Harmony Blog

Contoh Nota Penjualan dan Cara Mudah Membuatnya

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Contoh-Nota-Penjualan-HarmonyPin

Beberapa contoh nota penjualan memiliki fungsi yang sama dengan faktur ataupun kwitansi, hal ini dikarenakan bahwa lampiran ini merupakan alat bukti penjualan atau pembelian yang sah.

Secara umum biasanya pebisnis dalam bertransaksi akan sering memakai contoh nota kontan, namun dalam nota penjualan maupun contoh nota pembelian barang tersebut diberikan supaya ada bukti jumlah yang harus dibayar. Dalam pembuatan desain nota penjualan dibuat secara dua rangkap lembar, yaitu nota pertama akan diberikan oleh penjual kepada pembeli saat membeli barang.

Sedangkan pada lembar kedua nota ini menjadi hak penjual sebagai arsip ataupun bukti yang digunakan dalam melakukan laporan keuangan, selain itu contoh nota penjualan ini juga dapat berfungsi sebagai dokumen tagihan yang harus dibayar oleh pelanggan atau pembeli.

Contoh nota penjualan berguna sebagai alat bukti pembayaran atau transaksi dengan pembeli dengan desain nota penjualan yang beragam.

Apa Yang Dimaksud Contoh Nota Penjualan?

Contoh nota penjualan adalah sebuah bukti atas pembelian barang secara tunai ataupu kredit yang diberikan kepada pelanggan atau pembeli. Pada dasarnya contoh nota penjualan memiliki dua rangkap yaitu lembar pertama untuk pembeli dan lembar kedua untuk penjual yang akan dipakai dalam pembukuan atau pengecekan laporan stok barang.

Dilihat dari fungsinya bahwa contoh nota pembelian barang dengan penjualan secara bersamaan dikeluarkan sebagai bukti transaksi antara pihak penjual untuk pihak pembeli saat menerima barang.

Dalam perbedaan nota penjualan tunai biasanya disebut sebagai contoh nota kontan, sehingga pelanggan yang membeli barang akan melakukan pembayaran secara lunas. Sedangkan nota penjualan kredit dapat dikatakan sebagai faktur atau invoice yang memiliki jatuh tempo atas transaksi yang berlangsung sesuai dengan kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Apa Saja Fungsinya?

Menjadi pemilik usaha tentu harus memiliki contoh nota penjualan, adapun fungsi nota tersebut yaitu :

1. Sebagai bukti daftar pencatatan penjualan sesuai dengan kategori barang ataupun jasa.

2. Memberikan gambaran informasi atas jumlah dan harga barang yang dijual.

3. Memiliki peran penting sebagai transaksi yang sah saat proses jual beli dilakukan.

4. Memberikan kepercayaan konsumen untuk pemilik bisnis atas penjualan barang atau jasa tersbeut.

5. Memiliki peran penting sebagai sumber bukti atau data pembukuan perusahaan dalam periode tertentu.

Selanjutnya bagi pembeli, contoh nota pembelian barang dijadikan sebagai bukti dan referensi atas pembelian barang atau jasa yang dipakai. Biasanya bukti referensi memiliki fungsi sebagai data pendukung dalam pembukuan perusahaannya.

Dengan menghitung pembelian dan penjualan barang yang dikeluarkan dari kas usaha serta mencatat stok barang usaha Anda. Tentunya diperlukan untuk menyajikan laporan keuangan yang berkaitan dengan jenis pendapatan atau biaya masuk dan keluar kas Anda.

Maka sekarang dengan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat, dapat membantu Anda untuk memperoleh laporan keuangan dengan cepat dan dapat diperbandingkan dari tahun ke tahun.

Solusi untuk Anda dalam melakukan pembukuan yang rapi yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

Bagaimana Peran Contoh Nota Penjualan Bagi Perusahaan?

Nota penjualan ataupun contoh nota kontan memiliki peran penting yang besar dalam laporan keuangan perusahaan, sehingga berfungsi sebagai data bukti untuk memposting ke dalam buku besar serta pencatatan laporan keuangan.

