Hutang Jangka Panjang Membuat Bisnis Untung? Simak Penjelasan Lengkapnya
Harmony Blog
Accounting
Hutang Jangka Panjang Membuat Bisnis Untung? Simak Penjelasan Lengkapnya
December 6, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Kewajiban tidak lancar atau disebut sebagai utang jangka panjang adalah kewajiban perusahaan yang jatuh tempo pembayarannya lebih dari satu tahun.

Pastikan hutang jangka panjang akan berdampak positif bagi perusahaan, sehingga dapat dipastikan kemampuan untuk melunasinya dan terhindar dari segala resiko yang mungkin dihadapi.

 Utang jangka panjang ini biasanya sering dibutuhkan oleh setiap perusahaan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan dana dalam melakukan ekspansi usaha.

Pada saat ingin mengembangkan atau melakukan ekspansi bisnis, umumnya perusahaan membutuhkan sumber dana yang cukup besar sebagai modal usaha.

Selain dana pribadi, modal usaha bisa diperoleh dari investor dan utang. Utang menjadi salah satu sumber modal yang sering kali untuk digunakan oleh para pebisnis.

Umumnya hutang jangka panjang digunkan untuk memperkuat posisi modal perusahaan. Tak hanya itu, utang jangka panjang juga digunakan untuk meningkatkan jumlah aset perusahaan baik dalam bentuk properti, peralatan, maupun investasi.

Contohnya yaitu digunakan sebagai penambahan modal kerja, pembelian mesin atau aktiva tetap baru, perluasan pabrik, akuisisi ataupun pelunasan utang jangka panjang lain yang segera jatuh tempo dll.

Tahukah Anda Pengertian Utang Jangka Panjang?

Utang jangka panjang ini merupakan jenis hutang yang pembayaran atau pelunasannya diberikan dalam tenggat waktu yang cukup lama dan bisa lebih dari satu tahun.

Namun untuk pelunasan utang jangka panjang, umumnya perusahaan akan menggunakan dana yang bersumber dari aktiva tidak lancar, maka dapat dikatakan utang jangka panjang sebagai utang tidak lancar.

Jumlah dana yang dipinjam dalam jenis utang ini dapat bernilai besar, namun tetap saja untuk waktu pelunasan utang jangka panjang harus sesuai dengan perhitungan waktu yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Maka sangat penting bagi perusahaan untuk mengelola keuangan usaha, agar setiap utang jangka panjang dapat di bayar sesuai dengan jangka waktu yang sudah di tetapkan.

Mulailah fokus dari hari ini dengan mengatur keuangan Anda agar lebih rapi dan tersistematis.

Namun disarankan, Anda bisa menyisihkan sebagian keuangan Anda untuk mulai berbisnis dan membayar utang jangka panjang Anda. Menghemat keuangan bisnis secara efisien juga sangat membantu keuangan bisnis Anda agar dapat berjalan dengan baik.

Di dalam jenis transaksinya, utang jangka panjang biasanya disertai dengan jaminan berupa barang tidak bergerak. Maksud barang tidak bergerak di sini adalah lebih mengarah pada properti seperti gedung, pabrik, rumah maupun tanah.

Namun jenis penyerahan barang tersebut bukan berupa barang real (nyata) melainkan berupa sertifikat yang menyatakan hak kepemilikan atas properti tersebut.

Meskipun disertai dengan jaminan, perusahaan yang berutang dalam jangka panjang tetap bisa memanfaatkan barang properti tersebut.

Baca Juga: Anggaran Keuangan : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Jenis Hutang Jangka Panjang

Berikut terdapat 2 jenis utang jangka panjang yang perlu Anda ketahui yaitu:

• Hutang Hipotek

Jenis hutang jangka panjang pertama adalah hutang hipotek. Hutang ini merupakan jenis penyerahan jaminan berupa aktiva tetap yang disepakati dalam perjanjian tertulis oleh kedua belah pihak.

Menggunakan akta notaris yang mencantumkan nominal pinjaman, tingkat suku bunga, jangka waktu, jumlah angsuran, dan jaminan yang diserahkan secara terperinci.

Maka dengan adanya jaminan atau perjanjian yang sudah disepakati dalam utang jangka panjang ini, pemberi utang berhak untuk menyita dan menjual barang yang telah diberikan sebagai jaminan.

Hal tersebut dilakukan, apabila penerima utang tidak mampu melunasi utangnya sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan bersama.

Apabila perusahaan tidak dapat melunasi utang tersebut, maka pemberi utang atau perusahaan akan menjual barang jaminan yang sudah disepakati sebelumnya. Pemberi utang juga berhak mengambil dana tersebut untuk menutupi kekurangan utang beserta bunganya yang belum dilunasi.

Hutang obligasi

Jenis hutang obligasi ini adalah salah satu jenis hutang yang terjadi akibat dari perjanjian yang telah ditentukan dengan adanya dana yang turun melalui surat obligasi.

Isi surat obligasi umumnya tercantum pada nominal utang, bunga per tahun, tanggal pelunasan, dan ketentuan-ketentuan lain sesuai dengan jenis obligasi yang disepakati oleh peminjam dan pemberi pinjaman.

Namun sebelum terjadi atau dilakukannya hutang piutang, maka akan dilihat dahulu nominal dari surat obligasi tersebut. Apabila isi dari surat sudah sesuai maka dana hutang yang akan dipinjamkan adalah yang berupa nominal dari surat obligasi tersebut.

Baca Juga: 6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Dengan Efektif

custom-form-newsletter

Mengapa Hutang Jangka Panjang bisa Menguntungkan?

Utang jangka panjang tentu menjadi pilihan bagi pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Seperti yang kita ketahui, pinjaman jangka panjang tentu memiliki tenor atau waktu yang lebih panjang ketimbang pinjaman jangka pendek. Sehingga Anda pun lebih leluasa menggunakan pinjaman untuk memutar modal dan mengembangkan usaha jadi lebih besar lagi.

Adapun beberapa keuntungan yang Anda dapat, ketika melakukan utang jangka panjang:

• Dapat Mengurangi Biaya Pajak

Apabila Anda melakukan utang jangka panjang, maka keuntungan yang Anda akan peroleh adalah dapat mengurangi beban pajak yang Anda miliki, karena bunga utang atau pinjaman merupakan biaya yang dibebankan kepada perusahaan. Oleh sebab itu, biaya bunga utang jangka panjang ini akan mengurangi beban pajak.

• Mendapatkan Suku Bunga Yang Rendah

Keuntungan yang di dapat dalam utang jangka panjang adalah tingkat suku bunga cenderung lebih rendah di bandingkan dengan besarnya dividen yang di bayarkan kepada pemegang saham di dalam perusahaan.

• Jaminan Hutang Masih Bisa Digunakan

Keuntungan yang di dapat dalam utang jangka panjang adalah perusahaan masih bisa menggunakan, mengoperasikan atau memanfaatkan aset tetap yang telah menjadi jaminan dalam perjanjian utang jangka panjang.

Pemberi utang hanya berhak untuk menyimpan jaminan selama berlangsungnya jangka waktu utang, tetapi tidak memiliki hak untuk melakukan intervensi terhadap urusan internal perusahaan baik dalam hal penentuan peraturan, kebijakan, maupun strategi perusahaan.

Walaupun perusahaan bisa memanfaatkan aset yang menjadi jaminan pinjaman jangka panjang, aset tersebut tidak boleh berubah, tidak berkurang kapasitasnya, tidak berkurang ukurannya dan tdak berkurang nilainya akibat penggunaan.

Apabila seseorang telah memiliki pinjaman berupa hutang jangka panjang dalam perusahaannya, maka hal penting yang harus dilakukan oleh manajemen perusahaan adalah membuat neraca.

Neraca keuangan ini terdiri atas aktiva dan pasiva. Neraca adalah laporan keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi (1 tahun).

Neraca keuangan akan menjadi sebuah dasar untuk menentukan keputusan keuangan perusahaan di masa depan.

Untuk memantau usia hutang dan proses finansial secara keseluruhan, Anda harus melakukan pencatatan pembukuan untuk memastikan bahwa seluruh data keuangan Anda terpantau dengan optimal.

Hindari pembukuan manual yang memakan waktu dan berpotensi pada kesalahan pencatatan yang dapat merugikan usaha. Lantas, bagaimana cara terbaik untuk melakukan pecatatan tersebut? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Harmony untuk optimalisasi proses pencatatan dan pembukuan usaha Anda.

Software Harmony ini merupakan software canggih yang mampu mencatat transaksi keuangan secara detail dan rapi. Dilengkapi dengan rekonsiliasi bank otomatis bisa menggunakan software Harmony gratis selama 30 hari dengan mendaftar akun disini.

Namun bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/