Harmony Blog

10+ Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya

Diupdate Jun 9th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Faktor Pendorong Perdagangan InternasionalPin

Pebisnis, sedang tertarik untuk memasuki perdagangan internasional? Jika iya, perkuatlah alasan Anda dengan mengetahui dahulu faktor pendorong perdagangan internasional yang biasanya digunakan.

Faktor pendorong perdagangan internasional menjadi beberapa alasan dalam membina hubungan baik antar suatu negara.Click to Tweet

Tidak dapat dipungkiri seiring berjalannya waktu serta mengikuti perkembangan zaman, beberapa negara cenderung mendapat manfaat dari faktor pendorong perdagangan internasional.

Apa saja itu? Mulai dari negara mampu menjaga harga pasar dan bisa dijadikan sebagai sumber devisa negara. Apalagi jika ekspor impor terus dikerjakan akan meningkatkan devisa negara.

Perdagangan internasional adalah sebuah aktivitas penting bagi setiap negara. Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional ini juga dapat mempengaruhi hubungan kerja sama antara satu negara dengan negara lain.

Nah, bagi Anda yang ingin memahami lebih jelas mengenai apa saja faktor pendorong perdagangan internasional, berikut akan kami jelaskan dalam artikel yang sudah kami sediakan untuk Anda. Maka dari itu simak artikel berikut ini.

Pengertian Perdagangan Internasional

Secara umum, pengertian perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Pengertian perdagangan internasionalPin

Namun adapun pengertian perdagangan internasional adalah sebuah proses tukar menukar yang berdasarkan atas kehendak dari masing-masing negara sukarela.

Apa Saja Faktor Pendorong Perdagangan Internasional?

Berikut terdapat beberapa faktor penyebab perdagangan Internasional adalah sebagai berikut:

  1. Adanya Perbedaan Sumber Daya Alam

    Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional bagi suatu negara adalah letak geografis setiap negara berbeda-beda. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya alam suatu negara yang tidak dimiliki oleh negara tersebut maka dibutuhkanlah perdagangan internasional

    Contoh perdagangan internasional, Indonesia memiliki hasil bumi berlimpah seperti kopi, dan hasil bumi lainnya. sedangkan Australia terkenal dengan penghasil hewan ternak seperti sapi.
    Hal tersebut menjadi alasan perdagangan internasional antara Indonesia yang membutuhkan daging dan Australia membutuhkan hasil bumi.

  2. Keinginan Untuk Memperoleh Income Lebih

    Faktor pendorong perdagangan antar negara adalah adanya keinginan untuk memperoleh dan meningkatkan income sebuah negara, maka banyak negara membuat kebijakan-kebijakan nasional dalam hal melakukan proses ekspor maupun impor barang.

    Contohnya setiap transaksi ekspor atau impor, negara juga akan menerima pendapatan lain berupa pajak barang. Selain itu, negara juga bisa melakukan ekspor barang hasil dari perusahaan BUMN.

    10 faktor pendorong perdagangan internasionalPin

  3. Ingin Memperluas Target Pasar

    Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional bagi suatu negara adalah untuk memperluas pasar. Hal ini didasarkan pada teori bahwa memproduksi produk dalam skala besar dan dipasarkan di seluruh dunia bisa mendatangkan keuntungan yang juga besar.

    Tentu konsep ini berbeda dengan sistem perdagangan nasional. Yang mana, mereka menjual produk seminim mungkin agar tidak mengalami kerugian yang besar.

    Baca Juga: Cara Mudah Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

  4. Adanya Perbedaan Iklim

    Faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional lainnya adalah adanya perbedaan iklim antar negara. Perbedaan iklim di satu negara, menjadi alasan sumber daya alam di suatu negara berbeda dengan negara lain. Karena, keberadaan SDA ditentukan oleh suhu, cuaca dan musim tertentu.

    Atas dasar itulah, tidak semua produk/jasa bisa diproduksi oleh satu negara. Karena SDA setiap negara terbatas. Hal tersebutlah yang membuat faktor pendorong perdagangan antar negara dilakukan.

    Dengan adanya penyebab perdagangan internasional tersebut maka perdagangan lintas negara diperlukan untuk memenuhi kebutuhan produk yang tidak ada di negaranya.

    Contoh perdagangan internasional dengan kondisi iklim adalah Indonesia sebagai produsen tempe terbesar di dunia, sebab mayoritas masyarakatnya suka mengkonsumsi tempe.

    Namun dikarenakan Indonesia mempunyai kualitas kedelai yang kurang baik akibat iklim yang tidak cocok untuk kedelai. Maka untuk memenuhi kebutuhan tersebut, mereka harus mengimpor kedelai dari negara dengan kualitas kacang kedelai yang terbaik tentunya.

    Baca Juga : 3 Tahap Menghitung HPP Perusahaan Dagang Dengan Mudah

  5. Meningkatkan Kualitas SDM (Sumber Daya Alam)

    Ketika persaingan kualitas di pasar bersaing, maka SDM (Sumber Daya Manusia) juga harus ikut ditingkatkan agar dapat bersaing untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing sehingga tidak kalah dari berbagai kompetitornya.

    Jadi upaya untuk meningkat kualitas SDM untuk menjadi lebih baik juga menjadi sebuah faktor pendorong perdagangan antar negara, sehingga penduduk lokal bisa berkompetisi dengan layak.

    Contohnya, Indonesia melakukan pengiriman para cendikiawan dan mahasiswanya ke beberapa negara untuk meningkatkan knowledge dan kualitas SDM-nya.
  6. Transportasi Antar Negara

    Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih dapat membuat alat transportasi yang mampu mencakup semua negara. Kehadiran dari transportasi ini membuat kegiatan strategi distribusi antar negara menjadi lebih mudah.

    Baik itu dimulai dari transportasi darat (kereta api, trucking,dll), udara (pesawat terbang), dan laut (kapal), dengan jangka waktu ekspor dan impor barang yang relatif lebih cepat.

    Transportasi inilah juga sebagai faktor pertukaran informasi, teknologi, dan menjadi faktor pendorong perdagangan antar negara yang sangat penting.

  7. Ingin Meningkatkan Kualitas Produk Lokal

    Sebuah langkah yang sangat baik untuk meningkatkan produk lokal adalah dengan cara membentuk persaingan pasar, mempersiapkan pengusaha UKM domestic untuk go- ekspor dan selalu membiasakan diri dalam bersaing secara internasional.

    Selain itu, dengan masuknya produk luar ke dalam negeri akan memberi persaingan juga bagi para pengusaha dalam meningkatkan produk. Hal inilah sebagai pendorong perdagangan Internasional bagi sebuah negara.

    Namun apabila semakin meningkatnya permintaan produk, proses bisnis pun menjadi semakin kompleks. Dulu melakukan pemesanan pada suatu produk sangatlah mudah, namun kini kegiatan supply mulai sulit untuk dikelola. Maka dalam hal ini purchase order memiliki peran yang sangat penting untuk dilakukan.

  8. Adanya Rasa Saling Membutuhkan

    Faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional adalah adanya rasa saling membutuhkan. Pada dasarnya sifat manusia adalah makhluk sosial yang saling ketergantungan satu dengan lainnya.

    Hal tersebut juga sama antara negara satu dengan negara lainnya untuk meningkatkan kualitas masyarakat, produk, atau jasa yang mana hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

    Contoh perdagangan internasional seperti negara Turki meminta Indonesia menyuplai kopi untuk kebutuhan coffee shop yang ada di Turki.
    Sebaliknya juga Indonesia membutuhkan suplai anggur terbaik di Turki untuk kebutuhan konsumsi buah-buahan domestik, sehingga diperlukan kesadaran saling membutuhkan di sini.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  9. Hubungan Diplomatik Negara

    Faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional adalah adanya hubungan diplomatik. Ini merupakan hubungan resmi yang dibangun antar negara dalam menjalin persahabatan.

    Nah, perdagangan Internasional tidak akan terjadi bila tidak ada hubungan diplomatik antar negara yang baik.

    Sehingga hubungan diplomatik menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional yang paling penting dan harus diutamakan.

    Jika kondisi kedua negara sedang tidak baik, maka tentu akan berimbas dengan kegiatan perdagangan dan hubungan kerjasama antar negara tersebut.

  10. Era Globalisasi atau Pasar Global

    Masuk dalam era globalisasi atau pasar global membuat negara tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri, dengan hal tersebut membuat setiap produsen bisa dengan bebas mengeluarkan atau memasukkan barang ke negara.

    Hal inilah yang menimbulkan konflik sosial saat perdagangan Internasional, sebab setiap memiliki rasa membutuhkan satu dengan lainnya.

    Kondisi pasar global memaksa setiap negara harus ikut serta didalamnya, sebab setiap negara pasti membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya, maka dari itu penyebab perdagangan internasional dapat terjadi antar negara.

  11. Selera dari Masyarakat

    Selera dalam masyarakat tentu dapat menjadi sebuah faktor pendorong perdagangan Internasional. Adapun contoh perbedaan selera seperti masyarakat di negara A lebih suka mengkonsumsi daging sapi, sementara masyarakat negara B lebih suka buah dan sayuran.

    Dengan hal tersebut tentu menjadi sebuah pendorong perdagangan Internasional untuk memenuhi selera masyarakatnya. Hal tersebut tentu akan memberi keuntungan besar bagi kedua negara, sebab bahan makanan dikonsumsi secara keseluruhan.

Dalam menjalankan sesuatu pastinya ada yang namanya untung dan rugi, begitupun dengan kegiatan perdagangan internasional.

Nah, untuk menghindari kerugian, perusahaan perlu memastikan bahwa memiliki manajemen yang baik termasuk dalam hal keuangan.

Misalnya adanya sistem pencatatan keuangan yang rapi, dan terintegrasi. Harmony Accounting Software hadir sebagai solusi teknologi cloud based yang akan membantu dalam membuat laporan keuangan bisnisnya.

Tunggu apa lagi? Anda bisa daftarkan diri Anda di sini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang. Dapatkan juga update informasi terbaru dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

2 Responses

    1. Sama-sama. Kami senang apabila tulisan kami bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa subscribe newsletter kami untuk update berbagai tips dan artikel terbaru kami lainnya yang dapat membantu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony