Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis
Harmony Blog
Accounting
Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan yang Dapat Anda Terapkan Dalam Bisnis
December 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Saat menjalankan bisnis tentunya contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan sangat dibutuhkan oleh pebisnis. Mengapa demikian? Ini bertujuan agar nantinya perusahaan dapat membuat laporan keuangan lebih rapi dan tepat.

Seperti yang Anda ketahui bahwa tidak hanya seorang akuntan saja yang dapat mencatat transaksi keuangan, namun bisa dilakukan oleh siapapun yang membutuhkan pembukuan. Tentu hal ini akan berbeda jika Anda membuat laporan pemasukan dan pengeluaran pribadi dengan perusahaan.

Apapun bentuk contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan akan selalu dibutuhkan dalam menyajikan informasi secara detail tentang keuntungan dan kerugian bisnis saat ini.

Sehingga dengan adanya laporan pemasukan dan pengeluaran, akan memberikan keuntungan perusahaan dalam membantu keputusan apa yang diambil oleh manajemen perusahaan.

Setelah seperti yang diketahui diatas Anda juga perlu memahami bagaimana cara membuat laporan keuangan atas transaksi setiap harinya. Tetapi sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan bulanan atau harian yang dapat dijadikan referensi bagi bisnis Anda.

Apa Yang Dimaksud Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan?

Tentu setiap bisnis membutuhkan contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan. Ini terjadi agar terhindar dari risiko selisih antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

Namun apa saja manfaat bagi usaha Anda dalam membuat contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan bisnis, yaitu diantaranya:

1. Dapat meminimalisir risiko hilangnya suatu produk, aset hingga uang.

2. Memperoleh hasil dari jumlah pajak yang harus dibayarkan.

3. Dapat mempengaruhi nilai suatu aset dan laba rugi usaha di masa mendatang.

4. Supaya dapat mengetahui berapa jumlah utang maupun piutang.

5. Dapat mengontrol biaya operasional usaha.

6. Memperoleh hasil kemajuan dari bisnis yang dijalankan.

Bagi Anda yang memiliki banyak transaksi atas pengeluaran dan pemasukan kas, hingga membutuhkan pencatatan yang akurat dan detail. Bahkan Anda juga masih terkendala dengan kesibukan bisnis yang padat.

Anda bisa mencoba layanan jasa pembukuan untuk bisnis Anda. Semua kegiatan pembukuan ditangani oleh profesional, tidak perlu khawatir tentang penggunaan metode persediaan, debit kredit transaksi, dan hal lainnya tentang akuntansi. Dengan jasa ini, Anda juga dapat memperoleh perhitungan dan pelaporan pajak dengan lebih mudah.

Bagaimana Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan Pada Bisnis?

Contoh Pembukuan Pengeluaran

Sebagai contoh pembukuan pengeluaran berisi informasi mengenai pengeluaran kas usaha yaitu misalnya biaya operasional, bahan baku, serta gaji karyawan.

Biasanya melalui pembukuan ini modal usaha yang dikeluarkan dapat diketahui. Dengan demikian Anda juga bisa mentargetkan strategi bisnis serta menggunakan modal usaha yang dapat menjadi omzet bagi suatu bisnis Anda.

Contoh Pembukuan Pemasukan

Selanjutnya pada pembukuan pemasukan, dibuat informasi seperti catatan terpisah misalnya piutang terbayar berapa, dan penjualan produknya.

Pembukuan pemasukan ini sebaiknya untuk selalu di update setiap harinya, supaya Anda juga bisa mengetahui keuntungan serta profit yang diraih.

Baca Juga : Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

custom-form-newsletter

Apa Saja Bentuk dan Contoh Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan Harian?

Bentuk tabel yang bisa Anda terapkan pada contoh pembukuan pengeluaran dan pemasukan harian serta bulanan dapat digunakan sesuai dengan jenis pembukuan dan transaksi bisnis Anda.

Untuk itu contoh laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan serta harian juga memberikan informasi yang penting di dalam tabel tersebut. Seperti hasil saldo setiap transaksi dan berdasarkan kode tersebut.

Contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian ini bertujuan untuk memberikan informasi transaksi atas kas keluar dan kas masuk di suatu perusahaan.

Sehingga dengan contoh laporan pemasukan dan pengeluaran bulanan serta harian, bisa Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan dari perusahaan Anda. Berikut ini beberapa bentuk contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran harian atau bulanan yaitu :

1. Pembukuan Skontro (Folio Dua Halaman)

Seperti yang Anda ketahui bahwa pembukuan skontro berisi dua halaman, yaitu dua halaman tersebut terdiri dari debet dan kredit yang terdiri dari :

a. Halaman Debit Transaksi Masuk

Tanggal uang masuk

Keterangan mudah dimengerti dan singkat

Nomor urut dan kode berdasar pada bukti masuknya uang sampai kas bertambah

Jumlah uang masuk sesuai dengan tanggal

b. Halaman Kredit Transaksi Pengeluaran Kas

Tanggal pencatatan

Keterangan pengeluaran mudah dimengerti

Nomor urut dan kode pengeluaran berdasar tanggal

Mencatat jumlah uang yang dikeluarkan

2. Pembukuan Camera (Folio Satu Halaman)

Contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian selanjutnya yaitu berjenis folio satu halaman. Untuk bisnis kecil ini sangat mudah dan praktis biasanya memiliki bentuk pembukan transaksi seperti ini juga bisa dipakai harian atau bulanan diantaranya :

Tanggal pencatatan

Keterangan sumber masuk uang

Nomor urut dan kode bukti kas yang ada termasuk untuk pemasukan ataupun pengeluaran

Jumlah penerimaan uang pada akas terakhir, isinya jumlah saldo kas yang ada

Jumlah pengeluaran dari kas yang dilakukan

3. Pembukuan Tabelaris

Sebagai contoh pembukuan pemasukan dan pengeluaran keuangan harian dalam bentuk tabelaris berisi informasi secara lajur atau golongan. Di mana informasi ini disesuaikan dengan keperluan perusahaan atau kantor, dari segi secara pengisiannya juga sama dengan halaman folio yaitu :

Transaksi Pembukuan Mudah dengan Aplikasi Harmony

Tentu pembukuan sangatlah penting untuk melihat kelangsungan usaha Anda melalui angka keuangan. Ada 3 cara dalam melakukan pembukuan yaitu secara manual, memakai jasa akuntan atau dengan software akuntansi. Nah, kini ada solusi untuk Anda yaitu software akuntansi Harmony.

Apa sih itu Harmony? Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi.

Selain mudah dalam mencatat transaksi pengeluaran dan pemasukan, laporan keuangan Harmony juga sudah dilengkapi dengan Laporan Neraca, Laba Rugi dan Arus Kas. Hingga pembukuan dapat dikelola secara real-time kapan saja dan di mana saja.

Masih kesulitan dalam menggunakan pembukuan manual? Anda bisa mencoba untuk menggunakan Harmony software yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software Gratis selama 30 hari.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/