Harmony » Blog » 

Tips Membuat Catatan Keuangan Bisnis Yang Praktis dan Modern

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Mei 20, 2021

Sebagian pengusaha kecil pernah berfikir bahwa catatan keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar bukan? Nah, nyatanya Anda perlu tahu betapa pentingnya catatan keuangan walaupun bisnis Anda masih kecil atau berkembang.

Melalui catatan keuangan usaha juga berguna dalam mengajukan pinjaman bank atau sebagai kebutuhan pihak eksternal.Click to Tweet

Karena pada dasarnya catatan keuangan seperti pengeluaran atau pemasukan perlu dilakukan secara teratur, supaya Anda tidak lagi mengalami kesulitan untuk menganalisis berbagai jenis transaksi.

Dengan begitu adanya catatan keuangan juga akan membantu Anda dengan mudah mengetahui keuntungan dan kerugian yang dialami.

Sehingga catatan ini akan memudahkan Anda melakukan laporan keuangan lebih lanjut ataupun berbagai kebutuhan.

Kenali Manfaat Membuat Catatan Keuangan Secara Benar

Setelah membahas bagaimana pentingnya catatan keuangan dalam bisnis Anda, maka selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja manfaat yang perlu dirasakan setelah membuat catatan keuangan bisnis.

Manfaat Catatan Keuangan

Nah adapun beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan apabila memiliki catatan keuangan yaitu:

  • Bisa mengukur keadaan finansial yang dimiliki
  • Mempunyai perkiraan untuk mengembangkan dana
  • Menyiapkan masa depan keadaan finansial secara baik

Tips Membuat Catatan Keuangan Bisnis Secara Praktis

Berikut ini beberapa tips membuat catatan keuangan bisnis yang bisa Anda pelajari secara pribadi yaitu:

  1. Lakukanlah Pencatatan Mulai Sekarang

    Saat ini tidak menjadi masalah jika Anda belum mencatat transaksi, namun sekarang sebaiknya Anda sudah mulai melakukan catatan keuangan sejak hari ini.

    Meskipun keuangan bisnis Anda tidak dimiliki oleh penanggung jawab siapapun, namun sekarang Anda harus memiliki tanggung jawab keuangan bisnis Anda sendiri.

    Baca Juga: 2 Metode Pencatatan Persediaan, Pilih Mana Periodik Atau Perpetual?

  2. Manfaatkanlah Gadget Anda

    Apabila Anda rumit mencatat secara manual ataupun waktu kinerja secara singkat. Nah untuk memudahkan catatan pengeluaran dan masuk, maka manfaatkanlah gadget Anda untuk mencatat transaksi keuangan.

    Baik itu melalui smartphone, komputer, tablet, dan elektronik kemudahan lainnya yang juga bisa Anda ketahui setiap saat.

    Anda juga bisa mencoba memanfaatkan catatan atau note yang tersedia di barang elektronik yang disediakan.

  3. Cobalah Gunakan Buku Kas

    Ketika Anda ternyata lebih menyukai pencatatan di kertas atau manual, maka belilah buku kas di toko buku.

    Nah biasanya buku tersebut sudah tersedia kolom yang mirip dengan buku besar, namun buku kas ini cocok untuk mencatat setiap transaksi Anda.

    Setelah itu Anda bisa salin dari gadget ke buku kas tersebut secara rutin atau waktu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  4. Klasifikasikan Jenis Pendanaan

    Jika Anda ternyata memiliki sumber dana yang berbeda, maka sebaiknya Anda harus mencatat secara masing-masing.

    Tips Klasifikasi Catatan Keuangan

    Karena Anda perlu mengatur keuangan sehari-hari dengan mengklasifikasikan jenis keuangan usaha, atau bahkan keuangan lainnya yang secara konsisten tidak dapat dicampur supaya Anda tidak sulit mengatur keuangan bisnis.

  5. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

    Melalui cara evaluasi catatan keuangan bisnis secara sederhana dan rutin seperti setiap hari, mingguan atau bulanan.

    Maka sebaiknya lakukan evaluasi demi mencegah adanya transaksi yang belum tercatat, karena jika Anda lupa mencatat lebih dari dua hari maka Anda bisa mengalami kesulitan untuk mengingat berbagai jenis transaksi yang banyak.

  6. Berikan Pembatasan Pengeluaran Belanja Bulanan

    Dengan adanya belanja bulanan dalam bisnis Anda, maka sebaiknya lakukan pembatasan dana belanja bulanan yang secara pasti nominal tersebut sudah dianggarkan.

    Tujuan ini bermanfaat supaya Anda bisa melakukan penghitungan setiap bulannya dan meminimalisir pemborosan.

  7. Catatlah Rekapan Jumlah Pendapatan

    Untuk mencatat pendapatan juga harus dilakukan setiap bulannya melalui rekapan Anda, setelah itu sebaiknya juga pastikan pendapatan bulanan secara bersih Anda dapatkan.

    Kemudian jumlahkan seluruh pendapatan lainnya yang kamu terima sebagai penghasilan bulanan.

    [elementor-template id="26379"]

  8. Cobalah Rencanakan Keuangan Bulan Selanjutnya

    Jika Anda sudah melakukan catatan keuangan transaksi bisnis selama satu bulan terakhir, maka langkah selanjutnya yaitu Anda melakukan perencanaan dana untuk bulan kemudian.

    Untuk memiliki rencana target tersebut tidak harus secara rinci maupun rumit cukup kurangi dan pantau catatan pengeluaran yang perlu dilakukan atau sifatnya terlalu konsumtif.

  9. Menentukan Target Dalam Mengembangkan Usaha

    Sesudah Anda membuat catatan keuangan bisnis dimasa depan, tentunya Anda juga akan membuat target atau perencanaan bisnis yang cocok untuk mengembangkan usaha.

    Misalnya seperti membuat produk baru, membuka cabang baru, hingga bisa membuat jenis usaha baru bisa memungkinkan.

    Karena jika perencanaan bisnis Anda dapat berkembang secara baik maka bisnis Anda bisa lebih berkembang secara cepat.

  10. Gunakan Aplikasi Keuangan Perusahaan

    Untuk Anda yang memiliki gadget dan sudah memiliki support microsoft excel, maka cara ini dapat membantu Anda menghitung saldo akhir secara otomatis menggunakan rumus.

    Namun jika Anda masih merasa kesulitan dan memiliki waktu kinerja yang terbatas maka Anda bisa menggunakan software pembukuan atau berlangganan aplikasi keuangan perusahaan.

Seperti itulah beberapa membuat catatan keuangan yang dapat diterapkan dalam bisnis kecil Anda.

Akan tetapi jika bisnis Anda memiliki banyak jenis transaksi setiap harinya, maka Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan perusahaan seperti software pembukuan Harmony.

Apa sih teknologi Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Harmony dapat dengan mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time.

Jangan sampai Anda dipusingkan oleh pencatatan pembukuan yang berantakan di bisnis Anda. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan Harmony Gratis 30 Hari dengan membuat akun di sini.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram