Harmony Blog

Cara Praktis Atur Sistem Pembukuan Bisnis Kecil

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

atur pembukuan bisnis kecilPin

Saat ini banyak sekali pelaku usaha yang atur pembukuan bisnis kecil secara mandiri. Selain lebih bisa memahami arus kas juga mampu memanajemen biaya. Atur pembukuan bisnis kecil Anda secara mandiri juga dapat menghemat biaya untuk membayar tenaga pembukuan.

Atur pembukuan bisnis kecil tidaklah rumit asal Anda memahami alurnya. Pembukuan merupakan pencatatan transaksi baik berupa pembelian, penjualan, pengeluaran dan pendapatan bagi perusahaan maupun organisasi nirlaba.

Pembukuan merupakan salah satu cara memanajemen biaya dan mengawasi serta mengetahui kondisi keuangan perusahaan yang dijalankan

Fungsi Pembukuan Untuk Bisnis Kecil

Sebelum mengetahui bagaimana cara atur pembukuan bisnis kecil Anda patut mengenali apa saja fungsi dari pembukuan itu sendiri. Fungsi dari pembukuan ini sendiri diantaranya adalah sebagai berikut :

• Memenuhi kebutuhan perpajakan untuk wajib pajak badan maupun orang pribadi

• Dasar pertimbangan dalam membuat keputusan perusahaan

• Sebagai bentuk laporan kepada pihak eksternal misalnya saja pemegang modal

• Langkah awal mengatur uang dan memanajemennya

• Pemisahan untuk aset pribadi dan aset bisnis

• Memperhitungkan pendapatan dan pengeluaran dalam periode tertentu

• Sebagai dasar pemeriksaan maupun kegiatan auditing

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Atur Sistem Pembukuan

Atur pembukuan bisnis kecil bisa dilakukan dengan mudah bila Anda melakukan perencanaan dini. Membangun bisnis bukan hanya soal untuk dan rugi melainkan mempertahankan bisnis tersebut tetap berjalan dalam waktu yang lama. Selain berinovasi Anda juga perlu atur pembukuan bisnis kecil dengan memperhatikan poin-poin dibawah ini:

1. Buat Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Langkah awal dalam atur pembukuan bisnis kecil adalah membuat catatan atas pemasukan dan pengeluaran yang Anda miliki. Catatan keuangan ini bisa dibuat sederhana dengan mendebitkan pemasukan dan mengkreditkan pengeluaran. Pencatatan dilakukan secara berkala sehingga informasi keuangan tersaji real time.

Selain itu hal ini juga mencegah selisih  dana akibat kesalahan pencatatan. Membuat perencanaan sumber pendapatan sangat disarankan agar biaya pengeluaran bisa disesuaikan. Ketersediaan kas memiliki peran besar dalam kegiatan budgeting.

2. Awasi Arus Kas

Pembukuan usaha kecil wajib untuk memahami arus kas. Arus kas ini menggambarkan kemana saja dana kas didistribusikan. Atur pembukuan bisnis kecil penting untuk memahami arus kas.  Dari arus kas bisa diketahui estimasi biaya pengeluaran dan sumber dana yang diperoleh perusahaan. Buatlah arus kas secara berkala untuk mempermudah pengawasan kas

3. Lakukan Stock Opname

Penting bagi perusahaan dalam atur pembukuan bisnis kecil melakukan stock opname. Stock opname sendiri adalah kegiatan untuk menghitung secara fisik jumlah stok barang yang ada di gudang. Dengan melakukan stock opname Anda bisa mendapatkan informasi secara jelas berapa jumlah barang yang tersisa atau siap jual.

Selain itu stock opname digunakan untuk memeriksa apakah barang yang disimpan mengalami kerusakan atau tidak. Atur pembukuan bisnis kecil wajib hukumnya untuk membuat kartu stock agar barang masuk keluar bisa diawasi maksimal.

4. Buat Laporan Keuangan

Atur pembukuan bisnis kecil juga perlu laporan keuangan. Laporan keuangan terdiri dari laporan harga pokok penjualan, laporan laba rugi, perubahan modal, arus kas dan neraca. Laporan keuangan ini haruslah dibuat secara rutin minimal sebulan sekali. Melalui laporan keuangan Anda bisa mengetahui apakah cara atur pembukuan bisnis kecil sudah efektif dan efisien.

Dari laporan keuangan bisa pula diketahui sumber pendanaan serta distribusi pendapatan. Selain itu laporan keuangan juga digunakan untuk evaluasi serta cerminan sehat atau tidaknya keuangan perusahaan tersebut. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk melaporkan kewajiban pajak.

5. Gunakan Aplikasi Pembukuan

Anda juga bisa mengandalkan aplikasi pembukuan bisnis kecil seperti Harmony Accounting Software untuk kebutuhan pembukuan usaha. Software ini bisa digunakan untuk jenis usaha online shop, UMKM hingga perusahaan dengan banyak kantor cabang. Selain itu Harmony bisa digunakan untuk banyak user dan dapat memakai mata uang berganda.

Dilengkapi dengan fitur untuk membuat invoice dan penawaran yang bisa langsung dikirimkan ke pelanggan. Selain itu Harmony didukung oleh bank lokal yang mempermudah rekonsiliasi bank dan cepat dalam membuat laporan keuangan.

Tak hanya itu saja Anda juga bisa menggunakan software ini secara gratis selama 30 hari penuh cukup dengan mendaftar disini. Untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan sendiri Anda dapat menggunakan layanan jasa akuntansi dari Harmony Accounting Service.

Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Jangan lupa untuk ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK