Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Event Organizer
Harmony Blog
Business
Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Event Organizer
September 19, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dengan cepat, perkembangan zaman kini membuat tumbuhnya berbagai macam bisnis, salah satunya adalah bisnis event organizer. Event adalah sebuah kegiatan atau pristiwa yang direncanakan untuk memberikan pengalaman kepada penonton yang hadir. Sedangkan pengertian event organizer adalah penerapan manajemen proyek untuk pembuatan dan pengembangan acara pribadi atau perusahaan skala kecil dan / atau besar.

Sebuah jasa event organizer yang handal dan profesional dihadirkan untuk membantu banyak pihak agar lebih mudah dalam membuat perencanaan dan pelaksanaan sebuah kegiatan.

Jenis bisnis kreatif yang satu ini merupakan jasa yang menggelar atau menjalankan suatu acara. Contoh event organizer biasanya digunakan pada acara musik, seminar, hingga pernikahan menggunakan jasa mereka.

Dengan adanya bisnis event organizer ini, tentu sangat membantu kebutuhan dan keinginan klien yang ingin mengadakan acara namun tidak mempunyai waktu serta sumber daya yang memadai.

Dengan Anda mengunakan jasa event organizer, maka dapat membuat acara Anda berjalan lebih baik dan lancar karena mereka sudah memiliki pengalaman serta crew yang membantu berjalannya acara. Sehingga acara akan berjalan lebih mudah dibanding jika Anda harus mengerjakan segalanya sendiri.

Untuk mendirikan bisnis ini tentu tidaklah mudah, namun Anda dapat melakukan strategi positioning untuk meningkatkan kekuatan posisi bisnis Anda.

Bagi Anda yang ingin memulainya harus terlebih dulu memulai dari event kecil, agar kemudian bisa menangani event yang lebih besar. Sebelum menggunakan jasa bisnis Anda, klien pasti ingin melihat portofolio acara yang sudah pernah Anda selenggarakan sebelumnya. Jika acara sebelumnya sukses, kesempatan Anda untuk dipilih menjadi event organizer pun akan lebih besar.

Hal yang Diperhatikan Dalam Bisnis Event Organizer

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam bisnis event organizer yaitu :

1. Sampaikan Hal Positif Dalam Event

Apabila Anda melakukan sebuah acara ada baiknya tidak selalu berfokus pada keuntungan saja, melainkan Anda dapat membuat sebuah acara yang melakukan penggalangan dana atau amal yang Anda selenggarakan. Acara yang biasanya mengadakan penggalangan dana akan ramai peminat. Tetapi hal ini hanya bisa dilakukan di acara tertentu, seperti acara hiburan atau seminar.

Maka dengan begitu, acara yang Anda selenggarakan akan mendapatkan hal positif bagi semua orang. Bentuk bantuan ini bisa disalurkan ke komunitas yang membutuhkan, seperti korban bencana alam dan lainnya.

2. Jalin Relasi Baik Dengan Klien

Sebagai pebisnis perlu memiliki karakter pemimpin yang baik dalam team dan bisa membangun relasi dengan berbagai pihak dalam bisnis event organiser

Ketika Anda mengadakan event organizer dengan skala yang besar, pasti dibutuhkan biaya yang besar untuk mengundang figur dengan nama yang cukup dikenal oleh orang banyak.

Maka dari itu, cobalah bangun relasi terhadap klien. Apabila acara yang Anda gelar sukses, tentu klien akan percaya dengan Anda dan klien tak segan membantu Anda dalam menjalankan acara.

3. Carilah Sponsor Yang Tepat

Dalam event organizer, sponsor memiliki peran yang penting. Apabila tidak adanya sponsor, maka Anda harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dan perusahaan akan mengalami kesuliatan keuangan dalam membayar.

Apabila Anda memiliki banyak relasi atau mengenal seseorang di perusahaan maka mereka bisa memberikan Anda sebuah sponsor. Dengan sumber daya yang terbatas Anda pasti akan terbantu dengan adanya sponsor.

Namun Anda perlu mengingat bahwa ini adalah hubungan sponsorship, sehingga Anda perlu memberikan profit untuk pemberi sponsor. Tanpa profit, pasti si pemberi sponsor merasa kurang yakin untuk menginvestasikan uangnya pada event organizer Anda.

Sistem sponsorship ini tidak hanya berlaku untuk pengusaha atau perusahaan. Anda juga bisa menjalin sponsorship dengan berbagai vendor, seperti vendor sound system, panggung, hingga lighting yang tentunya dibutuhkan untuk mensukseskan acara yang Anda gelar.

4. Rekrut Tim Solid Dan Dipercaya

Kunci keberhasilan bisnis EO (event organizer) adalah dengan memiliki kerjasama tim yang baik dan kompak. Maka, ketika Anda membangun bisnis EO, mulailah merekrut SDM (sumber daya manusia) yang kompeten, mampu bekerjasama dengan baik dalam tim, dan mampu Anda percaya. Setelah itu, baru Anda dapat membuat job description untuk masing-masing divisi yang akan dibentuk. Namun jangan lupa untuk terlibat langsung dan terus memantau pekerjaan para tim Anda hingga selesai.

Baca Juga : Penjelasan dan Cara Menghitung BEP dalam Bisnis

custom-form-newsletter

5. Promosikan EO Anda Secara Massal

Jika bisnis sudah berjalan dan mendapatkan pelanggan sekalipun hanya 1-2 orang, maka ini bisa dijadikan ajang promosi yang bagus. Caranya dapat Anda lakukan dengan memasang nama EO di lokasi pesta pernikahan, ulang tahun dan acara lainnya. Namun pastikan tamu yang hadir membaca tulisan tersebut dengan meletakannya dibagian yang mudah terlihat oleh tamu undangan lainnya.

Namun untuk promosi intensif selanjutnya ialah dengan menggunakan media. Yaitu Anda dapat melakukannya dengan cara meletakkan nama di surat undangan, pasang review di website atau dengan memasang pamflet di pinggir jalan. Anda juga bisa memasang  iklan melalui facebook, instagram, dan lainnya. Dilakukannya  promo ini agar dapat mengenalkan bisnis Anda kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding.

6. Fokus Pada Tujuan Bisnis EO

Yang harus Anda perhatikan agar bisnis EO dapat lebih berkembang  yaitu Anda harus fokus terhadap tujuan awal sebagai event organizer. Apabila suatu saat Anda mengalami kegagalan dalam mengadakan acara, maka jangan mudah menyerah dan cobalah untuk fokus mengejar tujuan Anda.

Dari kegagalan, Anda dapat terus membangun diri Anda dengan mencari ide-ide yang baru hingga Anda mendapatkan keberhasilan yang ingin Anda gapai. Maka dengan Anda berinovasi, tentunya Anda akan semakin mengembangkan bisnis event organizer Anda. Dengan Anda memperluas jaringan dan memperbarui konsep acara maka akan membuat event organizer anda dikenal sebagai sesuatu yang berbeda. Maka pelangganpun akan selalu senang dengan jasa Anda.

Ketika Anda menjalani usaha event organizer memang menyenangkan, namun memerlukan banyak ketrampilan terutama dalam merancang, mengarahkan, mengelola, dan mengeksekusi rencana atau konsep yang telah dibuat.

Apabila semakin tinggi jam terbang dari suatu event organizer, maka akan semakin mudah dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga, yang mungkin terjadi pada saat mempersiapkan acara ataupun pada saat pelaksanaannya.

Dengan banyaknya minat para pelanggan, tentu Anda akan kesulitan dalam menangani setiap keinginan pelanggan Anda. Sehingga sulit dalam membagi waktu untuk membereskan setiap laporan keuangan bisnis Anda. Kini Anda sudah tidak perlu repot dan kesulitan dalam melakukan sebuah pembukuan perusahaan dengan Anda menggunakan sebuah software akuntansi Harmony.

Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Cukup dengan melakukan register disini, maka Anda akan menikmati free trial software akuntansi harmony Selama 30 hari.

Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service. Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/