah membuat suatu keputusan dalam mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat laporan secara manual Anda bisa memanfaatkan teknologi terkini dengan menggunakan software Harmony. 

Selain laporan keuangan harmony juga menyediakan fitur rekonsiliasi bank secara otomatis. Dengan fitur rekonsiliasi bank otomatis anda tidak perlu repot mencatat setiap transaksi yang ada di bank. Semua akan tercatat secara langsung di software.

Harmony memberikan Free Trial 30 Hari untuk Anda tertarik untuk daftar sekarang juga disini. Daftar sekarang dan nikmati kemudahan yang diberikan Harmony sehingga Anda bisa merapihkan pembukuan dengan lebih baik lagi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony