10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya
Harmony Blog
Marketing
10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional dan Contohnya
June 30, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional  menjadi sebuah alasan perdagangan bersama antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain. Salah satu Faktor pendorong perdagangan internasional ini  dapat dibilang jadi salah satu bentuk kerja sama ekonomi. Perjanjian kerja sama pada faktor pendorong perdagangan internasional tersebut mencangkup export dan import.

Tidak dapat dipungkiri seiring berjalannya waktu serta mengikuti perkembangan zaman, tidak sedikit negara yang cenderung mendapat manfaat dari faktor pendorong perdagangan internasional ini seperti  mampu menjaga harga pasar dan sebagai sumber devisa negara yang dimana jika export import terus dikerjakan akan meningkatkan devisa negara.

Dengan adanya faktor pendukung perdagangan internasional, suatu negara dapat memulai hubungan persahabatan yang dapat menjalin hubungan kerja sama antar negara.

Faktor pendorong perdagangan internasional menjadi beberapa alasan dalam membina hubungan baik antar suatu negara.

Pengertian Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Menurut Wikipedia

“Pengertian perdagangan international menurut Wikipedia adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.”

Menurut Huala Adolf

Pengertian perdagangan international menurut Huala Adolf adalah proses tukar menukar yang berdasarkan atas kehendak dari masing-masing negara sukarela.faktot

10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Beserta Contohnya

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadinya perdagangan internasional biasanya dilakukan oleh beberapa masyarakat antar negara. Menjadi sebuah pemikiran dan gagasan yang harus ditemukan oleh para pemerintah dari berbagai negara dengan memikirkan bagaimana peluang produk masyarakat menembus pasar internasional tersebut.

Namun sejatinya, Perdagangan Internasional tersebut memiliki faktor pendorong perdagangan Internasional

 tersebut agar dapat berlangsung. Dan berikut ini 10 Faktor pendorong perdagangan Internasional beserta Contohnya, sebagai berikut :

1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor pendorong perdagangan Internasional adalah letak geografis setiap negara berbeda-beda, inilah yang mempengaruhi kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) sebuah negara serta membuat negara dan lainnya akan berbeda. Padahal SDA merupakan sumber utama sebuah negara, maka setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Contoh perdagangan international, Indonesia memiliki hasil bumi berlimpah seperti kopi, dan hasil bumi lainnya. Berbeda dengan Australia yang terkenal dengan penghasil hewan ternak seperti sapi. Hal tersebut menjadi alasan perdagangan internasional antara Indonesia yang membutuhkan daging dan Australia membutuhkan hasil bumi.

2. Keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara

faktor yang kedua adalah keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara. Faktor ini sangat berpengaruh pada perdagangan internasional.

Dengan adanya perdagangan internasional ini, sebuah negara akan terus bertambah pendapatannya dan semakin kayalah negara tersebut jika dilakukan secara berkala.

 Contohnya, setiap transaksi ekspor-impor, negara akan menerima pendapatannya berupa pajak barang. Selain itu, negara juga bisa ekspor barang hasil dari perusahaan BUMN. Hal tersebutlah yang menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional terjadi.

3. Perluasan Target Pasar

Bagi sebagian produsen sulit untuk berkembang karena takut kelebihan jumlah produksi apabila melakukan produksi dalam sekala besar.

Sementara sebagian produsen lainnya, justru sengaja melakukan produksi secara besar-besaran agar barang menumpuk. Contohnya, Negara Indonesia memproduksi timah dan memasarkannya ke beberapa negara.

Namun karena pemerintah takut terjadinya kelebihan jumlah produksi, maka pihak pemerintah Indonesia melakukan kerja sama hubungan antar negara lewat perdagangan international tersebut. Hal tersebut yang menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional.

4. Kondisi Iklim Berbeda-beda

Iklim akan mempengaruhi kekayaan SDA sebuah negara, perbedaan ini membuat sebuah negara tidak bisa memproduksi semua kebutuhan mereka sendiri yang mengharuskan untuk mempersiapkan laporan perubahan modal. Oleh sebab itu, import barang merupakan solusi cepat dalam menyelesaikan masalah keterbatasan kebutuhan.

Contoh perdagangan international dengan kondisi iklim adalah Indonesia sebagai produsen tempe terbesar di dunia, sebab mayoritas masyarakatnya suka mengkonsumsi tempe. Sayangnya Indonesia mempunyai kualitas kedelai yang kurang baik dikarenakan iklim yang tidak cocok untuk kedelai.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kualitas tempe Indonesia, mereka harus mengimpor kedelai dari negara dengan kualitas kacang kedelai yang terbaik tentunya.

5. Meningkatkan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Ketika persaingan kualitas dipasar bersaing, maka SDM (Sumber Daya Manusia) juga harus ikut ditingkatkan agar dapat bersaing untuk meningkatkan kualitas diri masing-masing sehingga tidak kalah dari berbagai kompetitornya. Hal tersebut mendorong terjadinya perbedaan PO dengan PR.

Jadi upaya untuk meningkat kualitas SDM untuk menjadi lebih baik juga menjadi sebuah faktor pendorong dalam perdagangan internasional, sehingga penduduk lokal bisa berkompetisi dengan layak. Contohnya, Indonesia melakukan pengiriman para cendikiawan dan mahasiswanya ke beberapa negara untuk meningkatkan knowledge dan kualitas SDM-nya.

custom-form-newsletter


6. Transportasi Antar Negara

Dengan adanya perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih dapat membuat alat transportasi yang mampu mencakup semua negara.

Dengan adanya transportsi antar negara dapat mempermudahkan suatu negara melakukan kegiatan perdagangan internasional.

Contohnya pada transportasi darat (kereta api, trucking,dll), udara (pesawat terbang), dan laut (kapal), dengan jangka waktu ekspor dan impor barang yang relatif lebih cepat.

Dapat dikatakan dengan berbagai jenis transportasi tersebut merupakan faktor pertukaran informasi dan teknologi serta sebagai faktor pendorong perdagangan intenasional yang sangat penting.

7. Meningkatkan Kualitas Produk Lokal

Sebuah langkah yang sangat baik untuk meningkatkan produk lokal adalah dengan cara membentuk persaingan pasar, mempersiapkan pengusaha UKM domestic untuk go-ekspor dan selalu membiasakan diri dalam bersaing secara internasional.

Selain itu, dengan masuknya produk luar ke dalam negeri akan memberi persaingan juga bagi para pengusaha dalam meningkatkan produk. Hal inilah sebagai pendorong perdagangan internasional bagi sebuah negara.

Para pelaku UKM hanya cukup menghitung HPP dari produk yang ditawarkan.

8. Rasa Saling Membutuhkan

Pada dasarnya sifat manusia adalah makhluk sosial yang saling ketergantungan satu dengan lainnya. Hal ini juga sama antara negara satu dengan negara lainnya dalam meningkatkan kualitas masyarakat, produk atau jasa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Hal lainnya adalah adanya rasa saling membutuhkan, contohnya negara Turki meminta Indonesia menyuplai kopi untuk kebutuhan coffee shop yang ada di Turki, sebaliknya juga Indonesia membutuhkan supplai anggur terbaik di Turki untuk kebutuhan konsumsi buah-buahan domestik, sehingga diperlukan kesadaran saling membutuhkan disini.

Jika sudah ada kesadaran saling membutuhkan antara satu sama lainnya, maka tidak ada kesulitan yang bisa lebih mudah teratasi.

Maka dari itu, dengan rasa yang saling membutuhkan itu yang akan menjadi faktor dalam perdagangan global yang penting.

9. Hubungan Diplomatik Negara

Faktor lain yang mendorong perdagangan internasional adalah hubungan diplomatik negara. Hubungan diplomatik adalah hubungan resmi yang dibangun antar negara dalam menjalin persahabatan.

Dengan demikian, jika tidak adanya hubungan diplomatic antar negara yang baik maka tidak adanya pun perdagangan internasional. Dan faktor diplomatic negara ini yang terpenting dan harus dinomor satukan.

Jika kondisi kedua negara sedang tidak baik, maka tentu akan berimbas dengan kegiatan perdagangan dan hubungan kerjasama antar negara tersebut. Contohnya adalah melalui perdagangan internasional ini dapat meningkatkan diplomasi antara negara Indonesia dengan negara lain yang terjadi perdagangan tersebut.

10. Era Globalisasi atau Pasar Global

Masuk dalam era globalisasi atau pasar global membuat negara tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri, sebab setiap produsen bisa dengan bebas mengeluarkan atau memasukkan barang ke negara.

Kondisi pasar global memaksa setiap negara harus ikut serta didalamnya, sebab setiap negara pasti membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya. Atas pemenuhan kebutuhannya tersebut membuat beberapa tahapan siklus akuntansi menjadi terlaksana. Itulah yang menjadi faktor pendorong perdagangan Internasional.

Dengan beberapa faktor pendorong perdagangan internasional tersebut dapat menghentikan faktor penghambat perdagangan internasional yang terjadi dari berbagai sisi yang menghantamnya. Sehingga perdagangan internasional pun menjadi tidak kondusif dan efisien.

Namun para pelaku bisnis di dalam sebuah perdagangan internasional ini seharusnya bisa memikirkan juga bagaimana selera konsumen dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional tersebut, seperti menyiapkan materi perdagangan internasional ini, dan bagaimana mengatur kondisi keuangan agar tetap kondusifnya perdagangan internasional tersebut.

Untuk menghindari keuangan yang amburadul perlu sebuah sistem pencatatan keuangan yang rapi, dan terintegrasi. Harmony Smart Accounting Solution hadir sebagai solusi yang memiliki teknologi cloud based serta sebagai teman setia pebisnis dalam membuat laporan keuangan bisnisnya.

Jadilah bagian dari pebisnis yang dapat mengembangkan usahanya lebih cepat lewat event tahunan yang diselenggarakan di FinTax. Penasaran dengan Harmony? Anda bisa daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/