Selain itu fungsi contoh nota penjualan bagi perusahaan yaitu berguna sebagai bukti transaksi penjualan untuk pihak internal dan eksternal. Bagi pihak internal nota penjualan ini disimpan sebagai bukti transaksi.

Sedangkan bagi pihak eksternal akan menerima contoh bukti pembelian barang, sehingga nota ini sebagai bukti transaksi yang disimpan dan tidak dapat dipalsukan.  

Baca Juga : Apa itu Wesel? Berikut Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Unsur-Unsur Penting Dalam Nota Penjualan

Untuk mengetahui unsur penting apa saja dalam contoh nota penjualan adapun informasi tersebut, yaitu :

1. Informasi identitas pemilik usaha, nama, alamat dan sebagainya.

2. Tanggal hari atau waktu saat penerbitan nota.

3. Memberikan informasi jenis produk barang atau jasa yang dijual kepada pelanggan.

4. Mencantumkan jumlah produk yang dijual.

5. Memberikan total harga yang harus dibayarkan oleh pelanggan.

6. Memberikan tanda tangan atau stempel usaha sebagai bukti sah.

Untuk informasi pada unsur di atas wajib diberikan saat membuat contoh nota penjualan, baik itu secara manual atau dengan yang dicetak serta diperbanyak hingga dengan menggunakan aplikasi software pembukuan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Inilah Cara Mudah Membuatnya

Setelah unsur nota sudah dijelaskan pada informasi di atas, maka bukti nota tersebut dapat menjadi bukti transaksi internal dan eksternal yang sah. Sehingga pihak penjual dan pembeli bisa menjadikan nota tersebut di simpan sebagai referensi.

Menjadi pemilik bisnis juga dapat membuat desain nota penjualan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, mulai dari ukuran kertas, detail informasi dan desain tersebut.

Selain itu nota tersebut dapat diberikan dalam bentuk softcopy jika Anda pemilik usaha online ataupun juga memiliki software pembukuan yang berformat PDF. Sehingga ketika Anda menjual barang maka secara otomatis invoice tersebut langsung dapat digunakan dan diberikan.

Berikut ini seperti contoh desain nota penjualan atau invoice oleh pembukuan software Harmony yang bisa digunakan dan Anda ketahui untuk transaksi jual beli barang.

Nota penjualan harmonyPin

Seperti contoh diatas ada 3 bagian yang terdapat pada nota yaitu bagian kop surat nota, isi, serta keterangan tambahan. Sehingga pada bagian tersebut tidak boleh dihilangkan. Oleh karena itu semua informasi harus diisi sejelas mungkin supaya pembeli dan penjual bisa mendapatkan informasi yang detail mengenai informasi barang yang dijual atau dibeli.

Pada bagian akhir ada informasi mengenai syarat dan ketentuan serta keterangan yang dimana bagian ini tidak hanya dimiliki nota saja tapi faktur dan invoice juga memiliki informasi tersebut yang berguna untuk memberikan kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

Untuk melakukan pembuatan contoh nota pembelian barang dan nota penjualan dengan cara manual, yaitu dengan tulis tangan dalam sebuah kertas. Hal ini tentunya sangat memakan waktu lebih lama dan sangat merepotkan, tentunya sebagai pebisnis Anda sangat menghargai waktu setiap detiknya.

Maka dari itu solusi dalam mempermudah kegiatan transaksi dengan nota penjualan secara online. Terlebih lagi pelanggan akan menerima nota tersebut dengan cepat dan nilai yang dihasilkan pun akurat dan terupdate otomatis dengan perbaikan invoice.

Gunakanlah software Harmony, Anda mendapatkan fitur invoice, perhitungan stok barang, expense, pengiriman invoice melalui whatsapp kepada pelanggan, dan fitur lainnya seperti rekonsiliasi bank otomatis sampai dengan pembuatan laporan keuangan yang cepat.

Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony