Harmony Blog

Gunakan Iklan Gratis, Inilah Cara Mudahnya dan Pentingnya Bagi Penjualan

Diposting Jul 29th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Iklan GratisPin

Tertarik ingin mencoba iklan gratis sebagai strategi promosi selanjutnya? Anda mungkin sudah punya rencana strategis yang matang untuk bisnis produk makanan Anda.

Sayangnya, anggaran terbatas, sehingga agak sulit menerapkan strategi pemasaran produk makanan di tahap awal merintis usaha. Akan tetapi, Anda tak berarti harus menyerah. Sebab, Anda masih bisa menggunakan iklan gratis.

Iklan gratis adalah suatu metode pemasaran yang bisa digunakan tanpa biaya sama sekali.Click to Tweet

Setelah kehadiran internet, strategi pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien biaya. Bahkan, kini jualan barang pre order saja bisa laris, dengan adanya marketplace atau aplikasi terpercaya.

Pelaku UMKM yang mungkin terkendala dana untuk marketing, bisa pasang iklan gratis dengan strategi promosi yang ampuh.

Iklan Gratis Vs Iklan Berbayar

Iklan gratis adalah suatu metode pemasaran yang bisa digunakan tanpa biaya sama sekali, pasang iklan secara gratis saat ini juga tersedia secara online. Anda bisa meningkatkan lalu lintas (traffic) website, mengarahkan calon pelanggan ke media sosial atau landing page Anda, maupun akun marketplace Anda. Yang pasti, dengan pasang iklan secara gratis, Anda bisa meningkatkan jangkauan konsumen ke brand atau bisnis Anda.

Iklan berbayarPin

Sedangkan, iklan berbayar biasanya memberikan lebih banyak keuntungan atas informasi yang disampaikan ke konsumen. Biaya iklan berbayar bervariasi. Tetapi, sepadan dengan uang yang Anda bayarkan.

Sebab, memungkinkan Anda untuk membangun image dan citra brand Anda. Akan tetapi, pasang iklan gratis secara online, jika dilakukan dengan benar juga bisa meningkatkan hasil penelusuran brand Anda di mesin pencari.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

Cara Pasang Iklan Gratis Secara Online

Berikut beberapa cara mudah cara menggunakan iklan gratis untuk mempromosikan bisnis Anda:

  1. Daftarkan Bisnis Di Mesin Pencari

    Jarang disadari, bahwa Google Business maupun Google Places, bisa jadi metode ampuh untuk pasang iklan gratis. Kenapa begitu? Sebab, Google Places dan Google Business akan memungkinkan calon pelanggan untuk menemukan bisnis Anda di internet.

    Ketika mengetik nama brand atau nama bisnis Anda, maka hasil penelusuran Google akan segera menampilkan Google Business atau Google Places Anda.

    Hal yang sama juga berlaku untuk mesin pencari lain, seperti Yahoo! Lokal atau Bing Microsoft. Yes, tentunya semuanya adalah iklan gratis.

  2. Gunakan Media Sosial

    Semua orang pasti sudah tau, bagaimana efektifnya berjualan atau mempromosikan bisnis di Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn, Whatsapp, dan media sosial lainnya.

    Anda bebas membuat postingan yang sesuai konten strategi promosi di Instagram atau Facebook, semuanya tanpa biaya alias iklan gratis yang sangat membantu perkembangan usaha Anda.

  3. Mulai Blog

    Strategi promosi lainnya tanpa biaya adalah membuat blog. Blog bisa diisi berbagai jenis konten artikel untuk mengedukasi calon pelanggan tentang keistimewaan produk atau jasa Anda. Kunci utama blogging adalah terus memperbarui konten sesering mungkin.

    Blog yang terbengkalai dan ditinggalkan akan menurunkan kredibilitas bisnis Anda. Sebab, konsumen tidak akan merasa terhubung dengan perusahaan Anda.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  4. Buat Konten Di Youtube Dan Tiktok

    Soal pasang iklan gratis, Anda jangan sampai melewatkan platform berbagai video seperti Youtube dan TikTok. Kedua situs ini menjadi salah satu alat marketing yang populer dan cukup efektif. Meskipun butuh usaha ekstra untuk membuat konten video yang menarik.

    Anda hanya perlu membuat video konten iklan sederhana dengan aplikasi smartphone, lalu unggah ke Youtube atau TikTok. Ini adalah iklan gratis untuk mendistribusikan video strategi promosi kreatif Anda dengan lebih cepat ke ratusan atau ribuan orang dalam hitungan detik.

  5. Website SEO-Friendly

    Optimasi mesin pencari tidak bisa diremehkan di dunia Googling yang konstan. Anda bisa mencari panduan e-book atau video tutorial tentang SEO dan pastikan website bisnis Anda siap untuk bekerja efektif di mesin pencari.

Pentingnya Iklan Gratis Bagi Penjualan Bisnis

Promosi menjadi alat yang diandalkan untuk meningkatkan penjualan. Maka iklan gratis semacam ini pun juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Berikut ini beberapa peran pentingnya.

  • Tidak ada biaya. Promosikan bisnis Anda dengan anggaran yang minim.
  • Menargetkan pasar. Pasang iklan ini bisa dikategorikan sesuai kebutuhan. Sehingga, mudah ditemukan calon pelanggan.
  • Mudah dibuat. Pasang iklan ini hanya butuh beberapa menit, yang terpenting adalah headline yang menarik dan catchy.
  • Mudah dilacak. Iklan gratis mudah dilacak kinerja postingannya. Hal ini memudahkan Anda untuk membuat analisis dan laporan penjualan.

Ayo, jangan tunda lagi, buat iklan gratis Anda atau iklan berbayar untuk melejitkan penjualan. Untuk membantu pengelolaan anggaran dalam membuat iklan, pastikan Software Akuntansi Harmony sebagai solusi paling ideal.

Software Akuntansi Harmony didukung fitur dan modul accounting yang lengkap. Meliputi smart invoicing, pencatatan transaksi, laporan stok barang, rekonsiliasi bank, hingga pembuatan laporan keuangan semudah beberapa detik.

Nikmati fitur-fitur dan kecanggihannya, FREE Trial 30 hari, silakan klik tautan ini. Harmony juga hadir di media sosial untuk menyapa Anda dengan update info terkini, follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook sekarang, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony