Harmony Blog

Cara Mudah Menghitung Pendekatan Pendapatan Dalam Pendapatan Nasional

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

pendekatan pendapatanPin

Pendapatan merupakan sebuah komponen yang penting dan diharapkan oleh para pebisnis. Bukan hanya seorang pebisnis, negara pun juga sangat memikirkan bagaimana mendapatkan pendapatan secara nasional untuk pemeliharaan kesejahteraan rakyat. Lalu bagaimana negara menghitung pendapatan nasional? Setiap lembaga keuangan di Indonesia melakukan perhitungan pendapatan nasional dengan 3 (tiga) pendekatan, salah satunya yaitu pendekatan pendapatan.

Di dalam pembahasan pendapatan nasional, akan sangat berkaitan dalam membahas rumus pendekatan pendapatan. Beberapa rumus perhitungan pendekatan yaitu pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran dan pendekatan pendapatan.

Pada artikel ini, akan membahas detail bagaimana perhitungan pendekatan pendapatan. Sehingga dengan membaca artikel ini akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda sebagai pebisnis yang perlu Anda ketahui.

Metode pendekatan pendapatan yaitu dengan cara menghitung seluruh pendapatan bersih berupa gaji, upah, sewa, bunga serta keuntungan perusahaan. Segala pendapatan tersebut di terima sebagai hasil faktor produksi barang dan jasa.

Apa Itu Pendekatan Pendapatan?

Pendekatan pendapatan (income approach) adalah suatu metode perhitungan yang digunakan untuk mendapatkan hasil pendapatan nasional. Dengan cara menjumlahkan seluruh pendapatan yang diterima oleh masyrakat dalam berbagai faktor produksi atau jasa dalam suatu negara atau selama periode tertentu.

Ada juga yang mengatakan bahwa pendekatan pendapatan adalah metode perhitungan pendapatan nasional yang di dapatkan dari penjumlahan kompensasi untuk karyawan, pendapatan sewa, keuntungan perusahaan, pendapatan usaha perorangan, dan pendapatan bunga.

Manfaat Pendapatan Nasional

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas bagaimana pendekatan pendapatan dapat berkaitan dengan pendapatan nasional. Berikut ini secara ringkas manfaat pendapatan nasional yaitu :

• Dapat mengetahui struktur perekonomian suatu negara

• Dapat mengetahui perkembangan perekonomian dari tahun ke tahun lainnya

• Dapat mengetahui perekonomian antar daerah

• Bisa menjadi perbandingan kemajuan ekonomi antar negara

• Bisa menjadi sumber informasi bagi pemerintah

Tentu pendapatan nasional memiliki manfaat yang beragam dalam setiap sektor ekonomi. Untuk menunjang manfaat yang ada, tentu sebagai pebisnis juga perlu mengetahui perkembangan yang terjadi dalam sektor ekonomi, terutama di bidang akuntansi. Mungkin dahulu Anda perlu mengingat banyak rumus akuntansi, saat ini semua telah berkembang pesat. Dengan teknologi akan membantu Anda untuk memperoleh laporan keuangan dengan cepat dan dapat diperbandingkan dari tahun ke tahun.

Anda juga dibantu dalam menghitung pendapatan yang diperoleh perusahaan. Dengan sistem pembukuan Anda dapat mengetahui pendapatan yang diterima dan berapa biaya pengeluaran yang harus dibayar sebagai kewajiban Anda. Solusi untuk Anda dalam melakukan pembukuan yang rapi yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat melakukan perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Apa Saja Metode Pendekatan Pada Pendapatan Nasional

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas bagaimana pendekatan pendapatan dapat berkaitan dengan pendapatan nasional. Sebagai pengaruh pendapatan nasional tidak hanya menggunakan metode pendekatan pendapatan saja tetapi ada dua metode lainnya yaitu seperti pendekatan produksi, dan pendekatan pengeluaran.

Di dalam pendapatan nasional sebagai metode pendekatan produksi, bisa diartikan sebagai penjumlahan nilai tambah. Pendapatan tersebut dapat diambil dari perolehan setiap jasa dan barang.

Ketika berdasarkan pendekatan pengeluaran, pendapatan nasional dapat diartikan sebagai jumlah pengeluaran bagi seluruh pelaku ekonomi didalam masyarakat. Entah itu pengeluaran di luar negri atau di dalam negeri, hal itu tentunya dihitung dalam satu periode tertentu dalam kurun waktu satu tahun.

Baca Juga : Instrumen Kebijakan Moneter : Penjelasan Lengkap dan Contohnya

Unsur Metode Pendekatan Pendapatan

Sebagai pebisnis dan masyarakat tentu saja akan memiliki banyak permasalahan dan kendala, terutama dari segi permasalahan ekonomi. Untuk itu sebagai pebisnis perlu untuk mengetahui hal apa saja yang sangat berkaitan dengan memperoleh pendapatan perusahaan yang menunjang kegiatan produksi atau jasa. Unsur yang terdapat dalam metode pendekatan pendapatan sebagai berikut:

1. Unsur Kompensasi Untuk Pekerja

Pada unsur kompensasi bagi karyawan dapat berupa gaji, upah, serta berbagai tunjangan lainnya yang diterima oleh pekerja dari perusahaan tersebut pada periode terntentu.

2. Unsur Keuntungan Perusahaan

Di dalam unsur tersebut didapatkan dari hasil pengolahan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Fungsi keuntungan perusahaan dapat membayar pajak, dividen, dan pengembangan perusahaan.

3. Unsur Pendapatan Usaha Perorangan

Pendapatan usaha perorangan merupakan pendapatan ataupun pemasukan yang didapat dari perorangan. Seperti contoh hasil sewa seorang penjahit, hal ini dapat sebagai pemasukan dari usaha perorangan bahkan kerja sama dengan usaha perseorangan.

Baca Juga : Jenis dan ciri-ciri BUMN (Badan Usaha Milik Negara)

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Unsur Pendapatan Sewa

Unsur berikutnya yaitu pendapatan sewa yang menghasilkan pemasukan atas sewa atau balas jasa dalam penggunaan suatu sumber daya. Misalnya sewa tanah, atau bahkan sewa hak paten.

5. Unsur Pendapatan Bunga

Untuk unsur pendapatan bunga dapat diartikan sebagai pembayaran bunga yang dibayar oleh perusahaan, setelah itu dikurangi dengan bunga yang diterima perusahaan. Selanjutnya ditambah dengan pendapatan bunga dari luar negeri. Akan tetapi bunga yang dibayar oleh pemerintah bahkan bunga yang dibayar konsumen tidak dapat menghasilkan suatu pendapatan.

Rumus Pendekatan Pendapatan

Selanjutnya pada rumus perhitungan pendekatan pendapatan yang akan menghasilkan nilai pendapatan nasional, rumus pendekatan pendapatan (income approach) yaitu rumusnya sebagai berikut:

Image 53Pin

Dalam membahas rumus pendekatan pendapatan lebih jelas, berikut ini pembahasan simbol-simbol yang ada di dalam rumus diatas dan di catat sebagai faktor produksi. Adanya faktor produksi inilah yang dijumlahkan dalam pendekatan pendekatan untuk hasil pendapatan nasional sebagai berikut :

Image 55Pin

Contoh Perhitungan Pada Rumus Pendekatan Pendapatan

Jika Anda sudah dapat mengerti penjelasan teori diatas atau pendekatan pendapatan, berikut ini ada contoh kasus perhitungan pendekatan pendapatan supaya Anda dapat mengerti dan memahami pembahasan ini.

Contoh dalam sebuah kasus, sebuah unit usaha membutuhkan lokasi untuk kantor. Setelah itu perusahaan menyewa tanah seharga Rp. 100.000.000. selanjutnya dalam sebulan, pendapatan dalam bentuk upah untuk pekerja sebesar Rp. 500.000.000.

Kemudian perusahaan tersebut memiliki bunga modal usaha sebesar Rp. 60.000.000. Perusahaan tersebut juga memiliki laba usaha sejumlah Rp. 40.000.000. Jadi bagaimana Anda dalam menghitung pendapatannya?

Rumus :

Y = r + w + i + p

Hasil Pendekatan Pendapatan  

= Rp.  100.000.000 + Rp. 500.000.000 + Rp. 60.000.000 + Rp. 40.000.000

= Rp. 700.000.000

Pada pembahasan ini diharapkan pengusaha atau pebisnis dapat mengetahui dan berkontribusi atas pendapatan nasional. Dengan cara perhitungan pendekatan dapat meningkatkan jumlah pendapatan nasional, bukan hanya meningkatkan pendapatan perusahaan saja. Anda sebagai pebisnis juga dapat termotivasi dan lebih semangat meningkatkan produktivitas perusahaan supaya Anda punya kontribusi juga untuk negara.

Cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan pemasukan dan mengembangkan usaha yaitu dengan perencanaan dan pengolahan keuangan yang baik. Dengan cara pengelolahan keuangan yang baik akan mempengaruhi perkembangan perusahaan juga.

Jika Anda mampu mengatur keuangan dengan proses akuntansi yang tepat, maka kerugian pun dapat dicegah. Untuk itu dalam mengontrol keuangan serta pembukuan Anda dari berbagai aspek keuangan, gunakanlah pembukuan yang lebih baik untuk Anda dengan menggunakan software akuntansi Harmony untuk mempermudah proses akuntansi secara menyeluruh. Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang melakukan pengelolaan manajemen keuangan secara real time dan pemakaian secara Gratis 30 Hari.

Jangan lupa untuk kunjungi sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? klik tombol sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony