Cara Mudah Perhitungan Cost of Good Sold (COGS) Perusahaan Manufaktur
Harmony Blog
Accounting
Cara Mudah Perhitungan Cost of Good Sold (COGS) Perusahaan Manufaktur
September 7, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam pekerjaan pencatatan pembukuan sehari-hari atau dalam dalam laporan keuangan terkadang kita suka mendengar istilah cost of good sold atau COGS.

Cost of good sold disebut juga dengan nama Harga Pokok Penjualan atau HPP. Cost of good sold adalah keseluruhan biaya secara langsung yang dikeluarkan untuk memperoleh barang atau jasa yang dijual.

Lakukan cara mudah dalam menghitung Cost of Good Sold perusahaan manufaktur agar mendapatkan hasil yang cepat tapi tetap akurat.

Pada perusahaan manufaktur, cost of good sold yang dimaksud agak berbeda karena perusahaan manufaktur memproduksi sendiri barang yang diperjualbelikan, memiliki proses dan biaya produksi terhadap produk yang dihasilkan. Hal ini membuat perhitungan rumus cost of good sold  menjadi sedikit lebih rumit dan panjang dan banyak pemilik bisnis jadi tidak mengerjakan pembukuannya.

Tetapi jangan khawatir karena saat ini ada aplikasi dan konsultan yang bisa membantu Anda mengerjakan itu semua. Lihat di www.harmonisolusiukm.com untuk informasi tentang aplikasi dan jasa konsultan dalam membuat laporan keuangan usaha Anda.

Sebelum lanjut ke penjelasan bagaimana cara mudah perhitungan cost of good sold perusahaan manufaktur, mari tonton video tentang perusahaan manufaktur dibidang minuman, PT Berkah Malindo Perkasa.

Berikut adalah cara mudah perhitungan cost of good sold untuk perusahaan manufaktur.

1. Menghitung Total Bahan Baku yang Digunakan

Hitung dulu total bahan baku yang digunakan karena perusahaan memproduksi barang dengan menggunakan bahan baku. Caranya adalah dengan melihat sisa bahan baku pada akhir periode setelah saldo awal periode ditambah dengan pembelian yang ada selama periode tersebut berlangsung.

Rumusnya adalah :

Bahan Baku Terpakai = Saldo Bahan Baku Awal + Pembelian Bahan Baku – Saldo Akhir Bahan Baku

2. Menghitung Biaya Produksi Lainnya

Selain bahan baku, terdapat beberapa komponen lain yang perlu diperhatikan saat menghitung rumus cost of good sold pada perusahaan manufaktur, yaitu :

• Tenaga kerja langsung

• Biaya overhead, yaitu biaya bahan baku yang sifatnya hanya membantu saja (tidak pokok). Contohnya adalah : penyusutan mesin, biaya listrik, karet-karet mesin, plastic untuk membantu mengecat, obeng dan lain sebagainya.

Rumusnya adalah :

Biaya Produksi = Biaya Bahan Baku + Biaya Tenaga Kerja Langsung + Biaya Overhead Produksi

3. Menghitung Harga Pokok Produksi

Cost of goods manufaktur biasa disebut dengan harga pokok produksi berbeda dengan harga pokok penjualan . Harga pokok produksi didapat dari menambahkan komponen barang yang diproses pada awal periode ditambah dengan komponen penambahnya (biaya produksi) kemudian dikurangi barang yang tersisa di gudang pada akhir periode akuntansinya.

Rumusnya adalah :

Harga Produksi = Total Biaya Produksi + Saldo Awal Persediaan Barang – Saldo Akhir Persediaan Barang

Baca juga : Siklus Akuntansi Perusahaan Manufaktur Yang Mudah Dipahami

custom-form-newsletter


4. Menghitung Cost of Good Sold (Harga Pokok Penjualan)

Langkah terakhir adaah menghitung cost of good sold yaitu dilakukan dengan menjumlahkan harga pokok produksi dengan persediaan barang awal lalu dikurangi persediaan barang akhir

Rumusnya adalah :

Cost of Good Sold = Persediaan Barang Awal + Produksi Periode Berjalan – Persediaan Barang Akhir

Karena perhitungan cost of good sold perusahaan manufaktur berbeda dengan perusahaan dagang atau jasa maka laporan keuangannya juga ada perbedaan. Untuk contoh laporan laba-rugi perusahaan manufaktur bisa dibaca disini.

Untuk menghitung cost of good sold tentunya akan menyulitkan jika dilakukan secara manual. Anda memerlukan software akuntansi untuk menghitungnya agar cepat dan tidak repot membuat rumus-rumus yang diperlukan.

Dengan menggunakan software akuntansi maka laporan keuangan perusahaan akan tersedia dengan cepat dan usaha manufaktur Anda bisa berkembang. Gunakan software akuntansi yang berbasis cloud atau disebut juga software akuntansi online agar Anda bisa diakses dimanapun dan kapanpun.

Harmony adalah software akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang  akuntan sekalipun.

Kenalan juga dengan Harmony dengan mengikuti media sosialnya untuk mengikuti updatenya di Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi..yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/